PERANCANGAN VISUAL NOVEL KAMPANYE EDUKASI KHASIAT TEH HERBAL UNTUK REMAJA PUTRI
Abstract
Menjadi cantik merupakan impian semua wanita tidak terkecuali remaja putri. Namun banyak keterbatasan yang dimiliki oleh remaja malah mengantarkan mereka pada solusi yang memiliki efek negatif. Teh herbal menjadi salah satu opsi solusi yang tidak memiliki efek negatif, sebab tidak meninggalkan efek ketergantungan dan harga yang lebih terjangkau. Untuk menyampaikan pesan ini, visual novel dipilih sebagai media untuk mengedukasi remaja-remaja ini, terutama dengan maraknya game otome di kalangan remaja putri pada era ini, dengan cerita yang menarik secara narasi dan karakter yang menarik secara visual bagi demografis remaja putri. Metode analisis yang digunakan pada perancangan visual novel ini adalah 5W + 1H. Visual novel akan menceritakan tentang kehidupan remaja putri dan keluh kesah yang mereka rasakan terkait kesehatan dan kecantikan mereka.
Visual Novel As A Campaign for Health Benefits of Herbal Tea to Teenage Girls
Having a beautiful appearance is a dream of all womens not excluding the teenage girls. But, with all the limitation that a teenager have, it more often than not lead them to a solution that comes with a negative side effects. Herbal tea is one of the solution to female beauty that doesn't come with a negative effect, the reason being it will not leave any addictive effects and more light on the price. To spread this message, visual novel is chosen as a media for educating these teenage girls, especially with how otome games are one of the trending genre of games among the teenage girl demographic, with interesting story driven narrative and visually appealling character. The analysis method that is being used for this project is 5W + 1H. The visual novel will tell a story about the life of some teenage girls and their struggles regarding their health and beauty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhytya, R. (2022). Gambaran persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia pra sekolah di TK Islam Terpadu Al-Ikhlas Boyolali. E-Journal Psikologi, 10(1), 1-11.
Adinda, M. (2021, Maret 25). 8 Rekomendasi Skincare dengan Khasiat Teh Hijau, Bantu Atasi Jerawat. Beautynesia. https://www.beautynesia.id/beauty/8-rekomendasi-skincare-dengan-khasiat-teh-hijau-bantu-atasi-jerawat/b-202187
Rahma, L. A. (2022, November 20). Beauty Privilege dan Beauty Standards di Indonesia yang Toxic. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/lailaainurrahma1707/6379a69d08a8b523453f6dd4/beauty-privilege-dan-beauty-standards-di-indonesia-yang-toxic
AMN and Anime Advanced Announce Anime Game Demo Downloads. (2006, February 8). animenewsnetwork.com. https://www.animenewsnetwork.com/press-release/2006-02-08/amn-and-anime-advanced-announce-anime-game-demo-downloads
Bella, A. (2022, Februari 25). 7 Jenis Teh Herbal yang Baik untuk Kesehatan. Alodokter.com. https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-teh-herbal-untuk-kesehatan
Cavallaro, D. (2010). Anime and the visual novel: narrative structure, design and play at the crossroads of animation and computer games. USA: McFarland & Company.
Dinisari, M. C. (2021, September 24). Bahayanya Minum Multivitamin Setiap Hari. Lifestyle.Bisnis.com. https://lifestyle.bisnis.com/read/20210924/106/1446328/bahayanya-minum-multivitamin-setiap-hari
Chumsri, P., Sirichote, A., & Itharat, A. (2008). Studies on the optimum conditions for the extraction and concentration of roselle (Hibiscus sabdariffa Linn.) extract. Songklanakarin Journal of Science & Technology, 30.
Lebowitz, J., & Klug, C. (2011). Interactive storytelling for video games: A player-centered approach to creating memorable characters and stories. Taylor & Francis.
Mahasiswa KKN Berbagi Minuman Herbal Tradisional, Wujud Kampanye Kesehatan? (2020, Oktober 17). Lpminvest.com. https://lpminvest.com/2020/10/racik-minuman-herbal-tradisional-strategi-mahasiswa-kkn-menangkal-covid-19/
Millah, S. (2022, August 2). Mengenal Gim Visual Novel, Gabungan Cerita Fiksi Interaktif dan Anime. Hypeabis.id. https://hypeabis.id/read/15188/mengenal-gim-visual-novel-gabungan-cerita-fiksi-interaktif-dan-anime
Muflih, M. (2018). Upaya Pengurangan Nyeri Dismenore Pada Remaja Dengan Pemanfaatan Olahan Tanaman Herbal Rosella. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 1(1).
Nugraheni, M. (2022, Agustus 20). 5 Teh Herbal Nikmat yang Bisa Bikin Rambut dan Kulit Glowing. Dream.co.id. https://www.dream.co.id/culinary/5-teh-herbal-nikmat-yang-bisa-bikin-rambut-dan-kulit-glowing-220823v.html
DOI: https://doi.org/10.24821/fenomen.v1i2.10734
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Fenomen: Jurnal Fenomena Seni
eISSN 2963-5799
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/fenomen/index
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0