Strategi Pengembangan Organisasi Pertunjukan Musik Klasik Jakarta City Philharmonic (JCP) Menggunakan Analisis SWOT

Hernanda Aditya Dwi Laksana, Fariz Al Hazmi

Abstract


Pertunjukan musik klasik saat ini menjadi salah satu pertunjukan musik yang mulai berkembang di lingkungan masyarakat modern seperti Jakarta. Dalam kualitas pertunjukan, peran organisasi menjadi penting untuk dapat terus berkembang mengikuti perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat. Jakarta City Philharmonic (JCP) merupakan salah satu organisasi musik di Jakarta yang menampilkan pertunjukan musik klasik sebagai sarana hiburan. Strategi pengembangan organisasi Jakarta City Philharmonic (JCP) perlu dilakukan agar organisasi dan pertunjukannya dapat terus eksis di masyarakat sebagai kelompok pertunjukan musik klasik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan dari organisasi Jakarta City Philharmonic (JCP) melalui analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan oleh JCP yaitu strategi generik jenis kombinasi dan variasi strategi yaitu diversifikasi konsentrik, penetrasi pasar, memanfaatkan sponsor dari pihak Dewan Kesenian Jakarta dan Bekraf sebagai networking kerja sama serta integrasi ke depan.

 

Development Strategy of The Classical Music Performances in Jakarta City Philharmonic Using SWOT Analysis

ABSTRACT

Classical music performances are now one of the musical performances that are starting to develop in modern society such as in Jakarta. In terms of performance quality, the role of the organization becomes important to be able to continue to develop following the changing times and community needs. Jakarta City Philharmonic (JCP) is a music organization in Jakarta that presents classical music performances as a means of entertainment. The strategy for developing the Jakarta City Philharmonic (JCP) organization needs to be done so that the organization and its performances can continue to exist in society as a classical music performance group. The purpose of this study was to analyze the development strategy of the Jakarta City Philharmonic (JCP) organization through SWOT analysis. The research method used is qualitative with a descriptive case study approach with interview, observation and questionnaire data collection techniques. The results of the SWOT analysis show that the strategies that can be used by JCP are generic strategies of combination types and variations of strategies, namely concentric diversification, market penetration, utilizing sponsors from the Jakarta Arts Council and Bekraf as a networking collaboration and future integration.


Keywords


strategi pengembangan, organisasi, pertunjukan musik, analisis SWOT | development strategy, organization, music show, SWOT analysis

References


Akbar, F. (2021). Pengembangan Strategi pada Pengelolaan Kedai Kebun Forum Yogyakarta. Jurnal Tata Kelola Seni, 7(2), 91–106. https://doi.org/10.24821/jtks.v7i2.5503

Amir, M. T. (2012). Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Rajawali Pers.

Dani, I. S. (2019). Perkembangan Studi Tata Kelola Seni dan Risetnya di Aras Global dan Lokal (Development of the Study of Art Governance and Research at the Global and Local Levels). Jurnal Tata Kelola Seni, 5(2), 88–102. https://doi.org/10.24821/jtks.v5i2.3260

David, F. R., & Forest, R. D. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts, and Cases. Pearson Education.

Heriyanti, N. (2017). Strategi Pengembangan Komunitas “ Dazzle Voices ” terhadap Minat Penonton dalam Konser Opera Community Development Strategy “ Dazzle Voices ” Against Audience Interest in Opera Concert. Jurnal Tata Kelola Seni, 3(2), 69–77.

http://journal.isi.ac.id/index.php/JTKS/article/view/2607

Iskandar, A. H. (2021). Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang Dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 238. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938

Permas, A. dkk. (2003). Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan. Penerbit PPM.

Puspawatie, S. (2019). Strategi Pengelolaan Paduan Suara Perguruan Tinggi: Studi Kasus Paduan Suara Mahasiswa Universitas Palangkaraya. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 2(2), 219–230. https://doi.org/10.31091/jomsti.v2i2.868

Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sabariah, E. (2017). Manajemen Strategis. Pustaka Pelajar.

Soedarsono, R. M. (2010). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v8i2.6359

Article Metrics

Abstract view : 472 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 460 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 hernanda Adit Dwi, Fariz Al Hazmi

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors