EFEK PENERAPAN TEKNIK LEGATO TERHADAP KARAKTER SUARA GITAR PADA LAGU EDM (E-Dependent Mind)

Johan Cahyadi Sinaga, Raden Agoeng Prasetyo, Mardian Bagus Prakosa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan legato melalui teknik hammer-on dan pull-off dan mengetahui efek dari penerapan tersebut terhadap karakter suara gitar. Pada umumnya teknik permainan gitar pada genre heavy metal menggunakan teknik alternate picking sehingga memiliki kesan yang tegas. Namun, alternate picking sangat membebani kinerja tangan kanan pemain, khususnya pada lagu dengan tempo cepat seperti lagu EDM (E-Dependent Mind) Karya Kiko Loureiro. Penulis berharap penerapan legato dapat mengurangi beban kinerja tangan kanan dan efek lembut dari legato dapat memberikan karakter tersendiri dalam musik metal. Teori legato Joseph Alexander mengungkapkan bahwa penggunaan legato pada dasarnya untuk mengurangi kesan perkusif dan memungkinkan pemain untuk memainkan karya yang sangat cepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kasus dalam penelitian ini adalah bagian improvisasi pada lagu EDM (EDependent Mind) karya Kiko Loureiro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pada implementasi dapat didukung dengan metode latihan sistematis. Penulis menggunakan tahapan exercise dari Greg O’Rourke, Menyusun jadwal latihan dan menentukan target latihan. Kendala yang dialami saat mengimplementasikan hammer-on dan pull-off adalah suara yang noise yang muncul sebagai akibat dari getaran senar yang tidak digunakan sehingga penulis melakukan upaya-upaya teknis untuk mereduksi kesan kotor tersebut. Efek yang dihasilkan oleh teknik legato mengurangi kesan perkusif pada gitar sehingga setelah diterapkan karakter gitar menjadi lembut (smoothly) dan terhubung (connected).

The purpose of this study is to apply legato through hammer-on and pull-off techniques and to find out the effect of this application on the sound character of the guitar. In general, guitar playing techniques in the heavy metal genre use alternative picking techniques so that they have a firm impression. However, alternative picking burdens the performance of the player's right hand, especially in songs with fast tempos such as the song EDM (E-Dependent Mind) by Kiko Loureiro. The writer hopes that the application of legato can reduce the burden on right-handed performance and the softer effect of legatocan give metal music its own character.


Full Text:

PDF

References


O’Rourke, Greg. (2015). Essential Hammer-On And Pull-Off Exercises Resource . www.fretdojo.com

Joseph Alexander, (2019). Complete Technique For Modern Guitar. www.fundamental-changes.com

Eko Ardian , Ahmad Syai, & Tengku Hartanti, T. 2016. Teknik dasar bermain gitar elektrik di sekolah prodigy conservatiroy of music di kota banda aceh. Jurnal ilmiah program studi pendidikan seni, drama, tari dan musik fakultas keguruan dan ilmu pendidikan unsyiah, 7,9.

Rosa Pristianti, A. (2022). Penerapan Teknik Legato dan Staccato pada Lagu “Rek Ayo Rek” untuk Kwartet Biola di Komunitas Pare String Ansambel (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Widyastomo, N. (2022). Problem Solving Legato, Staccatto Melalui Etude Feuillard Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D‐4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Cahya Putra, R. (2022). Mendalami Tehnik Legato dan Staccato pada Lagu Concerto In C Major Karya Joseph Haydn (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Nugroho, P. D. (2017). Analisis Teknik Permainan Gitar Dalam Lagu On The Way Karya Jack Thammarat (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Puji Windarto, F. (2021). Penerapan Teknik Gitar Elektrik Pull Off Dan Hammer On Pada Lagu “Gundul-Gundul Pacul Dan Manuk Dadali” Dengan Gaya Fusion (Doctoral dissertation, ISI Yogyakarta).

Silalahi, Ijon For Naik (2021) Implementasi Gaya Permainan Gitar Elektrik Nick Johnston Di Solo Gitar Pada Lagu Ilah Nasiholan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Lega Hardana, A. (2021). Eksplorasi Teknik Hybrid Picking, Alternate Picking, dan Legato Pada Lagu “Libra” Karya Intervals (Doctoral dissertation, ISI Yogyakarta).

Yuniarko, A. B. (2020). Analisis Teknik Permainan Gitar Klasik Pada Lagu Maxixe Karya Agustin Barrios Mangore.

A.Webtografi

Thorpe Rob, Fundamental change. Diakses dari https://www.fundamental changes.com/hybrid-picking/ Tanggal 24 November 2022.

Fender, How to master hammer-on and pull-off. Diakses dari https://www.fender.com/articles/how-to/master-hammer-ons-and-pull-offs) Tanggal 26 November 2022.

B.Diskografi

Youtube, Kiko Loureiro - 7 Technique exercises https://youtu.be/poyc3Q6wTdI . Tanggal 15 November 2022.

Youtube, Kiko Loureiro - Practicing Hammer-On and Pull-Off https://youtu.be/zKljcKea0WA. Tanggal 15 November 2022.


Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA