Metode Visual Thinking dalam Perancangan Tata Panggung Teater
Abstract
Manusia dalam melakukan proses pembelajaran cenderung menggunakan otak kiri untuk memecahkan sebuah masalah. Padahal otak kanan berperan lebih untuk mendorong daya kreativitas dan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapai sebuah masalah. Salah satu metode untuk memicu kerja otak kanan ialah dengan metode visual thinking.
Tujuan perancangan dengan menggunakan metode Visual Thinking ialah untuk merangsang otak kanan melahirkan ide-ide segar melalui pengembangan kreativitas, intuisi, dan imajinasi. Metode Visual Thinking dalam perancangan tata panggung teater juga bertujuan untuk mengembangkan salah satu jenis metode kreatif dalam perancangan sebuah karya seni. Metode Visual Thinking yang akan diterapkan menurut Bolton terdapat empat langkah yaitu looking (mengidentifikasi masalah), seeing (memahami masalah), imagining (mengeneralisasi masalah untuk menemukan solusinya), dan terakhir showing and telling (menjelaskan dan mengkomunikasikannya). Metode ini masih jarang atau bahkan belum digunakan dalam perancangan tata panggung teater sehingga topik dari perancangan ini layak untuk dilanjutkan. Hasil perancangan ini berupa data kualitatif dengan target luaran berupa publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi.
Kata kunci: visual thinking, tata panggung, teater
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arcavi, A. (2003). The Role of Visual Representations in the Learning of Mathematics. Journal of Mathematical Educationin Science and Technology, 217.
Bolton, S. (2011). Decoding Visual Thinking. Naver Workshop, Visualising Creative Strategies. http://issuu.com/gpbr/docs/decodingvisualthinking. %5B2
Brockett, O. G. (1964). The Theatre an Introduction. Holt, Rinehart.
Dewi, C. S. (2012). Menjadi Skenografer. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Megi Hardani, Yusril, dan N. (2019). Perancangan Pertunjukan Teater Lakon “Senja Dengan Dua Kelelawar” Karya Kirdjomulyo. Melayu Arts and Performance Journal, 2, No.2.
Ramli, A. (2022). Tata Artistik Pertunjukan Teater The Eyes of Marege. Nuansa Journal of Arts and Design, 6, No.1.
Roszita, O. A. (2014). Teknik Penciptaan Tata Artistik Pada Naskah “Heart Of Almond Jelly” Karya Wishing Chong Sutradara Dimas Adi Putra. Ejournal.Unesa.Ac.Id.
Saini, K. (2002). Kaleidoskop Teater Indonesia. STSI Press Bandung.
Santosa, E. (2008). Seni Teater Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Santosa, E. (2010). Seni Teater Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah.
Sumardjo, J. (1981). Segi Sosiologis Novel Indonesia. Pustaka Prima.
Sword, L. K. (2005). The Power of Visual Thinking.
Tri, B. U. (2009). Dekorasi dan Dramatika Tata Panggung Teater. Vol.10, No, p.94.
Yudiaryani. (2002). Panggung Teater Dunia. Pustaka Gondho Suli.
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v20i2.10957
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.