Kajian Visual Foto Iklan GoMart “Have Fun” melalui Pendekatan Semiotika
Abstract
Sebagai media penyampaian pesan yang dianggap cukup efektif, foto iklan banyak dipilih sebagai perantara pesan sebuah ide konsep yang tertuang kedalam bentuk visual. Foto yang ditujukan untuk keperluan sebuah iklan (advertising) nilainya terletak pada visual yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis makna visual yang terkandung dalam iklan GoMart “Have Fun” dengan mengacu pada teori semiotika. Dalam konteks ini, gaya iklan yang digunakan sebagai media iklan yakni melalui visual foto yang dikemas secara persuasif dan imajinatif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis secara deskriptif, penelitian dilakukan dengan cara mengobservasi penggunaan tanda dan simbol yang muncul serta korelasinya dengan pesan yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya iklan yang digunakan GoMart menghadirkan visual foto yang persuasif dan imajinatif.
Visual Study of GoMart "Have Fun" Advertising Photos Using a Semiotic Approach
As a medium of delivering messages that are considered quite effective, advertising photos are widely chosen as intermediaries for the message of a concept idea contained in visual form. Photos intended for the purposes of advertising (advertising) value lies in strong visuals. This study aims to understand and analyze the visual meaning contained in GoMart's "Have Fun" advertisement by referring to semiotic theory. In this context, the advertising style used as an advertising medium is through visual photos that are packaged persuasively and imaginatively. Using a qualitative approach with descriptive analysis methods, research is carried out by observing the use of signs and symbols that appear and their correlation with the message to be conveyed. The research results show that the advertising style used by GoMart presents persuasive and imaginative photo visuals.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Behance.net. 02 Maret 2023. Have fun, gomart. Diakses pada 16 Maret 2023, dari behance.net/gallery/165027337/Have-fun-gomart
Christina, Maria; Wibawa, Arya Pageh; Nuriarta, I Wayan. (2022). KAJIAN SEMIOTIKA PADA MEDIA PROMOSI BILLBOARD FESYEN PREPPSTUDIO. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 61–68. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/1047
Gojek.com. 01 September 2022. Apa Itu GoMart? Diakses pada 16 Maret 2023, dari gojek.com/id-id/help/gomart/apa-itu-go-mart/
Jefkins, Frank. (1997). Advertising. Edisi Ketiga. Edisi Indonesia. Jakarta: Erlangga.
KelasDesain.com. 24 April 2017. Macam-Macam Jenis Layout | Belajar Desain Grafis Mudah. Diakses pada 17 Mei 2023, dari kelasdesain.com/macam-macam-jenis-layout/
Kotler, Philip, (1990). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, dan Penganalisaan. Jakarta: Erlangga.
Moriarty, Sandra; Wells, William; Mitchell, Nancy; Triwibowo, BS. (2011): Advertising. Jakarta: Kencana.
Nugroho, Adi. (2010), Workshop Fotografi Still Life: "Fotografi Kreatif Dan Periklanan" dari
sintak.unika.ac.id/staff/blog/uploaded/5812008276/files/fotografiperiklanan.pdf
Nurusholih, Sonson (2019). Analisis Retorika Visual Konten Iklan Produk Pada Account Instagram Bank BNI. Jurnal Kalatanda (Desain Grafis dan Media Kreatif), DOI: 10.25124/demandia.v4i2.1935
Piliang, Yasraf Amir. (1998). Sebuah Dunia yang Dilipat, Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmoderinsme. Bandung: Penerbit Mizan.
Pratama, Reza Nanda. (2016). TA: Perancangan Buku Esai Fotografi Penambang Belerang Kawah Ijen Untuk Menggambarkan Mata Pencaharian Masyarakat Desa Paltuding Banyuwangi. Undergraduate Thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
Pujiati, T. (2015). ANALISIS SEMIOTIKA STRUKTURAL PADA IKLAN TOP COFFEE. Jurnal Sasindo Unpam, Vol. 3 (No. 3, Desember 2015), 1-22.
Setiawan, Hendra. 2012. Analisis Fotografi Digital Imaging Surealistik Karya Kicung Hartono. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Spradley, James P. (1997). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Tjin, Enche & Erwin Mulyadi. (2014). Kamus Fotografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.24821/fenomen.v1i2.9574
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Fenomen: Jurnal Fenomena Seni
eISSN 2963-5799
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/fenomen/index
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0