Inovasi Pengembangan Promosi Produk Seni Unggulan Sanggar Tari Wan Sendari Batam
Abstract
Sanggar Wan Sendari adalah sanggar yang produktif dalam bisnis jasa pertunjukan tari di Batam. Naik turunnya permintaan konsumen pada produk seni Wan Sendari telah dirasakan dengan melihat pendapatan yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan mencari solusi dalam pengembangan media promosi untuk meningkatkan penjualan produk seni unggulan Wan Sendari. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang terdiri dari analisis SWOT, dokumentasi produk, dan strategi promosi bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah alternatif strategi yaitu: pembuatan akun bisnis di media sosial, desain website, katalog dan label produk, serta kegiatan promosi seperti proyek seni mandiri, kerja sama antarmitra yang tujuannya untuk memperluas cakupan penjualan produk karya seni unggulan Wan Sendari.
The Innovation of Artistic Masterpiece Products Promotion By Wan Sendari Group, Batam
ABSTRACT
Wan Sendari is a productive group especially in performing art-preneurship in Batam. The demands of artistic products from communities be the task by Wan Sendari. This aims research is finding the solution in promotion media development to increase selling artistic product of Wan Sendari. This research uses qualitative methodology consisting of SWOT analysis, product documentation, and strategy of bussines promotion. The result of this research is a visual arrangement for bussines purposes in social media. The creating website design, catalog, and labelled in artistic services, and promotion events such as independently art project, and the cooperation between bussines partner be an alternative strategy to expanding the scopes of artistic masterpiece product’s sales by Wan Sendari.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
David, F. R. (2011). Strategic Konsep, edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Dhori. (2020, November 1). Sejarah Sanggar dan Produk Jasa Wan Sendari. (M. L. Silalahi, Interviewer)
Hadi, Y. (2003). Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: ELKAPHI.
Indriyani, I. (2020). Strategi Pengelolaan Mila Art Dance School. Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 6 Nomor 1, hal. 19-32.
Kusumarini, A. (2019). Perancangan Desain Media Promosi Cherie Souvenir untuk Meningkatkan Pemasaran. Jurnal Online Seni Rupa (UNESA), Volume 7 Nomor 3, hal. 135-141.
Mongi, R. G. (2017). Strategi Promosi Batik Plumpungan untuk Menarik Minat Konsumen dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus: Batik Plumpungan Salatiga). Salatiga, Jawa Tengah: Program Studi Public Relations FTI-UKSW.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT Alex Komputindo.
Rahmat Veriyadna, O. A. (2018). Penerapan Analisis SWOT: Studi Kasus Usaha Mahasiswa Creative Puzzle Glass. AQLI Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah, 1-6.
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT cara perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Tarigan, M. L. (2021). Pengiklanan Tao Silalahi Arts Festival 2018-2019 Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 7 Nomor 2, hal. 119-134 .
DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v8i2.6857
Article Metrics
Abstract view : 447 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 485 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 mega lestari silalahi
Editorial Address:
Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta
Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia
Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.