Representasi Visual Gaya Ekspresionisme pada Tangkapan Layar Tampilan Antarmuka Profil Pengguna Instagram
Abstract
Di era fotografi digital, Instagram menjadi salah satu primadona situs jejaring sosial yang mengutamakan fitur berbagi gambar kepada publik secara daring. Instagram juga secara khusus seringkali digunakan sebagai media untuk membangun citra diri. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi visual-visual yang telah terarsipkan di jagat dunia maya khususnya Instagram. Tahapan-tahapan penciptaan dimulai dari tahapan eksplorasi visual, perekaman layar, pengolahan hasil tangkapan layar, improvisasi, hingga tahapan akhir yakni penyajian. Hasil penelitian menunjukkan muatan warna pada foto yang diunggah dan jalinan relasi yang terbangun antara pemilik akun dan publik spektator menjadi faktor penting yang menentukan bagaimana hasil tampilan akhir dari laman profil instagram seseorang dapat terkonstruksi ke dalam bentuk visual baru berdasarkan kaidah-kaidah ekspresionisme.
Visual Representation: Instagram Profile Account User Interface through Screenshot and Expressionism Style
In the era of digital photography, Instagram is one of the most favorite online social network sites that prioritizes the feature of sharing images with the public. Instagram is also specifically often used as a medium to build self-identity or personal branding. This study aims to reconstruct archived visuals in cyberspace, especially Instagram. The stages of creation start from the stages of visual exploration, screen recording, processing of screenshots, improvisation, to the final stage or presentation. The results of the study show that the color content of uploaded photos and the relationships that are built between account owners and public spectators are the important factors that determine how the final appearance of a person's Instagram profile page can be constructed into a new visual form based on expressionism principles.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akiq, A. (2014). It’s buffering... • Akiq Aw’s Works. Http://Akiqaw.Info/. http://akiqaw.info/
Apriyadi, W. W. (2021). Yogyakarta Dalam Fotografi Impresionisme. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Remaja Rosdakarya.
Berger, J. (2008). Ways of Seeing. Penguin.
Crary, J. (1992). Techniques of The Observer: On Vision and Modernity in The Nineteenth Century. MIT press.
Fitryona, N. (2016). Kajian Ikonografi dan Ikonologi Lukisan A. Arifin Malin Deman II. INVENSI, 1(1), 13–25.
Foster, H. (1988). Vision and Visuality. Bay Press.
Gillian, R. (2001). Visual Methodologies: An Introduction to The Interpretation of Visual Materials. Sage.
Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices (Vol. 2). Sage.
Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Manovich, L. (2017). Instagram and Contemporary Image.
Mdk/Far. (2021). Mengenal Agan Harahap, Seniman Manipulator Foto yang Karyanya Sering Viral. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/sumut/mengenal-agan-harahap-seniman-manipulator-foto-yang-karyanya-sering-viral.html
Susanto, M. (2017). Jeihan: Maestro Ambang Nyata dan Maya. Kepustakaan Populer Gramedia.
Thabroni, G. (2018). Ekspresionisme – Pengertian, Ciri, Tokoh, Contoh & Analisis. Serupa.Id. https://serupa.id/ekspresionisme-pengertian-ciri-tokoh-contoh-analisis/
Wulandari, I. N. (2019). Kajian Estetika Fotografi pada Karya-Karya Anggota Ukm Serufo dalam Pameran Leuit. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24821/fenomen.v1i2.9579
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Fenomen: Jurnal Fenomena Seni
eISSN 2963-5799
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/fenomen/index
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0