Pelatihan Fotografi dan Videografi dengan Metode Teman Sebaya di SMKN 1 Enam Lingkung, Padang Pariaman
Abstract
Upaya untuk meningkatkan ruang kreativitas untuk peserta didik pada jurusan broadcasting danmultimedia sangat penting dilakukan karena berdampak langsung pada penguasaan di bidangfotografi dan videografi. Karena ttuntutan dunia industri yang menunggu SDM terampil dansiap kerja, penguasaan atau pemahaman di bidang fotografi dan videografi adalah hal yang sangatpenting. Kemampuan ini tidak terlepas dari bagaimana menata elemen visual. Penataan elemenvisual terkait masalah komposisi dan teknik fotografi. Kegiatan pengabdian bertemakanpelatihan fotografi dan videografi ini menekankan pada penataan komposisi foto dan videomelalui pembelajaran teman sebaya atau peer teaching dengan medium telepon genggam.Pengabdian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan peserta didik dalam menghasilkanvisual yang berkualitas. Selain itu, pengabdian juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifansiswa dan memotivasinya dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Enam Lingkung. Pengabdianini menggunakan metode presentasi, praktik, observasi, dan pembelajaran teman sebaya. Hasildari kegiatan ini adalah peserta didik menjadi sangat kreatif, memahami dengan baik tentangkomposisi foto dan video untuk menciptakan karya visual, serta mampu memanfaatkanpenggunaan telepon genggam untuk berkarya.
Enhancing the room for creativity of the students in Broadcasting and Multimedia department are highly essentialas creativity impacts the comprehension of photography and videography. Since students have to keep up with thedemands of the industry, mastery or understanding in the field of photography and videography, such as how toarrange visual elements, becomes such a necessary thing. The arrangement of visual elements is about compositionalissues and photographic techniques. Therefore, this activity emphasizes more on arranging photo and videocompositions through peer learning by using smartphones. It aims to stimulate the ability of students to producehigh-quality visuals, increase student activeness, and motivate them in the learning process at SMKN 1 EnamLingkung. During conducting the training, the authors implemented presentation, practice, observation and peerlearning methods. The results show that students are greatly creative, understand well about photo and videocomposition to create visual works, and are able to take advantage of the use of smartphone in taking photo andvideo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ernita, D. (2022). Optimalisasi Motivasi danHasil Belajar Peserta Didik pada MataPelajaran Prakarya dan KewirausahaanKD 3.7/4.7 Materi Sistem ProduksiUsaha Kerajinan dari Bahan LimbahBerbentuk Bangun Ruang MelaluiModel Project Based Learning MetodeLatihan Keterampilan (Drill Method) diKelas XI.IPS.2 MAN 2 KotaPayakumbuh Semester Genap TahunPelajaran 2021/2022. Journal onEducation, 04(04).
Irwandi, I. (2020). Penyuluhan Penyajian karyadan Persiapan Pameran Fotografi ForumKomunikasi Fotografi MahasiswaYogyakarta (FORKOM Jogja) Irwandi.
Lies Apriani, W., & Kurnia Jati, N. (2023).Metode Pelatihan Tari pada Anak UsiaDini dengan Aplikasi Pedagogis diLingkungan Sanggar Tari KelurahanSariharjo, Ngaglik, Sleman, DaerahIstimewa Yogyakarta.
Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran TutorSebaya: Solusi Praktis dalam RangkaMenyongsong Pembelajaran Sastrayang Menyenangkan Bagi Siswa SMP.Jurnal Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia, 1, 68–72.
Putra Sadewa, G. (2023). Pelatihan Produksi39Video dengan Telepon Pintar untukPeningkatan Kreativitas Promosi DesaWisata Dewi Carakan, Wijirejo.
Rana, E. (2013). Food Photography MadeEasy. In 2013.Soedjono, S. (2006). Pot-Pourri Fotografi.
Sundari, N. (2013). Penggunaan Media Gambardalam Meningkatkan Keaktifan Siswadalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial diSekolah Dasar.
Susanti, I., & Fajri, E. (2022). PelatihanFotografi Jurnalistik ’Sekolahku’ di SditAl Azhar Darul Jannah KotaBukittinggi. https://journal.isipadangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v5i1.12571
Article Metrics
Abstract view : 120 timesPDF - 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).