PENERAPAN TEKNIK VOKAL BELTING PADA LAGU KISAH SEMPURNA KARYA MAHALINI RAHARJA

Gustin Tri Midde Pardede, Agnes Tika Setiarini, Suryati Suryati

Abstract


Teknik vokal merupakan suatu cara untuk memproduksi suara yang baik dan efisien, sehingga suara yang keluar dapat terdengar dengan jelas, indah, merdu, nyaring dan tentu memiliki nilai teknik dalam bernyanyi. Beberapa macam teknik dasar vokal meliputi intonasi, resonansi, pernapasan, interpretasi, serta teknik pengembangan seperti head, cheest, mix voice, interpretasi, dinamika dan salah satunya teknik vokal belting. Teknik belting adalah cara memproduksi suara saat bernyanyi dengan resonansi yang tepat dan menghasilkan suara seperti berteriak dengan tegas dan lantang. Penerapan teknik belting pada lagu Kisah Sempurna termasuk cara yang tepat dan efektif dalam proses belajar atau mengembangkan teknik vokal yang baik. Keberhasilan lagu Kisah Sempurna sangat banyak diminati publik, terbukti dengan jumlah penayangan jutaan lebih di media sosial dan Mahalini berhasil mengeksekusi dengan teknik vokal yang tepat yang menjadi arahan bagi para penyanyi untuk dipelajari.Teori ini dapat menjadi landasan untuk mengetahui dan membentuk teknik vokal belting yang benar. Proses eksplorasi yang dilakukan dengan mencari referensi tentang vokal belting, melatih pernapasan hal yang paling utama, melatih resonansi yang diantaranya head, chest, dan mix voice juga mengetahui ciri dan karakterisitik belting untuk mendapatkan hasil power vokal yang maksimal. Kesimpulan yang dihasilkan, penerapan teknik vokal belting memiliki ketertarikan yang sangat efektif untuk menambah wawasan dalam bernyanyi, berbagai pengetahuan seperti latihan yang diperlukan, menguasai konsep teknik vokal belting, tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum melakukan teknik belting, dan memahami konsekuensi ketika tidak melakukan teknik vokal belting dengan baik dan benar.

Kata Kunci: teknik vokal, belting, Kisah Sempurna

Application Of Vocal Belting Techniques To Songs Mahalini Raharja "Kisah Sempurna".

Vocal technique is a way to produce  a good and efficient sound, so that the sound  that comes out  can  be heard  clearly, beautifully, melodiously, loudly and of course has the value of technique in singing. Some basic vocal techniques include intonation, resonance, breathing, interpretation, as well as development techniques such as head, cheest, mix voice, interpretation, dynamics and false the only vocal belting technique. The belting technique   is a way of producing sounds when singing with  the right  resonance and   producing  sounds such as shouting firmly and loudly. The application of   belting techniques to Kisah Sempurna songs is an appropriate  and effective  way  in  the process of learning  or  developing good  vocal    techniques.    The success of the   song  Kisah Sempurna  is in great   demand by the   public, as evidenced  by the   number  of views of  millions  more  on social media   and Mahalini  successfully  executing  with  the  technique of  proper   vocals  that become a   direction  for  the singers  to  learn.    This theory    can  be the   basis  for  knowing  and shaping  the correct  vocal  belting  technique.  Proses   exploration is done  by  finding  references  to    vocal belting, training   breathing the most important  thing, training  resonance  which includes head,  chest, and mix voice  also  knows   the characteristics   and characteristics of  belting  to  get maximum  vocal power results. In conclusion produced, the application of  vocal  belting  techniques  has  a very effective  interest in adding insight in singing, various knowledge  such as  necessary exercises, mastering  concepts  Vocal   belting technique, the stages performed  before performing the belting technique,  and understand the   consequences  when  not  performing    the vocal belting  technique properly and correctly. 

 

Keywords: vocal technique, belting, Kisah Sempurna


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, Nur Fardilla Nadia. (2018). Mengkaji Stail Nyanyian Saloma Daripada Perspektif Teknik Vokal Klasikal Barat: Penggunaan Vokal Register

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Budidharma, Pra. (2001). Metode Vokal Profesional. Jakarta: Elex Media. Komputindo

Hendrix, R. (2013). How To Sing Like A Great Singers. Prancis: France. Jurnal Ilmiah

McCoy, Scott. (2007). A Classical Pedagogue Explores Belting. Journal of Singing Volume 63, No. 5, pp. 545-549

Popeil, Lisa. (2008). The Multiplicity of Belting. Journal of Singing vol 64, No. 1, pp. 77-80

Rudy, MY. 2008. Panduan Olah Vokal. Jakarta: Media Pressindo

Sadolin, Cathrine. (2000). Complete Vocal Technique. Denmark. Aabenraa Bogtrykkeri. Denmar

Sandgren, M. (2005). Becoming and Being An Opera Singer: Health, Personality, and Skills. Stockholm” Stockholm University. Jurnal Ilmiah.

Sinaga, Theodora. (2018). Dasar-dasar Teknik Bernyanyi Opera. Journal of Arts and Culture Vol 2, No 2

Spivey, Norman. (2008). Music Theater Singing Lets Talk. Part 2: Examining the Debate on Belting. Journal of Singing vol 64, No. 5, pp. 607-614

Sundberg, Johan, Margareta Thalen, and Lisa Popeil. (2012). Substyles of Belting: Phonatory and Resonatory Characteristics. Journal of Voice Volume 26, Issue 1, Pages 44-50..


Article Metrics

Abstract view : 847 times
PDF - 1326 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA