Strategi Pemasaran Pertunjukan Jakarta Simfonia Orchestra

Ganang Dwi Asmoro

Abstract


Keberadaan sebuah kelompok orkestra simfoni membutuhkan beberapa faktor, selain sumber daya manusia yang bagus juga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Posisi pemasaran dalam hal ini bisa disebut sebagai perantara antara kelompok orkestra simfoni dengan penonton dalam melakukan transaksi untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan penonton. Karena itu, setiap manajemen orkestra dituntut untuk berpikir kreatif dan strategis untuk menjaga keberlanjutan kelompoknya. Peneliti an ini bertujuan menganalisa pemasaran yang dilakukan oleh Jakarta Simfonia Orchestra dengan teknik SWOT dari faktor lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh pengelola JSO selama ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara mendalam terhadap 6 narasumber dan observasi serta didukung dengan data kuantitatif dari survei 100 penonton JSO yang diambil dalam dua pertunjukan. Secara spesifik sebagai studi awal analisis di dalam penelitian ini mendeskripsikan produk, tempat, harga, dan promosi. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi untuk membuat pertunjukan terjadwal dalam satu tahun, pengelola an penonton yang berkelanjutan dengan membuat wadah keanggotaan penonton tetap, dan memberikan perhatian lebih kepada penonton dari anggota jemaat, serta membuat program yang menarik dengan sering mendatangkan musisi internasional. The existence of a symphony orchestra groups requires several factor. In addition to good human resources, appropriate marketing strategies are also required. Marketing position in this case can be called as an intermediary between symphony orchestra group and the audience in the transaction to satisfy the need and desires of the audience. Therefore, ev ery orchestra management is required to think creatively and strategically in maintaining the sustainability of its group. This study aims to analisys the marketing conducted by Jakarta Simfonia Orchestra with SWOT technique from internal and external environment factors faced by JSO manager so far. The method used is descriptive qualitative method trhough indepth interview technique to 6 resource person and observation. This study is also suported by quantitatif data from survey 100 JSO audiences taken from two perfomances. As an initial study, the analisys in this study specifically d escribes the product, place, price, and promotion. The results of this studsy shows that a schedule one-year performance, an ongoing permanent audience membership management, special attention given to the audience of the congregation members, and managing interisting program by involving internasional musicians are recommended as the marketing strategy of the Jakarta Simfonia Orchestra groups.

Keywords


strategi, pemasaran, formulasi, Jakarta simfonia orchestra; strategy, marketing, formulation, Jakarta simfonia orchestra.

Full Text:

PDF

References


Askegaard, 2011. Marketing, the Performing Arts and Social Change:

Beyond the Legitimacy Crisis. Consumption Markets & Culture, 3:1, 1-25.

Arnold, Denis, 1979. Giovanni Gabrieli and the Music of the Venetian High Renaissance.

London: Oxford University Press. ISBN 0-19-315247-9

Besana, Angela. 2012. Alternative Resources: Revenue Diversification In The Not-For-

Profit Usa Symphony Orchestra, The Journal Of Arts Management, Law, And Society,

: 79–89, 2012.

Bonita M. Kolb, 2001. The Decline of The Subscriber Base: A Study Of The Philharmonia

Orchestra Audience. International Journal Of Arts Management Volume 3, No. 2.

Crawford, garry dkk. 2014. An Orchestral Audience: Classical Music And Continued

Patterns of Distinction, Jurnal Cultural Sociology, 8(4), pp. 483-500. Th. 2014.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi: Konsep. Edisi 10 Jakarta: Salemba Empat.

Joohee,

Hong, 2014. Data Envelopment Analysis in the Strategic Management of Youth

Orkestra. The Journal of Arts Management, Law, and Society. Seattle University,

Seattle, Washington.

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan dan Hendra

Teguh, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler & Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas jilid 1. Alih bahasa

oleh Benyamin Molan dan Hendra Teguh.

Jakarta:

PT. Macanan Jaya Cemerlang.

. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, Alih bahasa oleh

Benyamin Molan dan Hendra Teguh. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Lovelock, Kristhoper & Wirtz, Jochen, 2011. Servis Marketing, People, Technology,

Strategi, Sevent Edition. Pearson.

Moghaddam, Farshid Movaghar & Faroughi, Amir. 2012. The Influence of Marketing

Strategy Element on Market Share Firm, Internasional Journal of Fundamental

Psychology & Sosial Sciences (IJFPSS), Volume 2 No.1. (ISSN: 2231-9484).

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pompe, Tamburri dan Munn. 2011. Factors that Influence Programming Decisions of US

Symphony Orchestras. J Cult Econ 35:167–184.

Rangkuti, Fredi. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (cara perhitungan

bobot, rating dan OCAI). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Reksohadiprojo, Sukanto. 2009. Manajemen Starategi: BPFE. Yogyakarta.

Schultz, Kimberly B. 2009. How Symphony Orkestras In Chicago, ST. Louis, And Peoria

Use Sosial Media Tools To Connect With The Public. Thesis: Fine Arts of Webster

University.

Sekaran and Bougie. 2013. Research Methods for Business. India: Library of Congress.

Sitowati, Inggit. 2010. Relevansi Selera Musik dan Kelas Sosial. Jurnal Musik

UKSW, Vol. 2, No. 1.

S

tanley, Sadie. 2004. “Symphony” dalam Stanley Sadie (ed). The New Grove Dictionary of

Music and Musicians vol. 24 (London: Macmillan Publishers Limited), 812.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA.

Susilo, Edhi. 2012. Orkes Simfoni Jakarta dan Musik Klasik di Indonesia. Yogyakarta: Badan

Penerbit ISI.

Aulasimfonia.com

https://id.pinterest.com/pin/471048442253780185/, diakses pada tanggal 16 Mei 2017.

http://musicalprom.com/2017/01/22/menyambut-tahun-baru-bersama-jakartasimfonia-

orchestra/, diakses pada tanggal 20 Februari 2017.

https://photowikimapia.org, diakses pada tanggal 2 Juni 2017.

Baharudin Suryadi, Manajer produksi Jakarta Simfonia Orc

hestra. Wawancara, 22

Desember 2016 di Aula Simfonia Jakarta.

Husin Kamil, Direktur RMCI yang menaungi pengelolaan Jakarta Simfonia Orcehtra.

Hariyanto, Musisi yang bergabung dengan Jakarata Simfonia Orchestra dan juga

kelompok orkestra yang lain.

Fafan Isfadiar, Musisi yang bergabung dengan Jakarata Simfonia Orchestra dan juga

kelompok orkestra yang lain.

Avip Priatna, Konduktor Jakarta Concert Orchestra.

Addie MS, Konduktor Twilite Orchestra.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v2i2.1819

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ganang Dwi Asmoro

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors