ENIGMA: KARYA TARI VIDEO YANG TERINSPIRASI DARI TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJKs
Abstract
RINGKASAN
“Enigma” adalah koreografi yang terinspirasi dari rangsang ideasional dari film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, yang mengangkat tentang pergulatan hati Hayati sebagai gadis Minangkabau dalam menentukan pilihan cintanya. Dilema dari seorang Hayati adalah menentukan pilihan kepada Zainuddin yang tidak memiliki suku dari adat Minangkabau –ykni keturunan Bugis--atau mengikuti adat yang berlaku dan aturan dari keluarga Hayati yang harus menikah dengan lelaki yang bersuku, beradat, berlembaga, dan berketurunan yang jelas asal usulnya. Karya tari “Enigma” disajikan oleh 3 penari, dengan format tari video dengan pengambilan long take, tracking one shoot yang merupakan salah satu teknik sinematografi di dalam tari video yang menggunakan tipe tari dramatik yang diadaptasi dari visual film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Motif silat Minangkabau yang dimunculkan ialah beberapa silat Minangkabau yaitu motif dari Silek Tuo Langkah Nan Ampek, dan juga beberapa motif tari Minangkabau, seperti tari Pasambahan, dan tari Piring
ABSTRACT
This “enigma” was created and shaped into a complete choreography based on the idea or idea. This stimulus can be seen from several scenes from the movie Sinking of the Van Der Wijk Ship which concerns the dilemma. From the film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, it is taken from the outline of the interpretation of the dilemma of a Hayati between her choice of love for Zainuddin who does not have a tribe from Minangkabau customs and also the dilemma of the prevailing customs and the rules of the Hayati family who must marry a tribal, customary man, institutionalized, and hereditary with a clear origin. The dance work "Enigma" is presented by 3 dancers, in a video dance format by taking long take, tracking one shot, which is one of the cinematographic techniques in video dance that uses a dramatic dance type adapted from the visual film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. The Minangkabau silat motifs that appear are several Minangkabau silat motifs from Silek Tuo Step Nan Ampek, and also several Minangkabau dance motifs, such as the Pasambahan dance, and the Piring dance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR SUMBER ACUAN
A. Sumber Tertulis
Amrullah, Abdul Karim. 2017.
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.
Jakarta: Gema Insani
Berlian, Saudi & Jabrohim. 1995. Islam Dan
Kesenian. Jakarta: Majelis
Kebudayaan Muhammadiyah,
Universitas Ahmad Dahlan, Lembaga
Litbang PP Muhammadiyah
Guntur, 2016. Metode Penelitian Artistik.
Surakarta: Isi Press
Hadi, Y. Sumandiyo. 2004. Aspek- Aspek
Dasar Koreografi Kelompok.
Yogyakarta: ELKAPHI
Hadi, Y.Sumandiyo. 2011. Koreografi
(Bentuk – Teknik – Isi). Yogyakarta:
Cipta Media
Hadi, Y.Sumandiyo. 2017. Koreografi
Ruang Prosenium. Yogyakarta: Cipta
Media
Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi.
Bandung: CV Rosda
Hawkins, Alma M. 2003. Mencipta Lewat
Tari (Creating Through Dance)
Saduran : Y. Sumandiyo Hadi.
Yogyakarta : Manthili Yogyakarta
Hawkins, Alma. M. 2003. Moving from
Withinb. A New Method For Dance
Making. Terjemahan I Wayan Dibia,
Bergerak Menurut Kata Hati (Metode
Baru Untuk Menciptakan Tari).
Jakarta: Ford Foundation dan MSPI
Kemal, Iskandar. 2009. Pemerintahan
Nagari Minangkabau &
Perkembangannya Tinjauan tentang
Kerapatan Adat. Yogyakarta; Graha
Ilmu
La Meri. 1975. Elemen- Elemen
Dasar Komposisi Tari.Terjemahan
Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo
Lindawati. 2006. Alam Dalam Persepsi
Masyarakat Minangkabau. Padang:
Andalas University Press
Martono, Hendro.2010. Mengenal Tata
Cahaya Seni Pertunjukan.
