Si Lit: Komposisi Karawitan Berbasis Pada Pengolahan Posisi Kendhang Batangan
Abstract
“Si Lit”: Komposisi Karawitan Berbasis Pada Pengolahan Posisi Kendhang Batangan ini bertujuan untuk mewujudkan karya komposisi karawitan yang mempresentasikan pengolahan posisi kendhang batangan secara horisontal, vertikal, dan diagonal. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang menerapkan aspek-aspek dari metode kuantitatif dengan melibatkan angka dan prosedur kualitatif tanpa melibatkan angka. Terdapat empat tahapan untuk penciptaan karya “Si Lit” yaitu: identifikasi (observasi, wawancara, diskografi), eksplorasi, wujud karya, dan penotasian. Selain tujuan penelitian yang telah diuraikan, penulis berharap adanya manfaat yang didapat atas penelitian ini. Berikut ini adalah manfaat dari penelitian karya “Si Lit”: 1. Sebagai media untuk mewujudkan ide gagasan penulis, serta menambah wawasan penulis dan pembaca dalam perkembangan karawitan Jawa. 2. Memodifikasi alat penyeteman kendhang batangan. Hasil yang didapatkan oleh penulis dari penelitian ini adalah menciptakan jagrag (stand) kendhang batangan yang mampu berotasi secara horisontal, vertikal, diagonal dan dapat dimainkan dengan cara duduk di atas kursi atau berdiri. Adapun hal lainnya yang diciptakan oleh penulis, yaitu memodifikasi alat penyeteman kendhang batangan yang disebut dengan penggada, karena bentuknya menyerupai gada. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan pada penyeteman kendhang batangan
“Si Lit”: Karawitan Composition Based on the Position Processing of Kendhang Batangan
“Si Lit”: Karawitan Composition Based on the Processing of the Position of the Kendhang Batangan. This research uses mixed methods which apply aspects of quantitative methods involving numbers and qualitative procedures without involving numbers. There are four stages to the creation of the work "Si Lit": identification (observation, interview, discography), exploration, form of the work, and notation. In addition to the research objectives that are described, the authors hope ll be benefits from this research. The following are the benefits of research by "Si Lit": 1. As a medium for realizing the author's ideas, as well as adding insight to writers and readers in the development of Javanese musical instruments. 2. Modify the kendhang batangan tuning tool. The results obtained by the authors of this research are to create a jagrag (stand) kendhang batangan which is capable of rotating horizontally, vertically, diagonally and can be played by sitting on a chair or standing. For other things created by the author, namely modifying a bar drum tuning tool called a penggada, because its shape resembles a mace. This is intended for convenience in tuning kendhang batangan.
Full Text:
PDFReferences
R. Supanggah, Bothekan Karawitan II: Garap, 2nd ed. Surakarta: Program Pascasarjana & ISI Press Surakarta, 2009.
H. A. Tjokronegoro, I. Merthayasa, R. Supanggah, T. Fisika ITB Bandung, F. FMIPA ITS Surabaya, and J. Karawitan ISI Surakarta, “Pengaruh Tata Letak Instrumen Gamelan Jawa Di Panggung Pendhapa Isi Surakarta Terhadap Parameter Akustik Bagi Pengendang (Effect of Layout Javanese Gamelan Instrumens on Stage in Pendhapa Isi Surakarta With Acoustic Parameters for Pengendang).”
Suprapto, Tabuhan Karawitan Cara Ngayogyakarta Hadiningrat Kendang (Kendang Satunggal-Kendang Kalih. Yogyakarta: Taman Budaya Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 1992.
Suprapto, Kendang batangan: tabuhan karawitan cara ngayogyakarta hadiningrat. Yogyakarta: Taman Budaya Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 1995.
Trustho, Kendang Dalam Tari Tradisi Jawa Gaya Yogyakarta : Sebuah Pengamatan Lapangan. Yogyakarta, 2003.
John W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, 3rd ed. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
B. Sunarto, “Pengetahuan dan Penalaran dalam Studi Penciptaan Seni,” Institutional Respository ISI Surakarta, no. 1, pp. 1–23, 2014.
A. K. Jati, “Pengendang Perempuan Dalam Karawitan Jawa Pengiring Perayaan Ekaristi di Gereja Pugeran Yogyakarta,” Selonding, vol. 14, no. 14, pp. 2125–2137, 2019, doi:
24821/selonding.v14i14.3137.
P. C. Rini, “Penciptaan Dan Pementasan Daring Konser Karawitan Kinanthi Kunci Ati Karya Peni Candra Rini,” Abdi Seni, vol. 12, no. 2, pp. 108–113, 2021.
B. Sunarto, “Metodologi Penciptaan Seni Oleh Bambang Sunarto Institut Seni Indonesia Surakarta,” IDEA Press Yogyakarta, pp. 1–232, 2013.
Article Metrics
Abstract view : 194 timesPDF - 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA