KONTEN KREATIF BERBASIS STORI LINGKUNGAN UNTUK MEDIA IKLAN PRODUK BERBAHAN DASAR ECENG GONDOK SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN LINGKUNGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Abstract
Lebih dari tujuh puluh persen (70%) populasi eceng gondok menutupi permukaan Danau Rawa yang berdampak buruk untuk sisi lingkungan dan ekonomi. Eceng gondok menurunkan populasi biota seperti ikan dan nilai pariwisata. Solusi nyata dibutuhkan untuk menghadapi permasalahan ini. Kelompok masyarakat pegiat usaha UMKM berbasis pemberdayaan masyarakat dan potensi sumber daya alam lokal, Bengok Craft, di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang dalam hal ini telah mengambil peran untuk menjadi bagian dari solusi atas permasalahan tersebut yakni dengan memproduksi kerajinan eceng gondok mulai dari tas eceng gondok, buku, hingga sandal serta aksesoris lainnya. Banyaknya produksi kerajinan ini kemudian diproses lebih lanjut oleh UMKM Bengok Craft seperti proses finishing dan juga didistribusikan di pasar. Akan tetapi, permasalahan lain muncul yakni pemasaran produk. Produk kerajinan eceng gondok dipasarkan di pasar lokal dengan memanfaatkan media pemasaran daring seperti media sosial dan juga website dengan memanfaatkan media gambar atau foto produk. Konten pada media pemasaran masih belum cukup persuasif dan menarik minat pasar global.
Merespon permasalahan ini, tim pengabdi sebagai akademisi memberikan solusi
berupa pelatihan penulisan konten kreatif berbasis stori untuk media iklan produk kerajinan Bengok Craft yang melibatkan pengelola UMKM Bengok Craft dan warga desa yang menjadi tim iklan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan menghasilkan konten iklan untuk media daring.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, Enricho P. (2016). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Televisi Aqua “Versi Ada Aqua. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), Vol 5, No 2 (2016) http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jmbi/article/view/5019
Andini, N. H. (2015). Penggunaan Media Tayangan Iklan Komersial pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi. Skripsi S1: Universitas Pendidikan Indonesia.
Desa Kesongo. (2014). Sejarah Desa Kesongo “Bermartabat”. Retrieved August 10, 2020 from http://desakesongo.blogspot.com/
Dianti, Dyah E. & Herawati, F.A. (2013). Implementasi Konsep Kreatif Pendekatan Parodi Dalam Iklan Televisi Axis. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2013. http://e journal.uajy.ac.id/4297/1/Jurnal.pdf
Kotler, Philip. (2002). A Framework for Marketing Management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kurniawan, K. (2012). Belajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Bangkit Citra Persada.
Ma’ruf, Z., dkk. (2019). English Students’ Perceptions of Using WhatsApp in Paragraph Writing Class. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 8 (10), 3054-3059.
Mustafa, Devy A. I., & Efendi, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. LingTera, Vol. 3 (1), 1-8.
Nuzhatun, L. (2016). An Analysis of Students’ Problems in Writing Narrative Text: A Case Study at Second Grade Students of SMKN 1 Praya Tengah in Academic Year 2015/2016. Skripsi S1: Universitas Mataram.
Octa, Agus. (2018). 7 Tips Sukses Konsinyassi, dalam Distribusi Produk Baru. Retrieved August 10, 2020 from https://distribusipemasaran.com/7-tips-sukses-konsinyasi-dalam-distribusi-produk-baru/
Rahmadawita, Tuti, dkk. (2014). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Brand Attitude pada Produk Blackberry Z10 di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Vol 1, No 1 (2014).
Riady, S. (2017). Rawa Pening Menuju Destinasi Wisata Kelas Dunia. Retrieved August 10, 2020 from http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2017/08/09/314150/rawa-pening-menuju- destinasi-wisata-kelas-dunia/
Satria, Hardika W & Agustine, Dewi K. (2019). Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Volume 2 No.1, Juli-Desember 2019.
Seftyono, Cahyo. (2014). Rawa Pening dalam Perspektif Politik Lingkungan: Sebuah Kajian Awal. Indonesian Journal of Conservation. Vol. 3 No. 1, Juni 2014, pp. 7-15.
Wijaya, A. (2020). Students’ Responses toward the Use of Whatsapp in Learning. Journal of Teaching & Learning English in Multicultural Contexts, Volume 2 (1), 46-55.
Wirasari, Ira & Ferdiana, Tresna. (2018). Strategi Kreatif Tema Kepahlawanan dalam Iklan Media Sosial Bukalapak.
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v18i1.4603
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.