Proses Kreatif Seniman pada Proyek Residensi ”Landing Soon” Tahun 2006-2009 di Rumah Seni Cemeti Yogyakarta

Elfa Olivia Verdiana

Abstract


                Penelitian ini bertujuan memahami proses kreatif seniman Indonesia dan seniman Belanda pada proyek residensi “Landing Soon” I hingga XI serta mengetahui persamaan dan perbedaan di antara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini memerlukan data berupa arsip proses kreatif sebagai data primer serta data berupa arsip karya seni sebagai data sekunder. Proses kreatif dibatasi dari segi waktu yaitu pada proyek residensi “Landing Soon” yang berlangsung pada tahun 2006-2009, dan juga dari segi lokasi yakni Rumah Seni Cemeti. Seniman yang terlibat pada proyek residensi ini sejumlah 26. Langkah penelitian yang dilakukan adalah mengumpulkan data kemudian menganalisis data. Sesuai dengan teori Alma M. Hawkins, pada proyek residensi “Landing Soon” seniman Indonesia dan seniman Belanda berproses kreatif dengan melalui tiga tahapan, yaitu: eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Persamaan proses kreatif antara seniman Indonesia dengan seniman Belanda antara lain dalam hal interaksi budaya, lokalitas, dan bidang disiplin. Persamaan-persamaan ini terbentuk karena adanya pengkondisian berdasarkan tujuan residensi “Landing Soon” itu sendiri. Perbedaannya antara lain dalam hal basic research, ide, serta media dan teknik berkarya. Beberapa perbedaan ini berakar pada aspek-aspek bawaan seniman dan kecenderungannya yang berbeda-beda.

Kata kunci: proses kreatif, residensi “Landing Soon”, seniman

References


Pustaka yang Diterbitkan

Antariksa. 2008. “Sebuah Kisah Lain Tentang Belanda Masih Jauh” dalam katalog Landing Soon #7 Wimo Ambala Bayang “Belanda Sudah Dekat”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Arahmaiani. 2008. “Memahami Struktur Birokrasi Lewat Bidikan Ralph Kamena” dalam katalog Landing Soon #6 Ralph Kamena “In Transit, Yogyakarta Bureaucracy”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Arahmaiani. 2009. “Tubuh Tak Bersalah” dalam katalog Landing Soon #10 Octora. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Budiman, Kris. 2009. “Landing Bex Soon” dalam katalog Landing Soon #9 Beatrix Hendriani Kaswara. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Dartanto, A. Sujud. 2008. “Menapak Jalan Bertelur” dalam katalog Landing Soon #7 Maarten Schepers. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Erens, Cilia. 2009. “Pengantar” dalam katalog Landing Soon #10 Cilia Erens “Soundspace Yogya & Nyepi Walk”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Hawkins, Alma M. 1964. Creating Through Dance. London: Prentice-Hall, Inc.

Hujatnikajennong, Agung. 2007. “Dunia Teriris, Lanskap Terdekonstruk” dalam katalog Landing Soon #2 Quinten Smith. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Hujatnikajennong, Agung. 2007. “Patung Organik, Estetika dari Tetumbuhan” dalam katalog Landing Soon #2 Handy Hermansyah. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Juliastuti, Nuraini. 2008. “Façade dan Pertarungan Kuasa dalam Proyek Seni Urs pfannenmuller” dalam katalog Landing Soon #8 Urs pfannenmuller. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Kurniawan, Agung. 2009. “Beri Aku Bidadari Maka Akan Aku Cetak Bidadari” dalam katalog Landing Soon #11 Wiyoga Muhardanto. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Mahatmanto. 2008. “Kunjungan Keluarga Petruk” dalam katalog Landing Soon #5 Krijn Christiaansen “Myths and Habits in The Improvised City”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Murti, Krisna. 2007. “Penjelajahan Jompet, Kesaksian Mbah Poni” dalam katalog Landing Soon #4 Jompet. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Prasad, Ugoran. 2007. “Melihat-lihat Gambar-gambar Gerak” dalam katalog Landing Soon #3 Sadewa. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Simatupang, Landung. 2008. “Mari Kita Pertimbangkan: Nyamuk!, Impresi dan Sedikit Refleksi” dalam katalog Landing Soon #5 Tintin Wulia. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Simatupang, Landung. 2009. “The Hosting Guest Rosalie Monod de Froideville” dalam katalog Landing Soon #11 Some Works and Some More Works, Rosalie Monod de Froideville. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Sunardi, St. 2009. “Muka-Kaki” dalam katalog Landing Soon #9 Elizabeth de Vaal “Disputed Area”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Supriyanto, Enin. 2007. “Now You See It, Now You Don’t…” dalam katalog Landing Soon #1 Lieven Hendriks. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Supriyanto, Enin. 2007. “WYSI Not Always WYG” dalam katalog Landing Soon #1 Sara Nuytemans. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Swastika, Alia. 2007. “Menunggu Keajaiban?” dalam katalog Landing Soon #3 Gerard Holthuis. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Wardani, Farah. 2007. “Roda-roda Gila dari Rumah Jambon, Sepeda Cetak-Mesin Pesan Arya Pandjalu” dalam katalog Landing Soon #1 Arya Pandjalu “Roda-roda Gila”. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Wardani, Farah. 2007. “The Great Unknown: Tribut Ingrid Mol untuk Patung-patung di Indonesia” dalam katalog Landing Soon #2 Ingrid Mol. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Wardani, Farah. 2008. “Potong Bebek Angsa, di Dapur Ngebul Seni Rupa: Sigit Bapak dan Pilihan Hidup Berkesenian” dalam katalog Landing Soon #8 Sigit Bapak. Yogyakarta: Cemeti Art House.

Laman

http://cemetiarthouse.com/index.php?page=residensi&cat=1&id=6〈=id. Landing Soon #4. Diakses tanggal 16 Februari 2013.

http://cemetiarthouse.com/index.php?page=residensi&cat=1&id=8〈=id. Landing Soon #6. Diakses tanggal 16 Februari 2013.

http://cemetiarthouse.com/index.php?page=residensi&cat=1&id=9〈=id. Landing Soon #7. Diakses tanggal 16 Februari 2013.

Informan

Angki Purbandono, seniman residensi Landing Soon #1. Wawancara pada tanggal 21 Juli 2014.

Nindityo Adipurnomo, pendiri Rumah Seni Cemeti Yogyakarta. Wawancara pada tanggal 3 Maret 2013.




DOI: https://doi.org/10.24821/jocia.v1i2.1754

Article Metrics

Abstract view : 527 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2442-3394 (media cetak)  || ISSN 2442-3637 (media online)


View My Stats