Analisis SWOT terhadap Pengelolaan Unit Kegiatan Mahasiswa Manna Proxia Theater Universitas Pelita Harapan

Elia Yovan Chandra

Abstract


Manna Proxia Theater (MPT) adalah sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Pelita Harapan (UPH) yang bergelut di bidang seni peran. Keunikan pengelolaan MPT adalah karena ia lahir di bawah pengelolaan pendidikan yang memiliki kontrol ketat khas Universitas Pelita Harapan, namun pada perkembangannya juga dikelola bersama dengan mahasiswa melalui Badan Pengurus Harian (BPH-MPT). Pada saat ini, MPT menghadapi berbagai tantangan seperti minimnya fasilitas, regulasi yang memberatkan, dan dukungan dana yang kurang. Bagaimanapun, terdapat pula peluang pengembangan MPT seiring tumbuhnya industri kreatif serta teknologi di Jakarta. Untuk itu, MPT perlu memiliki strategi pengelolaan yang dapat mengakomodasi sumber daya yang dimilikinya terus berkembang sebagai sebuah UKM. Analisa SWOT diaplikasikan untuk mengidentifikasi dan menganalisa eksistensi MPT saat ini dan bagaimana MPT dapat terus mempertahankan produktifitasnya tanpa kehilangan orientasinya. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai beberapa pihak kunci (key person) di MPT dan memformulasikan hasilnya dalam sajian Matriks IE, Kuadran SWOT, dan Matriks SWOT. Hasilnya, ditemukan bahwa kondisi MPT saat ini berada dalam posisi potensial untuk tumbuh dan melakukan perluasan pasar. Oleh karena itu, diperlukan berbagai strategi seperti memperluas pasar, mengembangkan produk baru, membangun integrasi dengan berbagai pihak, dan selalu menghadirkan karya yang unik dan menarik perhatian mahasiswa UPH.

 


Full Text:

PDF

References


Allio, R. J., dan Pennington, M. W., eds. Dalam David, F. R. (2011). Strategic management: concepts and cases. New Jersey: Prentice Hall.

David, F. R. (2011). Strategic management: concepts and cases. New Jersey: Prentice Hall.

Gluck, Kaufman, dan Walleck (1982) dalam Wells, D. L. (1996). Strategic Management for Senior Leaders: A Handbook for Implementation. Department of the Navy, Total Quality Leadership Office.

Haryanto, S. (2014). Kajian Wisata Seni Budaya Batik Berwawasan Lingkungan di Desa Jamur, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah (Thesis).Yogyakarta: Pascasarjana ISI Yogyakarta

Indriyanti, P. (2013). Strategi Tata Kelola Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta (Thesis). Yogyakarta: Pascasarjana ISI Yogyakarta

Fahmi, 2013 dalam Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif.

Jurnal Eksbis. 9 (2). Didapat dari : http://journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf

Park, J. (2015). Catatan perkuliahan Prinsip-prinsip Seni Pertunjukan Jurusan Tata-Kelola Seni

Konsentrasi Seni Pertunjukan. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Rangkuti F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Singh, 2010 dalam Ommani, Ahmad Reza. (2011). Strengths, weaknesses, opportunities and threats (SWOT) analysis for farming system businesses management: Case of wheat farmers of Shadervan District, Shoushtar Township, Iran. African Journal of Business

Management 5(22), pp. 9448-9454. ISSN 1993-8233.

Wells, D. L. (1996). Strategic Management for Senior Leaders: A Handbook for Implementation. Department of the Navy, Total Quality Leadership Office.

Whalley, A. (2010). Strategic Marketing. Andrew Whalley and Ventus Publishing APS. ISBN 978-87-7681-643-8

Sumber lain :

ART Division Universitas Pelita Harapan website (art.uph.edu)




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v1i2.1636

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elia Yovan Chandra

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors