Analisis Proses Mixing Vokal pada Lagu Daddy’s Fav Boy di Saga Audio Music Production

Salsa G Kharoris, Gathut Bintarto, Eki Satria

Abstract


Mixing dalam proses pengolahan audio merupakan langkah ketiga setelah melakukan proses produksi awal yaitu recoding dan editing. Tujuan mixing adalah menggabungkan dan menyeimbangkan dua atau lebih trek audio baik dari sisi instrumen maupun non-instrumen sehingga menghasilkan karakter bunyi yang mempunyai nilai estetik lebih. Materi mixing dalam penelitian ini menggunakan lagu Daddy’s Fav Boy karya Muhammad Al Ghifari. Proses mixing yang dipaparkan oleh Bobby Owsinski terdiri dari tahapan berjenjang yaitu: balance, freuquency range, panorama, dimension, dynamic, dan interest. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis musikologis untuk mengkaji proses mixing lagu Daddy’s Fav Boy berdasarkan tahapan proses mixing Bobby Owsinski. Urutan dari proses mixing vokal pada  lagu Daddy’s Fav Boy dipilih berdasarkan pertimbangan dari gambaran output bunyi yang memiliki bentuk musik hip-hop. Vokal pada musik hip-hop menggunakan teknik kalimat padat, cepat, dan rapat dengan pembawaan tegas yang disebut rap. Konsekuensi dari pengolahan teknik vokal rap tanpa menerapkan pemotongan pada suara nafas akan mengganggu tiap kalimat yang diucapka oleh vokalis. Kalimat vokal yang jelas tentu didukung dengan tingkat kecerahan audio yang jelas pula, Saga Audio menggunakan teknik frequency boost dan pengunaan kompresor dengan karakter suara cerah agar mendapatkan hasil yang dituju.


Full Text:

PDF

References


Adinoto, E. S. (2017). Alternatif Mixing Musik Metal pada Lagu The Mixture Karya Volumes.

Anthony, B. (2018). Mixing as a performance: Educating tertiary students in the art of playing audio equipment whilst mixing popular music.

Burgel, M. (2021). Listening in the Mix: Lead Vocals Robustly Attract Auditory Attention in Popular Music. 12.

Gibson, D. (2005). The Art of Mixing (second edition). Thomson Course Technology.

Izhaki, R. (2018). Mixing audio (third edition). Routledge.

Kim, M. (2018). A Study on Vocal EQ’ing Method. 19.

Nitu, Silviu. S. (2021). Comparison Between Hip-Hop and POP Vocal Mixing Techniques.

Owsinski, B. (1999). The Mixing Engineer’s Handbook (M. O’Briend, Ed.). Mix Books.

Ramirez, M., & Reiss, J. D. (2017). Deep Learning And Intelligent Audio Mixing.

Richardson, B. (2018). Analisis Proses Rekaman Musik dengan Metode Digital di KM Studio Pontianak.

Ronen, Y. (2015). Vocal Clarity in the Mix: Techniques to Improve the Intelligibility of Vocals.

Savage, S. (2011). The Art of Digital Audio Recording. Oxford University Press.

Stickland, S., Athauda, R., & Scott, N. (2022). A new audio mixing paradigm: evaluation from professional practitioners’ perspectives.

Thomas, S. Z. (2014). The Musicology of Record Production.

Tiouww, J. A. (2017). Proses Penerapan Art Of Mixing Pada Lagu English Man In New York Di Jogja Audio School.


Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA