IMPLEMENTASI TEKNIK VOKAL SINDENAN PADA LAGU "AT LAST"

Rosa Bella Cahyaningtyas, Agnes Tika Setiarini, Suryati Suryati

Abstract


Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengungkap bahwa teknik vokal sindenan dapat diimplementasikan pada lagu “At Last” yang merupakan genre jazz blues. Penggabungan dua unsur gaya musik yang berbeda pada umumnya sulit untuk dilakukan karena harus mempertahankan ciri khas dari keduanya. Dalam tugas akhir ini penulis melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa teknik vokal sindenan dapat diterapkan dalam lagu jazz blues. Adapun teknik vokal yang digunakan dalam penelitian ini yaitu luk, gregel, wiled, angkatan, seleh,dan pernafasan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik eksplorasi. Tahap awal penulis melakukan pengumpulan data yang bersumber dari pustaka dan diskografi. Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data. Tahap lanjutan yaitu eksplorasi. Pada tahap ini penulis melakukan beberapa kegiatan diantaranya mendengarkan lagu “At Last” secara berulang kali untuk mencari bagian mana yang akan diberi ornament teknik vokal sindenan. Penulis memutuskan bagian reff pengulangan kedua setelah interlude yang akan diberi ornament teknik vokal sindenan. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teknik vokal sindenan pada dua bagian yaitu sebelum intro lagu “At Last” dimulai dan bagian pengulangan reff setelah interlude. Penerapan teknik vokal sindenan yang dinyanyikan pada awal sebelum intro lagu dimulai disebut bawa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik vokal sindenan dapat diterapkan pada genre jazz blues dalam lagu “At Last” dengan penyesuaian yang diperlukan.


Kata Kunci : Implementasi, Teknik, Vokal, Sindenan, At Last

 


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Luthfi. (2017). “Karya Musik “Noisy Trains” Dalam Tinjauan Musik Blues”.

Budiarti, Muriah. (2013). “Konsep Kepesindenan dan Elemen – Elemen Dasarnya”. Harmonia. 13 (2), 147 156.

Christy, Van. (1972), A Foundation in Singing, Wm.C.Broun Coy Publisher, Dubuge, Iowa.

Elwindhi Febrian Seni Musik ISI Yogyakarta. (2014). Kombinasi Tangga Nada Pelog Dan Blues Dalam Musik Blues Pada Instrumen Gitar Elektrik.

Kartika, Melinda. (2019). Peningkatan Keterampilan Tata Rias Panggung Melalui Pelatih Pada Tim Paduan Suara Universitas Airlangga Surabaya. E-Journal 08 (01), Edisi Yudisium 1, 84 – 88 .

Kernolde, George R. 1967. Invitation to the Theatere. Altanta: Harcourt.Prawiradisastra, Sadjijo. 1976. “ Pengantar Apresiasi Seni Tembang”. Diktat Perkuliahan, hlm.43.

Sentosa Hendra, S Sen Wardizal, S Sen Saptono ISI Denpasar.(2008). Nawa Swara Gamelan Sistem Sebilan Nada Dalam Satu Gembyang Tahun Kedua.

Shadihah,AdilaAs. (2022). “Elaborasi Teknik Sindenan Dalam Vokal Jazz: Lagu Moonlight In Vermont”.

Suryati. (2010). Penerapan Teknik Vokal dalam Pembawaan Tembang Macapat. Jurnal Surya Seni Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni 6 (1) : 136 – 137.

Widhyatama, Sila. 2012. Sejarah Musik dan Apresiasi Seni. PT Balai Pustaka (Persero).

Youtube “(LIRIK) Bowo Langgam Ngimpi (Sripat Sripit) – Ika Suhesti”, diunggah pada tanggal 30 Agustus 2021. (https://youtu.be/UhX825bAOM8)

Youtube “At Last (1960 version) – Etta James”, diunggah pada tanggal 7 Juli 2011. (https://you.be/S-cbOl96RFM)

Youtube “Hyang Giri – Dewa Budjana feat Soimah Pancawati (From Mahadini)”, diunggah pada tanggal 10 Desember 2018. (https://youtu.be/fXs_6exAZG4)


Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA