PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF "BELAJAR KOSAKATA ARAB" UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN

Eline Kusuma Sumantri, Hesti Rahayu, M. Faizal Rochman

Abstract


ABSTRAK

Sebagai negara yang mempunyai mayoritas penduduk beragama Islam, penguasaan bahasa Arab penduduk Indonesia masih rendah. Pendidikan bahasa Arab ini sangat penting dimulai sejak anak-anak karena erat hubungannya dengan menjalankan syariat agama sejak dini. Anggapan bahwa bahasa Arab susah karena orang tua juga tidak menguasainya. Karena itu perlu dibuat strategi pembelajaran melalui perancangan buku ilustrasi interaktif yang tepat untuk membantu orang tua dalam mengenalkan kosakata bahasa Arab kepada anak usia 6-8 tahun. Tujuan kreatif perancangan adalah mengenalkan kosakata Arab dengan membuat buku ilustrasi interaktif sehingga mempermudah orang tua mengajarkannya dan menarik minat anak untuk mempelajarinya. Interaktifitas dalam buku berupa pop up, lift a flap, dan participation. Buku ilustrasi interaktif dibuat berdasarkan hasil analisis data dengan metode 5W+1H yang didapat melalui kuisioner, studi pustaka, dan wawancara untuk menjawab rumusan masalah. Hasil perancangan berupa dua buku berisi empat cerita dengan 44 kata benda dalam bahasa Arab. Warna pastel dan gaya ilustrasi kartun digunakan dalam perancangan. Gaya penulisan naskah menggunakan gaya naratif dan deskriptif. Sedangkan, jenis huruf sans serif diaplikasikan pada naskah berdasarkan penilaian anak bahwa jenis huruf tersebut mudah dibaca.

Kata kunci : Ilustrasi, Buku Ilustrasi, Interaktif, Kosakata Bahasa Arab, Anak

 

ABSTRACT

As a country with a majority Muslim population, the Indonesian population's mastery of Arabic is still low. Arabic language education is very important starting from childhood because it is closely related to practicing religious law from an early age. The assumption is that Arabic is difficult because parents also do not master it. Because of this, it is necessary to develop a learning strategy by designing appropriate interactive illustrated books to help parents introduce Arabic vocabulary to children aged 6-8 years. The creative design objective is to introduce Arabic vocabulary by creating interactive illustrated books so that it is easier for parents to teach and attract children's interest in learning it. Interactivity in the book is in the form of pop-ups, lift a flap, and participation. The interactive illustration book was created based on the results of data analysis using the 5W+1H method obtained through questionnaires, literature studies, and interviews to answer the problem formulation. The results of the design are two books containing four stories with 44 nouns in Arabic. Pastel colors and cartoon illustration style are used in the design. The scriptwriting style uses narrative and descriptive styles. Meanwhile, the sans serif typeface is applied to the script based on the child's assessment that the typeface is easy to read.

Keywords : Illustration, Illustrattion Book, Interactive, Vocabulary Arabic, Children


Keywords


Ilustrasi; Buku Ilustrasi; Interaktif; Kosakata; Bahasa Arab; Anak

Full Text:

PDF

References


Falimu, “Etika Komunikasi Pegawai Terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi dan Bangunan,” J. Komun., vol. 9, no. 1, pp. 9–16, 2017, [Online]. Available: https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/download/2573/2679

Y. Subakti, Ensiklopedia Calon Ibu: Panduan Lengkap Mendidik Anak secara Islami. Jakarta Selatan: Qultum Media, 2007. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=ZuoWmrYpvzgC

M. A. Khalfan, Anakku Bahagia Anakku Sukses: Panduan Islami bagi Orang Tua dalam Membesarkan Anak. Jakarta: Zahra Publishing House, 2004. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=0-JI4%5C_HcyPEC

A. N. Islami, “‘Al-Arabiyyah Sahlah’ sebagai Label Perspektif Baru dalam Menyongsong Pembelajaran Bahasa Arab di Era New Normal,” J. Din., vol. 1, no. 2, pp. 55–69, 2020, doi: 10.18326/dinamika.v1i2.55-69.

