Kupu-Kupu Endemik Indonesia sebagai Inspirasi Pengembangan Buku Pop Up dengan Teknik V-Folding dan Internal Stand

Alit Ayu Dewantari, Gabriel Zefanya Lasut Pusung

Abstract


Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati dan memiliki sekitar 2.500 dari 20.000 jenis kupu-kupu yang ada di dunia. Dari jumlah tersebut, 50% di antaranya merupakan kupu-kupu endemik. Namun keberadaannya menjadi semakin langka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif perancangan buku pop-up agar dapat menghadirkan karya yang dinamis meskipun mengangkat objek yang memiliki bentuk serupa; serta merancang media pengenalan kupu-kupu endemik langka yang dilindungi di Indonesia kepada anak-anak dengan aplikasi pop-up, sebagai teknik rekayasa kertas yang dapat mengantar pengalaman lebih konkrit sebuah objek melalui bentuk tiga dimensi. Pop-up dirancang dengan mengedepankan prinsip keefektifan dalam perakitan produksi massal, agar dapat menyerap pekerja dan mendukung sektor ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif (deskriptif eksploratif); melalui observasi, analisis data, dan eksplorasi teknis pop-up. Hasil perancangan ini menunjukkan bahwa karya buku pop-up dapat tampil lebih dinamis dengan mengolaborasikan beberapa teknik dalam satu halaman pop-up, serta pemilihan tata letak yang berbeda-beda antar halaman satu dengan lainnya.

Keywords


buku, pop-up, kupu-kupu, endemik Indonesia

Full Text:

PDF

References


Buku

Angkowo, R.; Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Birmingham, Duncan. (2019), Pop-up Design and Paper Mechanics: How to Make Folding Paper Sculpture atau Desain Pop-up dan Mekanika Kertas, terjemahan Yasinta D.H. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Birmingham, Duncan. 2019. Pop-up Design and Paper Mechanics: How to Make Folding Paper Sculpture atau Desain Pop-up dan Mekanika Kertas, terjemahan Yasinta D.H. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Carter, David A; Diaz, James. 1999. The Elements of Pop-up. Inggris: Little Simon Publishing.

Egan, Kieran (2005), An Imagination Approach to Teaching atau Pengajaran yang Imajinatif, terjemahan Agustina Reni Eta Sitepoe (2009), Indeks, Jakarta.

Jackson, Paul. 2000, The Pop-up Book. Singapore: Anness Publishing Limited.

Rohman, Fatchur; Efendi, Muhammad A.;Andrini, Linata R. (2019), Bioekologi Kupu-kupu, Malang, Penerbit dan Percetakan Universitas Negeri Malang.

Ruslan, Hasni. 2015. Keanekaragaman Kupu-kupu. Jakarta: LPU-UNAS.

Yusuf, M.S.; Amin, S.; Bashari, H. 2019. Burung-burung di Kawasan Barat Pulau Obi. Mataram: ECOLINE – Pusat Kajian dan Pengembangan Sumber Daya.

Laman

https://ksdae.menlhk.go.id/assets/news/peraturan/P.20_Jenis_TSL_.pdf (Diakses pada Jumat, 28 April 2023, pukul 17.19 WIB)

http://www.technologystudent.com/ designpro/popup1.htm (Diakses pada Senin, 24 April 2023, pukul 13.25 WIB)

Makalah, Prosiding, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian

Karnadi, Hartono. 2015. “Perancangan Desain Grafis Jajan Pasar Indonesia”. [Tesis]. Yogyakarta: Program Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Ramadhani, Fitria; Chidtian, A.S.C.R.E.; Widyasari. 2021. “Desain Karakter Ilustrasi untuk Pembelajaran Transportasi pada Anak Berkebutuhan Khusus”. [Prosiding SNADES 2021 - Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi]




DOI: https://doi.org/10.24821/jocia.v9i2.9936

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2442-3394 (media cetak)  || ISSN 2442-3637 (media online)


View My Stats