Pemanfaatan Software Sibelius: Interakasi Teknologi Komputasi sebagai Media Kreativitas Siswa

Yosinda Salsa Bela Pangestuti, Tri Wahyu Widodo, Endang Ismudiati

Abstract


Kurangnya kemampuan menulis notasi musik dapat membatasi siswa dalam berkreatifitas dan berekspresi. Hal tersebut dikarenakan menulis notasi musik juga menjadi media bagi musisi dalam mengkomunikasikan karya musik mereka selain melalui pertunjukan. Seperti di SMKN 3 Sukawati, kemampuan menulis skor notasi musik dengan software Sibelius merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa. Terutama sebagai bekal pengetahuan siswa untuk memenuhi salah satu syarat ujian di kelas XI yakni menulis skor musik. Meskipun begitu, siswa di sekolah tersebut memiliki keterbatasan kemampuan dalam menulis notasi musik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai interaksi siswa dalam menggunakan software Sibelius untuk membantu siswa menguasai keahlian menulis notasi musik. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak dari penggunaan software Sibelius pada pendalaman materi notasi musik dan solfegio dalam mata pelajaran Musik Teknologi kelas XI di SMKN 3 Sukawati Gianyar. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun dari penelitian yang didapatkan yakni bahwa pemanfaatan teknologi komputasi dalam menggunakan software Sibeius memberikan dampak pada kreatifitas siswa di sekolah dalam menulis notasi musik dan melati solfegio.

 

Sibelius Software: Interaction of Computing Technology as a Media for Student’s Creativity

The lack of ability to write music notation can limit student's creativity and expression. It is because writing music notation is also a medium for musicians to communicate their musical works beside through performances. As in SMKN 3 Sukawati, the ability to write music notation scores with Sibelius software is an important skill for students to master. Especially as a provision for student’s knowledge to fulfill one of the final exam requirements, that is writing music scores. However, students of the scool have limited ability to write musical notation. Therefore, this research was conducted to discuss student interaction in using Sibelius software to help them master the skills of writing music notation. The aim of this study is to describe the process and impact of using Sibelius software in deepening musical notation and solfegio materials in Music Technology class of SMKN 3 Sukawati Gianyar. The type of research used is qualitative with a case study approach. As for the result, it was found that the use of computational technology in using the Sibeius software had an impact on the creativity of students at school in writing musical notation and solfegio.


Full Text:

PDF

References


Brown, A. (2014). Music Technology and Education: Amplifying Musicality. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=UGy2BQAAQBAJ

Ester, D. P., Scheib, J. W., & Inks, K. J. (2006). Takadimi: A Rhythm System for All Ages. Music Educators Journal, 93(2), 60–65. https://doi.org/10.2307/3878473

Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods In Social Research. McGraw-Hill. https://books.google.co.id/books?id=zuZeAAAACAAJ

Galera-Núñez, M., Tejada, J., & Trigo, M. E. (2013). Music Notation Software As A Means To Facilitate The Study Of Singing Musical Scores. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 11, 215–238.

Grutzmacher, P. A. (1987). The Effect of Tonal Pattern Training on the Aural Perception, Reading Recognition, and Melodic Sight-Reading Achievement of First-Year Instrumental Music Students. Journal of Research in Music Education, 35(3), 171–181. https://doi.org/10.2307/3344959

Harmony, F., Hadijaya, C., & Yosepin, E. (2022). Implementasi Software Sibelius Pada Pembelajaran Teori Musik. Shift Key : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 12, 50–59. https://doi.org/10.37465/shiftkey.v12i1.213

Karaoncel, F. (2019). A Research About Music Software Aided Applications on Music Education. Idil Journal of Art and Language, 8. https://doi.org/10.7816/idil-08-56-04

Katz, M., & Jones, B. (2018). Music Technology. Oxford Bibliography.

MacKnight, C. B. (1975). Music Reading Ability of Beginning Wind Instrumentalists After Melodic Instruction. Journal of Research in Music Education, 23(1), 23–34. https://doi.org/10.2307/3345200

Pramudyo, A. (2022). Aplikasi Musik “Sibelius” Sebagai Media Pelatihan Marching Band. Journal of Music Education and Performing Arts, 2(1), 15–20.

Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Holt, Rinehart and Winston. https://books.google.co.id/books?id=sQClDJXc5vkC

Suardi, A. A., Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Dengan Media Aplikasi Sibelius 7.1. 2 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Sitakara, 7(2), 267–280.

Suryati, S. (2017). Pemanfaatan Software “Sibelius” dalam Pembelajaran Metode Kelas Musik Vokal di Prodi Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Institutional Repository, 38.

Wibowo, A. T. (2018). Mahir Avid Sibelius Dalam 7 Jam. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=UaKHDwAAQBAJ

Widodo, T. (2015). Pembelajaran Aransemen Musik Berbasis Teknologi Komputer di Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta. PROMUSIKA, 3, 119–128. https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1695


Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA