Journal of Animation and Games Studies, Vol 10, No 1 (2024)

RANCANG BANGUN APLIKASI GAME VISUAL NOVEL PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS PRADITA MENGGUNAKAN TYRANOBUILDER

alvian abdur rahman wahid, Haryono Haryono

Abstract


Game visual novel pengenalan ruang lingkup Universitas Pradita ini merupakan sebuah game edukasi dengan genre visual novel yang mengenalkan ruang lingkup di Universitas Pradita. Game ini dibuat untuk mengenalkan ruang lingkup Universitas Pradita dikarenakan kurangnya sarana informasi yang diberikan seperti pada website Universitas Pradita. Metode pengembangan Game edukasi yang di gunakan dalam laporan ini menggunakan metode Multimedia Development life cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo (1994). Metode ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Informasi pada game ini mencakup pada lingkungan seperti ruang finance, perpustakaan, kantin, ruang auditorium dan lain-lain. Game ini menggunakan software Tyranobuilder untuk membuat game visual novel pengenalan kampus ini serta menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk pengujian pada usability. Dengan menggunakan metode SUS, diperoleh rata-rata skor yaitu 68.35 (marginal high). Hal ini menunjukan bahwa pradita tour game dinilai sudah memenuhi standar usabilitas yang seharusnya dipenuhi dari sebuah game.