Strategi Pengelolaan Mila Art Dance School

Irma Indriyani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan Mila Art Dance School, di mana Mila Art Dance School ini merupakan salah satu sanggar tari yang namanya cukup terkenal di Yogyakarta. Mila Art Dance School sendiri didirikan oleh salah satu seniman tari muda di Yogyakarta yaitu Mila Rosinta Totoatmojo. Mila Art Dance School berdiri pada tahun 2015 dan masih beroperasi hingga sekarang bahkan saat ini semakin banyak peminat untuk menjadi konsumen di Mila Art Dance School. Dalam kurun waktu 4 tahun, Mila Art Dance School bisa meluluskan 854 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data primer. Untuk mengoptimalkan stategi pengelolaan yang dapat membantu Mila Art Dance School lebih berkembang dan dapat terus bersaing dengan pangsa pasar lainnya maka, pada penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) untuk menganalisis faktor internal dan eksternal, agar Mila Art Dance School dapat meraih kesuksesan di masa mendatang. Dari hasil analisis SWOT, Mila Art Dance School saat ini menunjukkan pada posisi kuadran eksponsif sehingga diperlukan strategi yang berupa penggunaan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman. Posisi tersebut mengarah pada strategi ST, di mana Mila Art Dance School harus menambah dan memperbanyak kelas tari sesuai dengan keinginan konsumen, menjaring staf pengajar agar dapat bekerja lebih kreatif dan inovatif sehingga konsumen dapat menumbuhkan keinginan untuk memulai karir di bidang tari, memperbaharui sistem pembelajaran, menambahkan beberapa fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajaran, dan menawarkan kepada konsumen tentang jaringan yang luas di bidang tari.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the management strategy of Mila art dance school, where Mila art dance school is a dance studio whose name is quite well known in Yogyakarta. Mila art dance school itself was founded by one of the young dance artists in Yogyakarta, Mila Rosinta Totoatmojo. Mila art dance school was founded in 2015 and is still operating to this day, and even now there are more interested parties to become consumers at Mila art dance school. Within 4 years Mila art dance school could graduate 854 students. The method used in this research is qualitative descriptive with primary data collection techniques. To optimize the management strategy that can help Mila art dance school develop and can continue to compete with other market share, this study uses SWOT analysis techniques (strengths, weaknesses, opportunities, threats) to analyze internal and external factors of Mila art dance school to achieve success in the future. From the results of the analysis of S.W.O.T Mila art dance school currently shows an exponential quadrant position so it requires a strategy in the form of using each force to deal faithfully with threats. This position leads to the ST strategy where Mila art dance school must add and multiply dance classes by the wishes of consumers, recruit teaching staff to work more creatively and innovatively so that consumers can grow up to start a career in dance, renew the learning system, add several facilities which can support the learning process, and offer consumers a broad network of dance.


Keywords


strategi pengelolaan, key person, analisis SWOT | management strategy, key person, SWOT analysis

Full Text:

PDF

References


Almutahar.A.M, Sutjipto D. O, & Sukandar. (2013). Analisis Strategi Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Pantai Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya-Kalimantan Barat. PSPK Student Journal, I (1), 1–10.

Ardiyasa, I. P. (2017). Strategi Pengelolaan Sanggar Seni Anacaraka dalam Mewadahi Bakat Anak-anak di Pegunungan Kintamani Bali. Jurnal Tata Kelola Seni, 1(2), 31–45. https://doi.org/10.24821/jtks.v1i2.1639

Baroto, T., & Purbohadiningrat, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis Swot Dan Qspm. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol15.no1.88-102

Bismala, L., & Handayani, S. (2014). Model manajemen umkm berbasis analisis swot. Prosiding Seminar Nasional, 437–446.

Kotler, P., & Armstrong, Gery. 2011. Marketing an Introduction, 10th Edition. Indoneisa: Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, Gery. 2014. Principle of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management 14e Edition. New Jersey: Person Education, Inc.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Pardede, F. R. E. P., & Suryawan, I. B. (2016). Strategi Pengelolaan Kabupaten Samosir sebagai Daya Tarik Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(1), 14. https://doi.org/10.24843/jdepar.2016.v04.i01.p03

Putong, I. (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI). Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(8), 65–71. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/491/1/PUTONG_65-71.pdf

Rokhimawan, M. A. (2015). Analisis SWOT Kurikulum Prodi Pgmi Menyongsong Pembangunan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 yang Bervisi Integrasi-Interkonektif. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7 (1), 1–16.

Sedarmayanti. (2012). Manajemen dan Komponen Terkait Lainnya. Bandung: Refika Aditama.

Solomon, Michael R. (2013). Consumer Behaviour. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sri Wahyuningsih. (2012). Analisis SWOT untuk Penentuan Strategi Optimalisasi. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 10 (4), 289–304.

Srinadi, N. L. P. (2016). Analisis SWOT sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), 2016 (Sentika), 9–12.

Sugiyono. (2013). Metodhe Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujoko, E. (2017). Analisis SWOT di Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Pendidikan, 4 (1), 1–14.

Susanto, F. (2017). Strategi Pengelolaan Kelompok MusikPerkusi Drumblek Gempar di Salatiga. Jurnal Tata Kelola Seni, 2(1), 74–90. https://doi.org/10.24821/jtks.v2i1.1816

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis Swot: Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Putaka Utama.

Informan

Mila Rosinta Totoatmojo (30 th). Kepala Sekolah Mila Art Dance School.

Endang Sukeksi (± 50 th). Bendahara Mila Art Dance School.

Irma Indriyani (27 th). Guru Mila Art Dance School.

Webtografi

http://www.milaartdanceschool.com/ diakses pada tanggal 18 November 2019 Pukul 21.30 WIB.

https://idtesis.com/teori-lengkap-tentang-swot-analysis-menurut-para-ahli-dan-contoh-tesis-swot-analysis/ diakses pada tanggal 18 November 2019 Pukul 21.40 WIB.

https://ti3602marketing.wordpress.com/2014/05/29/merancang-dan-mengelola-jasa/ diakses pada tanggal 18 November 2019 Pukul 22.08 WIB.

https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html diakses pada tanggal 18 November 2019 Pukul 22.43 WIB.

http://aderafiansyah.blogspot.com/2012/11/matriks-swot.html diakses pada tanggal 18 November 2019 Pukul 23.15 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4112

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Irma Indriyani

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors