ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA MELALUI MISE-EN-SCENE DALAM FILM BIOPIC SULTAN AGUNG
Abstract
Penelitian ini menganalisis karakter Sultan Agung sebagai tokoh utama dalam film biopik “Sultan Agung” karya Hanung Bramantyo dengan fokus pada peran aspek mise-en-scene sebagai penguat karakter. Studi ini menggunakan teori tiga dimensi karakter Harymawan (fisiologis, sosiologis, psikologis) serta pendekatan mise-en-scene Bordwell & Thompson, yang meliputi setting, kostum, pencahayaan, dan pergerakan pemain. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung terhadap film versi festival, didukung dokumentasi dari artikel dan video relevan. Hasil penelitian menunjukkan karakter Sultan Agung konsisten digambarkan sebagai protagonis, baik saat masa remaja (Raden Mas Rangsang) hingga dewasa menjadi raja. Elemen mise-en-scene berperan memperkuat visualisasi karakter tokoh utama melalui penggambaran setting sejarah, transformasi kostum dan rias, pencahayaan simbolis suasana hati, serta pergerakan pemain yang mendukung narasi psikologis dan sosial Sultan Agung. Temuan menegaskan bahwa perubahan karakter Sultan Agung lebih didorong oleh konteks dramatik dan sejarah, sedangkan mise-en-scene bertindak sebagai pendukung penguatan karakter, bukan faktor utama perubahan.
Kata kunci: Biopik, Karakter Tokoh, Mise-en-Scene, Sultan Agung, Film Sejarah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, B. (2016). Identity of the National Film Festival in Indonesia. Dialnet Unirioja, 2(3), 106–124.
Berger, A. A. (2019). Media Analysis Techniques (6th ed.). London: Sage Publications.
Berger, J. (2019). Constructing and Deconstructing the Modern Hero in The Dark Knight. SAGE Open, 12(4), 1-
Bordwell, D., & Thompson, K. (2025). Film Art: An Introduction (13th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Brown, B., & Collins, K. (2020). Framework Systematic Visuo-Textual Analysis in Historical Film Studies. Studies in World Cinema, 8(1), 57-78. https://doi.org/10.1017/SWC.2020.08
Cheung, L., & Birt, J. (2021). Three-dimensional aspects of the main character in contemporary biopic films. International Journal of Dramatic Theory, 46(2), 185-203. https://doi.org/10.5167/IJDT.2021.091
Carta, S. (2015). Visual and Experiential Knowledge in Observational Cinema. Anthrovision, 3(1), 102–118.
Fawcett, J., & Wang, R. (2022). Visual and Experiential Knowledge in Observational Cinema. Anthrovision, 3(1), 102–116.
Fawcett, J., & Wang, R. (2022). Visual storytelling and narrative progressions in Asian historical cinema. World Cinema Studies, 10(1), 122-139. https://doi.org/10.1093/WCS/10.1.122
Lim, S. H. (2025). Qualitative Research: An Overview and Guidelines. International Journal of Qualitative Methods, 24(3), 45–61.
Sari, R. J. (2020). The role of dramaturgical change in character development for building dramatic stages in Split. Rekam, 16(2), 87–102. 15. https://doi.org/10.1177/21582440221128476
Setyawan, D. (2020). Analisis Karakter Tokoh Utama Melalui Mise-En-Scene Dalam Film Biopic Sultan Agung. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Press.
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v22i2.17501
Refbacks
- There are currently no refbacks.