HUBUNGAN PERSONAL BRANDING PERUPA DENGAN ARTIST MERCHANDISE DALAM PROSES BERKARYA

Ifthinan Juanitasari

Abstract


Penelitian yang berjudul Hubungan Personal Branding Perupa Dengan Artist Merchandise Dalam Proses Berkarya bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman personal branding perupa di Yogyakarta, (2) keterkaitan personal branding dalam pengelolaan artist merchandise, (3) karya perupa diapresiasi dalam bentuk artist merchandise, serta personal branding yang baru-baru ini dilakukan seniman lewat media sosial. Berbicara tentang seniman hari ini, tidak hanya bekerja sebagai pembuat produk dan memproduksinya, tetapi juga menjual dirinya. Hal ini disebut juga personal branding, personal branding merupakan proses pembentukan kesan (image) yang ditetapkan dalam pikiran orang lain tentang individu kelompok atau organisasi. Artist merchandise juga berperan dalam usaha personal branding seniman, karena image karyanya dapat diaplikasikan pada media lain. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini berupa wawancara dan observasi langsung ke seniman dan media sosialnya. Populasi dalam penelitian ini adalah perupa yang berdomisili di Yogyakarta yang aktif berpameran dan membuat karyanya pada media lain selain media konvensional dengan berkolaborasi dengan brand lain, serta dua seniman yang memutuskan berkarya bersama pada media konvensional maupun non konvensional atau yang disebut dengan duo artist, yaitu Ronald Apriyan dan juga Rara Kuastra (Tempa). Hal tersebut diteliti untuk memberikan gambaran bahwa artist merchandise di Yogyakarta banyak digemari. Kata kunci: Profesi Seniman, Personal Branding, Artist Merchandise

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 2015. Aaker On Branding.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Alditio, Iqbal. 2016. Jurnal Tugas Akhir: Perancangan Video Blog Studis TV Sebagai Media Alternatif Informasi Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Anindita, Gisela. 2018. Strategi Portofolio Unit Bisnis Seniman (Sudi Kasus Yayasan dan CV Eko Nugroho.

Yogyakarta: Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni “Wacana, Apresiasi dan Kreasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastomi, Suwaji. 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.

Butar, Christhoper Rafael Butar

dan Dini Salmiyah Fithrah Al. 2018. Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti. Bandung: Universitas Telkom.

Dewi, Ike Janita. 2009. Creating & Sustaining Brand Equit.

Yogyakarta: Asmara Books.

Fitriyani, Nurul Laila. 2017. Perancangan Promosi Brand Handmade “Hipme” Melalui Media Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Image. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Research.

I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Junaedi, Deni. 2017. Estetika : Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai.

Yogyakarta: ArtCiv.

Maghfiroh, Mirrah Fitriana. 2017. Aplikasi Instagram Dalam Meningkatkan Eksistensi Eko Nugroho. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Marianto, M. Dwi, Terjemahan : ARTTALK (Rosalind Ragans, Ph. D., Glencoe, Mc Graw-Hill-2005), (Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 2010).

Nawawi, Handari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pranendra, Rama. 2016. Perancangan Merchandise Sarasvati Sebagai Pendukung Visual Branding Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Ragans, Rosalind. 2005. ARTTALK. Alih Bahasa: M. Dwi Marianto.

Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santo, Tris Neddy, dkk. 2012. Menjadi Seniman Rupa. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Satori, Dja’man dan Aan Komariah. 2009.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Swasty, Wirania. 2016. Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tamimy, Muhamad Fadhol. 2017.

Sharing-mu Personal Branding-mu. Jakarta: Visimedia.

Sumber Internet : https://gagosian.com/ https://insitu.id/ https://kbbi.web.id/ https://kopikeliling.com/ https://m.harianjogja.com/ https://rehartanto.art/2018/ https://qubicle.id/ https://www.academia.edu/ https://www.artnet.com/ https://www.artsy.net/collection/ https://www.dictio.id/ https://www.dgtmb.wordpress.com/ https://www.lifestyle.kompas.com/ https://www.mldspot.com/




DOI: https://doi.org/10.24821/jocia.v6i2.5091

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2442-3394 (media cetak)  || ISSN 2442-3637 (media online)


View My Stats