S. Hadi, Kata-kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=IFdaDwAAQBAJ

U. Ridlo, “Bahasa Arab Dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme Dan Optimisme,” Ihya al-‘Arabiyah, vol. 2, no. 95, pp. 210–226, 2015.

A. Aziz and Y. M. Dinata, “Bahasa Arab Modern Dan Kontemporer; Kontinuitas Dan Perubahan,” Mumtaz J. Stud. Al-Qur’an dan Keislam., vol. 3, no. 2, pp. 152–168, 2019, doi: 10.36671/mumtaz.v3i2.38.

Tursinawati, Darmawati, N. Inayah, and S. Irnanda, Cara Praktis Berbahasa Inggris Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=%5C_6SXDwAAQBAJ

J. Wijanarko, Mendidik Anak: Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=TFPw7QEr0ZYC

S. Thornbury, How to Teach Vocabulary. England: Pearson Educational, 2002. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=5qLkoAEACAAJ

M. L. Hakim, Akhyar, and Asrowi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab,” Arab. J. Arab. Stud., vol. 2, no. 2, pp. 156–162, 2017, [Online]. Available: http://journal.imla.or.id/index.php/arabi

S. Muri’ah and K. Wardan, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Malang: Literasi Nusantara, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xGb5DwAAQBAJ

C. N. Djogo, K. Setiawan, and H. Kartaatmadja, “Perancangan Buku Ilustrasi Bertema Self Love untuk Pembaca Perempuan Usia Remaja dan Dewasa Muda,” Rupaka J. Ilm. Desain Komun. Vis., vol. 3, no. 1, 2020.

I. A. Wahyuningtyas and F. Arianto, “Pengembangan Buku Interaktif Operasi Hitung pada Mata Pelajaran Mematika untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Leaner Kelas 3 di SDN Ketintang 2 Surabaya,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 19, 2020.

M. F. Khusni, “Fase Perkembangan Anak dan Pola Pembinaannya dalam Perspektif Islam,” Martabat J. Peremp. dan Anak, vol. 2, no. 2, pp. 361–382, 2018, doi: 10.21274/martabat.2018.2.2.361-382.

F. Sabani, “Perkembangan Anak - anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7 Tahun),” J. Kependidikan, vol. 8, no. 2, 2019.

Darmadi, Membaca Yuk “Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini.” Bogor: Guepedia Publisher, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=s6JqDwAAQBAJ

B. Nurgiantoro, Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=%5C_ZtjDwAAQBAJ

S. P. M. P. Sri Widayati and I. W. Harits, Penulisan Naskah Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=GaMBEAAAQBAJ

I. Maharsi, Ilustrasi. Yogyakarta: Dwi - Quantum, 2016. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=AH58DwAAQBAJ

J. Simarmata et al., Elemen-Elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=oNjdDwAAQBAJ

S. E. Sanyoto, Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra, 2009. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=eWZhMwEACAAJ

L. Anggraini and K. Nathalia, Desain Komunikasi Visual Dasar - dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa, 2014.

Kusnadi, Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=12RnDwAAQBAJ

D. Setiautami, “Eksperimen Tipografi dalam Visual untuk Anak,” Humaniora, vol. 2, no. 1, 2011.

N. Isnaini and N. Huda, “Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route pada Siswa Kelas VII MTs 10 Sleman,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.35931/am.v3i1.156.

T. Pransiska, Cara Mahir Menguasai Ilmu Nahwu: Skematik -- Aplikatif -- Praktis. Yogyakarta: Semesta Ilmu, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=caD%5C_DwAAQBAJ




DOI: https://doi.org/10.24821/fenomen.v1i1.8983

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eline Kusuma Sumantri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Fenomen: Jurnal Fenomena Seni
eISSN 2963-5799
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/fenomen/index


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0