Yogyakarta: Cipta Media
Martono, Hendro. 2012. Ruang
Pertunjukan dan Berkesenian.
Yogyakarta: Cipta Media
Miroto. Martinus. 2022. Dramaturgi Tari.
Yogyakarta: ISI Yogyakarta
M.S, Amir. 1997. Adat Minangkabau
Pola dan Tujuan Hidup Orang
Minangkabau. Jakarta Pusat: PT.
Mutiara Sumber Widya
Sani, Asrul. 2007. Persiapan Seorang Aktor.
Jakarta: Sanggar Pelakon
Smith, Jacqueline. 1985. Dance
Composition: A Pratical Guide for
teacher atau Komposisi Tari: Sebuah
Petunjuk Praktis Bagi Guru.
Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta:
Ikalasi.
Sumardjo, Jakob, 2000, Filsafat Seni.
Bandung: ITB
Sumardjo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks.
Bandung: Sunan Ambu Press
B. Narasumber
Ijen dari Bulakan Balai Kandi merupakan
seorang pendekar dan seniman daerah
sekaligus pelatih Silek Tuo Langkah
Nan Ampek di Bulakan Balai Kandi
Kota Payakumbuh
Sukri (Datuak Rajo Imbang), seorang
pendekar dan seniman dari kelurahan
Payolansek, Payakumbuh
C. Webtografi
https://id.wikipedia.org/wiki/Dilema,
diunduh ke internet pada tanggal 7 Maret
https://sumbarsatu.com/berita/12436-silekseni-bela-diri-minangkabau-dan- filosofinya/
diunduh ke internet pada tanggal 22
September 2021
https://majalahserambimadinah.com/blog/20
/07/30/442/
diunduh dari internet pada tanggal 22
September 2021
https://majalahserambimadinah.com/blog/20
/07/30/442/ diunduh dari internet pada
tanggal 22 September 2021
http//.wikipedia.com, diunduh tanggal 7
Maret 2022
https://www.pixel.web.id/sinematografi/
diunduh tanggal 22 Juni 2022
D. Diskografi
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk
dengan sutradara Sunil Soraya
diadaptasi dari novel Tenggelamnya Kapal
Van Der Wijk penulis Buya Hamka
Video karya Tugas Akhir ISI Yogyakarta
tahun 2016 dari koregrafer Yola Utari
Asmara dengan judul “Tun Fatimah”
melalui channel YouTube Gandung
Siyamsyah
Video karya Tugas Akhir ISI Yogyakarta
tahun 2014 dari koreografer Pran Radika
dengan judul “Ghase Bathin” melalui
channel YouTube Radika Tuntedja
Video karya pada tahun 1991 dari
koreografer Gusmiati Suid dengan judul
“Balega” melalui channel YouTube
Gumarang Sakti
Video karya pada tahun 1991 dari
koreografer Gusmiati Suid dengan judul
“Limbago” melalui channel YouTube
Gumarang Sakti
Video latihan Silek Tuo Langkah Nan
Ampek mengguakan sumber video dari
channel YouTube “Gema Pesta” dengan
judul “Silek tuo memakai langkah ompek”
Video contoh pengambilan kamera long take
atau one shoot dan juga penggambaran
dilema yaitu menggunakan sumber video
dari channel YouTube “Geraldorjr” dengan
judul “La La Land Ending Scene”
Video contoh pengambilan kamera long take
atau one shoot menggunakan sumber video
dari channel YouTube “Sia” dengan judul
“The Greatest”
Video contoh pengambilan kamera long take
atau one shoot menggunakan sumber video
dari channel YouTube “Screen Week TV”
dengan judul “Another Day of Sun – La La
Land Opening Scene
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v23i2.14162
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats