The Application of Media Convergence for the Promotion and Socialization of Potentials and MSMEs in Hargowilis Village, Kulon Progo

Ch. Aprilina Dwi Astuti, Ade Wahyudin, David Kristiadi, Tituk Utari, Margareth Dyah Anggraini Widirahayu

Abstract


This community service project, titled "The Application of Media Convergence for the Promotion and Socialization of Potential and MSMEs in Hargowilis Village, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta," aims to address challenges in digital marketing and the promotion of local tourism and micro, small, and medium enterprises (MSMEs), particularly the Gendhis Jawi coconut sugar business. Conducted over five days, the training involved twenty participants—including MSME managers and village officials—who received guidance in website development, e-commerce marketing, and audiovisual content creation. Facilitated by lecturers and students from Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta, the program successfully produced a functional website for Gendhis Jawi and a promotional documentary video. Participants were also awarded certificates of competency. These outcomes are expected to enhance the digital visibility of Hargowilis Village, facilitating more effective promotion of its tourism assets and local products. The initiative underscores the vital role of media convergence in advancing rural economic development through digital empowerment and community-driven promotional strategies.

 

Proyek pengabdian kepada masyarakat berjudul “Penerapan Konvergensi Media untuk Promosi dan Sosialisasi Potensi serta UMKM di Desa Hargowilis, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta” bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi desa dalam pemasaran digital dan promosi potensi pariwisata serta UMKM-nya, khususnya usaha gula kelapa Gendhis Jawi. Selama lima hari pelatihan, sebanyak 20 peserta, termasuk pengelola UMKM lokal dan perangkat desa, mendapatkan bimbingan dalam pengembangan situs web, pemasaran e-commerce, dan pembuatan konten audiovisual. Pelatihan ini dipandu oleh dosen dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta dan menghasilkan sebuah situs web fungsional untuk Gendhis Jawi serta sebuah video dokumenter promosi. Selain itu, program ini juga memberikan sertifikat kompetensi kepada para peserta sebagai pengakuan atas keterampilan yang diperoleh. Hasil dari program ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran digital Desa Hargowilis, sehingga promosi potensi pariwisata dan produk UMKM desa dapat dilakukan secara lebih efektif. Proyek ini menegaskan peran penting konvergensi media dalam mendukung pengembangan ekonomi pedesaan melalui penerapan teknologi digital modern dan pemberdayaan masyarakat lokal dalam mengelola strategi promosi mereka secara mandiri.


Keywords


media convergence, digital marketing, rural economic development, MSME Promotion, Hargowilis Village

Full Text:

PDF

References


Herindrasti, V. L. S., Winarno, E., & Prawiro, G. (2022). Inisiatif Lokal dalam Pengembangan Pariwisata dan Perlindungan. INDEPENDEN, 3(2). https://doi.org/10.24853/independen.x.x.xx-xx

Liana, T. B., Purwanti, F., & Sulardiono, B. (2022). Valuasi Ekonomi Nilai Manfaat Langsung Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta Economic Valuation Of Direct Benefits Of The Sermo Reservoir, Kulon Progo Regency, Yogyakarta. Jurnal Pasir Laut, 6(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpl.2022.48264

Marwiyati, M., Sunarsa, S., Karna, K., Susilawati. Susilawati, Prasetyo Angkoso, S., Jatmiko Prasetyo, L., & Wahyudin, A. (2024). Pelatihan dan Produksi Konten Audiovisual untuk Mempromosikan Potensi Wisata di Desa Hargowilis, Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Seni, 5, 129–138. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jps.v5i2.13774

Profil Singkat Desa Wisata Hargotirto & Hargowilis, Kulon Progo. - Penelitian Pariwisata. (n.d.). Retrieved September 27, 2024, from https://penelitianpariwisata.id/profil-singkat-desa-wisata-hargotirto-hargowilis-kulon-progo/

Program, M., Magister, S., & Komunikasi, I. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201

Sunarsa, Astuti, Ch. A. D., Prasetyo, S. A., Karna, Purwanto, Marwiyati, Kristiadi, D., & Wahyudin, A. (2022). Pelatihan Produksi Audiovisual di SMK Negeri 2 Purworejo , Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 117–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jps.v3i2

Sunarsa, S., Purwanto, P., Angkoso, S. P., Wahyudin, A., & Kristiadi, D. (2024). Pelatihan Produksi Audio Visual Untuk Peningkatan Kompetensi Aparatur Kelurahan Sumberagung, Moyudan, Sleman. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/kangmas.v5i1.1512

Tyas, N. W., & Damayanti, M. (2018). Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(1), 74. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2018.2.1.74-89

Wahyudin, A., Kristiadi, D., Utomo, A. S., Marwati, A., & Gulang, R. A. (2021). Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30651/aks.v5i2.3988

Wahyudin, A., Sunarsa, Karna, Subechi, I., & Wulandari, Y. (2022). Pelatihan Produksi Audio visual dan Master of Ceremony bagi Santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Sragen. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i1




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v6i1.14543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats