Analisis Manajemen Pemasaran Rumah Produksi dan Promosi Alat Musik Tradisional Sasando

Rolfi Junyanto Is Natonis

Abstract


Abstrak Dalam penelitian ini menggunakan metode desriptif kualitatif. Langkah yang digunakan yaitu melakukan analisis data dan analisis SWOT. Hasil penelitian pertama, berdasarkan tahap analisis terhadap strategi yang tepat dilakukan oleh pengelola dalam memasarkan Rumah Produksi dan Promosi Sasando adalah menjaga dan mempertahankan posisi pada indikator internal huruf E, yaitu memiliki jaringan kerja sama dengan pemerintah yang selama ini sudah dilakukan. Kebijakan yang umum dari strategi ini adalah dengan melakukan penetrasi pasar dan mengembangkan produk. Artinya pengelola perusahaan harus mempertahankan posisinya dengan terus mengembangkan karya-karya seperti membuat karya dalam bentuk alat musik dan miniatur/cendera mata. Kedua, berdasarkan kuadran analisis SWOT yang menunjukkan posisinya berada pada kuadran IV yaitu menggambarkan situasi organisasi sangat buruk, karena di samping berbagai kelemahan internal, timbul ancaman dari luar, strategi defensif dapat meningkatkan ketangguhan setiap keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan bila dikombinasikan dengan strategi ofensif untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Jenis strategi defensif dapat dibagi dalam dua bagian besar, yaitu strategi menangkis (deterrence) dan strategi tanggapan (response). Abstract In this resarch using qualitative descriptive method. The step used are doing data analysis and SWOT analysis. The first results of the research, based on the analysis phase of the appropriate strategy carried out by the manager in marketing Sasando Production and Promotion Houses, are maintaining and maintaining the position on the internal indicator letter E, which has a network of cooperation with the government. The general policy of this strategy is to penetrate the market and develop products. This means that company managers must maintain their position by continuing to develop works such as making works in the form of musical instruments and miniatures/souvenirs. Secondly, based on the SWOT analysis quadrant which shows its position in quadrant IV, it describes the organizational situation is very bad, because in addition to various internal weaknesses arising from outside threats, defensive strategies can increase the resilience of each company competitive advantage when combined with offensive strategies to improve competitive advantage company. This type of defensive strategy can be divided into two major parts, namely deterrence strategies and response strategies.

Keywords


manajemen pemasaran, musik tradisional, SWOT, strategi defensif; marketing management, traditional music, SWOT, defensive strategy

Full Text:

PDF

References


Chulsum, Umi dan Novia Windy. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: Kashiko.

David F. 2016. Manajemen Strategis Ed ke-10. Jakarta: Salemba Empat.

Kanani. 2011. Manajemen Organisasi dan Struktur Musik Tradisional pada Komunitas Musik Sape di Yogyakarta.

Leiper. 2008. (dalam Pitana 2009; 80). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Leny. 2009. dalam jurnal Strategi Pengelolaan Musik Tradisional Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis Di Indonesia.

Lincoln dan Guba, Tjiptono. 2007. (dalam Lexy J. Moleong 2010: 186). Strategi Pengelolaan. Yogyakarta: Andi Offset.

Murgiyanto, Sal. 1985. Manajemen Pertunjukan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Notoradjo, S. 2011. Event Organizing Dasar-Dasar Event Management. Jakarta: Gramedia.

Putra. 2015. dalam jurnal Manajemen Musik Tradisional sebagai Sebuah Sarana Membangun Pelayanan Musik Yang Efektif dalam Perspektif Reynolds.

Rangkuti Freedy. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Riduwan. 2016. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rison. 2014. dalam jurnal Manajemen Administrasi dan Fungsi Organisasi Musik 94 Tradisional di Ungaran Kabupaten Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v4i2.3085

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rolfy Is Natunis

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors