Perancangan Komik Strip Digital mengenai Game Genre Tabletop Role Play Game (TRPG) untuk Pemula

Tasya Dwi Ismayudha, Terra Bajraghosa, Edi Jatmiko

Abstract


Permainan anak di Era milenial di Indonesia bahkan dunia dipengaruhi internet teknologi dan digital, hal ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk cara anak-anak bermain, dalam Era milinial ini, anak-anak tidak lagi terbatas pada permainan tradisional seperti berlari-lari, petak umpet atau bermain sepak bola. Sebaliknanya permainan anak-anak diera milinial berorientasi pada perkembangan teknologi dan digital. Persebaran informasi permain menggunakan media komik digital 4 panel diunggah ke platform sosial media Instagram, cara menyampaikan informasi dasar mengenai game DnD nanti nya akan dibuat melalui alur cerita tentang pemain DnD. Sinopsis dari cerita komik perancangan ini yaitu sekelompok pemain DnD berpindah dunia ke dunia permainan DnD dan para pemain ini berusaha membantu dan menjelaskan ke kekawan nya yang baru saja mempelajari tentang permainan ini. keunikan dari cerita dan isi komik perancangan ini sendiri yaitu berasalkan dari cerita pengalaman dan cerita permaianan dari beberapa pemain. Game TRPG atau table-top role play game, dikenal juga sebagai turn base role-playing game atau tactical roleplaying game, adalah sebuah permainan yang memerlukan pemain untuk menyusun strategi. banyak pemula yang merasa kewalahan mencerna informasi dari permainan dungeon and dragon dan membutuhkan media informasi lain yang memiliki visual unik dan mudah untuk dibaca. untuk mempelajari permainan DnD Dengan elemen visual dan penyampaian informasi dalam komik, komik strip ini dapat diakses dengan mudah karena dipublikasikan dalam media social intagram, metode 5W+1H metode analisis data dalam penyusunan perancangan ini

 

Designing digital comic strip about TRPG game genre for beginner

Children's play in the millennial era in Indonesia and even the world is influenced by technological and digital internet, this affects various aspects of life including the way children play, in this millennial era, children are no longer limited to traditional games such as running, hide and seek or playing football. On the contrary, children's games in the millennial era are oriented towards technological and digital developments. The distribution of game information using 4-panel digital comic media is uploaded to the Instagram social media platform, How to convey basic information about the DnD game will later be made through a storyline about DnD players. The synopsis of this comic story is that a group of DnD players move the world to the DnD game world and these players try to help and explain to their friends who have just learned about this game. The uniqueness of the story and content of this design comic itself is provided that it is from the experience stories and game stories of several players. A TRPG or table-top role play game, also known as a turn base role playing game or tactical roleplaying game, is a game that requires players to strategize. Many beginners feel overwhelmed digesting information from the Dungeon and Dragon game and need another information medium that has unique visuals and is easy to read. to learn DnD games with visual elements and information delivery in comics, this comic strip can be accessed easily because it is published in social media intagram, the 5W+1H method of data analysis in the preparation of this design.


Full Text:

PDF

References


Ani Ramdhani. Pengertian Komik, Ciri, dan Jenisnya. Diakses pada 31 mei 2023, dari: https://www.pinhome.id/blog/pengertian-komik/

Bajraghosa, T. (2020). Onomatope Komik Indonesia. BP ISI Yogyakarta.

Bakry, N. M. (1986). Logika Praktis.

Diakses pada tanggal 17 januari 2023, dari: https://www.cbr.com/dnd-teaching-kits-classroom-adventures-wizards-of-the-coast/

Eisner, W. (2008). Comics and sequential art: Principles and practices from the legendary cartoonist. WW Norton & Company.

Febrina, A. R. (2023). Perancangan Komik Strip Digital Panduan Cosplay Bagi Pemula (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Julia Anderson. Dungeons & Dragons Reveals New Educational Adventures for School Classrooms.

Kelly Knox, D&D’s newest push is into classrooms around the world. Diakses pada tanggal 10 Januari 2023, dari: https://www.polygon.com/23374804/dnd-after-school-curriculum-teachers-students-free-content-adventures-k-12

Kenzer And Company. Knight of the Dinner Table. Diakses pada 01 Juni 2023, dari: https://kenzerco.com/product/knights-of-the-dinner-table-304/

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual, Jakarta.

Lenzhin. Lenzhin situs komik Web. Diakses pada tanggal 29 Febuari 2023, dari: https://www.lezhinus.com/en

Maharsi, I., Pamungkas, E. A., & Oemank. (2011). Komik: dunia kreatif tanpa batas. Kata buku.

Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Pramono, M. (2021). Pengembangan komik pendidikan sebagai media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Education and Development, 9(1), 279-279.

Marcel, B. (1998). Les Bandes Dessinees Indonesiennes atau Komik Indonesia, terjemahan Rahayu S. Hidayat.

McCloud, S. (2001). Understanding Comics atau Memahami Komik, terjemahan S. Kinanti (2002). Jakarta: KPG.

Mearls, M. & Wizards RPG Team. (2014). Dungeon & Dragon Dungeon Master Guide. Penerbit: Wizards of the Coast Publishing.

Mearls, M. & Wizards RPG Team. (2014). Dungeon & Dragon Player’s Handbook. Penerbit: Wizards of the Coast Publishing.

Miranda, P. H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2018). Perancangan buku komik sebagai media informasi mengenai dampak game terhadap perilaku sosial anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9.

Paul Darvasi. How Dungeons & Dragons Can Help Kids Develop Social-Emotional Learning Skills. Diakses pada tanggal 25 Febuari 2023, dari: https://www.kqed.org/mindshift/51784/how-dungeons-dragons-can-help-kids-develop-social-emotional-learning-skills

Phil McAndrew. Critical Hits In The Classroom. Diakses pada 26 Desember 2022, dari: https://thenib.com/critical-hits-in-the-classroom/

Pradhana, R. P. (2021). Perancangan Informasi Mengenai Nilai Kehidupan Dalam Gim Red Dead Redemption 2 Melalui Media Komik Digital (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).

Set, S. (2003). Menjadi Penulis Skenario Profesional. Grasindo.

Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.

Sonvidon Indonesia. Memahami Istilah-Istilah Warna (Hue, Tints, Tones, Shades). Diakses pada tanggal 28 mei 2023, dari https://www.antilum.com/2018/08/memahami-istilah-istilah-warna-hue-tints-tones-shades.html#:~:text=Shade%20adalah%20jenis%20atau%20nama,berbayang%20hitam%2C%20atau%20lebih%20pekat.

Wahana, K. (2014). Membuat Komik Strip Online Gratis. Yogyakarta: ANDI.

Zac clay, Zac clay professional Dungeon Master. Diakses pada tanggal 27 mei 2023, dari: https://www.zacclay.com/dnd




DOI: https://doi.org/10.24821/fenomen.v1i2.10730

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Fenomen: Jurnal Fenomena Seni
eISSN 2963-5799
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/fenomen/index


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0