Analisis Naratif Dalam Film Singsot

Nazhif Dzaky Thaheer, Vani Dias Adiprabowo

Abstract


Abstrak: Film Singsot memiliki latar budaya Jawa, yang mana masyarakat Jawa memiliki kepercayaan dilarang bersiul pada malam hari karena diyakini dapat mendatangkan musibah. Melalui narasi penyampaian pesan kepada penonton dapat digunakan dalam film. Hal ini dikarenakan narasi memiliki kaitan dengan cara bercerita yang disajikan kepada penonton melalui film. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui larangan yang diyakini oleh masyarakat Jawa dalam narasi cerita Film Singsot. Penelitian ini menggunakan analisis narasi Tzvetan Todorov yang mengatakan bahwa narasi memiliki 3 struktur bagian yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa narasi dalam film Singsot digambarkan sesuai dengan narasi dari Todorov yang kemudian dimodifikasi oleh Nick Lacey dan Gillespie. Selain itu, unsur mise en scene juga turut menambah suasana dalam film. Mitos dalam film ini memiliki simbol yaitu film ini dapat dikatakan film yang berisi pesan moral tentang norma, etika, dan acuan moral dalam kehidupan. Larangan tentang bersiul dapat dimaksudkan agar tidak mengganggu orang yang sedang beristirahat di malam hari.

Kata kunci: Mitos, Naratif, Film Singsot

 

Abstract: Film Singsot has a Javanese cultural background, where Javanese people believe that it is forbidden to whistle at night because it is believed to bring disaster. Through narration, conveying messages to the audience can be used in films. This is because narrative is related to the way stories are presented to the audience through films. This research aims to find out the prohibitions believed by the Javanese people in the narrative of the film Singsot. This research uses Tzvetan Todorov's narrative analysis, which says that narratives have 3 part structures, namely the beginning, middle and end. The results of this research show that the narrative in the film Singsot is depicted in accordance with Todorov's narrative which was then modified by Nick Lacey and Gillespie. Apart from that, the mise en scene element also adds to the atmosphere of the film. The myth in this film has a symbol, namely this film can be said to be a film that contains a moral message about norms, ethics and moral references in life. The prohibition on whistling may be intended to not disturb people who are resting at night.

Keyword: Myth, Narrative, Film Singsot


References


Angeline, M. (2015). Mitos dan Budaya. Humaniora, 6(2), 190. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i2.3325

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Azizaty, S. S., & Putri, I. P. (2018). FILM SOKOLA RIMBA NARRATIVE ANALYSIS OF TZVETAN TODOROV Film merupakan media penyampaian informasi yang mudah dan cepat untuk diterima oleh masyarakat . Film sendiri merupakan salah menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dengan mudah dan cepat melalui . 2, 51–67.

Branston, G., & Stafford, R. (2003). The Media Student’s Book (3rd ed.). Routledge.

Burton, G. (2008). Yang Tersembunyi di Balik Media; Pengantar Kepada Kajian Media. Jalasutra.

Darajat, D. M., & Badruzzaman, M. (2020). Analisis Fungsi Narasi Model Vladimir Propp dalam Film Surat dari Praha. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 40–58. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1382

Darmawan, A. P. (2020). Singsot Film Pendek Horor Tentang Sebuah Mitos Siul di Jawa - Tirto.ID.

Dite, S. A. (2023). Representasi Identitas Jawa Pada Cerita Maya (Film Maya Daya Raya) Melalui Analisis Unsur Sinematik: Mise en Scene. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 20(1), 8–20. https://doi.org/10.24821/tnl.v20i1.9336

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media (1st ed.). Kencana.

Farid, A. S. (2023). REPRESENTASI MITOS DALAM FILM HOROR PADA WAKTU MAGHRIB : ANALISIS NARATIF DAN VISUAL. 02, 10–16.

Fathurizki, A. (2018). PORNOGRAFI DALAM FILM : ANALISIS RESEPSI FILM “ MEN , WOMEN & CHILDREN ” Film Men , Women FILM “ MEN , WOMEN & CHILDREN ” tidak masuk ke Indonesia . Penonton di Indonesia hanya bisa menikmati film ini dengan menonton secara online di website streaming fil. ProTVF, 2(44), 19–35.

Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme Dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619

Herusatoto, B. (2018). Mitologi Jawa. Narasi.

Humaidi, A. (2022). Pesan Moral Dalam Film Pendek “ Singsot ” (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Maharani, P., Wahidy, A., & Effendi, D. (2020). ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI MITOS DI DESA PULAU BERINGIN KECAMATAN KIKIM SELATAN KABUPATEN LAHAT. 1(1), 1–12.

Maulana, A., & Nugroho, C. (2018). Nasionalisme Dalam Narasi Cerita Film (Analisis Narasi Tzvetan Todorov Pada Film Habibie & Ainun). ProTVF, 2(1), 37. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.12042

Mayasari, I. (2021). Mitos Ora Ilok Dalam Pandangan Masyarakat Jawa Antara Kepercayaan Dan Sanggahan Sebagai Bentuk Kesembronoan (Kajian Pragmatik). Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17480

Pratista, H. (2008). Memahami Film. Homerian Pustaka.

Rachmania, N. N. (2023). Model Manajemen Produksi Film Pendek Pergi Untuk Kembali. 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.61

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. CV. Jakad Media Publishing.

Sari, K. W., & Haryono, C. G. (2018). HEGEMONI BUDAYA PATRIARKI PADA FILM ( Analisis Naratif Tzvetan Todorov Terhadap Film Kartini 2017 ). 12(1).

Sarmidi, G. (2015). KEBERADAAN WACANA PANTANG LARANG BERLARAS GENDER SEBAGAI TRADISI LISAN, FENOMENA BAHASA, DAN SASTRA LISAN DI INDONESIA.pdf.

Sartini, S. (2014). Mitos: Ekplorasi Definisi Dan Fungsinya Dalam Kebudayaan. Jurnal Filsafat, 24(2), 192–210. https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/79660

Usman, K. P. M., & Harini, Y. N. A. (2023). Analisis Mise En Scène Dalam Film Pendek Tilik 2018. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 20(1), 48–58. https://doi.org/10.24821/tnl.v20i1.9512

Wijana, E. P. E., & Maulina, M. R. (2020, September 18). Viral Film Pendek Singsot Buatan Jogja, Kenalkan Mitos Horor di Jawa - Suarajogja.

Zein, H. F. (2020). Analisis Naratif Pada Film Dokumenter Alkinemokiye Produksi Watchdoc.




DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v21i1.11588

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter 

  

View My Stats

 

 

ISSN: 1411-6464 (Print)

ISSN: 2685-8274 (Online)