KAJIAN STRUKTUR PERTUNJUKAN BEKSAN AJISAKA DI KERATON YOGYAKARTA
Abstract
RINGKASAN
Beksan Ajisaka di Kraton Yogyakarta merupakan salah satu bentuk seni tari tradisional Jawa yang sarat dengan nilai budaya dan filosofi. Tulisan ini menganalisis struktur pertunjukan dengan analisis teks dengan elemen utama, seperti gerak, iringan, kostum tari, dan simbolisme yang terdapat pada Beksan Ajisaka. Struktur pertunjukan Beksan Ajisaka yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu maju gendhing, inti, mundur gendhing, masing-masing memiliki fungsi naratif dan simbolik untuk menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai kepemimpinan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Beksan Ajisaka berperan penting dalam menjaga tradisi budaya Kraton Yogyakarta. Oleh karena itu, pertunjukan ini tidak hanya sekedar hiburan, namun juga sebagai media penyampaian ajaran filosofis yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta terdapat unsur sakral dalam tarian Beksan Ajisaka.
ABSTRACT
Study of the Structure of the Beksan Ajisaka Performance at the Kraton Yogyakarta. This research focuses on analyzing the performance structure of Beksan Ajisaka in Kraton Yogyakarta, which is one of the traditional Javanese dance art forms full of cultural and philosophical values. This research uses a qualitative approach with direct observation and text analysis of the main elements of the performance, such as movement, accompaniment, dance costumes, and symbolism contained in Beksan Ajisaka. From the results of the research, the performance structure of Beksan Ajisaka which consists of three main parts: maju gendhing, tengah jogedan, and akhir, each has a narrative and symbolic function to convey moral messages and leadership values. This research also shows that Beksan Ajisaka plays an important role in maintaining the cultural traditions of Kraton Yogyakarta. Therefore, this performance is not only for entertainment, but also as a medium for conveying philosophical teachings related to daily life, and there are sacred elements in the Beksan Ajisaka dance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Sumber Acuan
Argananto, Selo., Prihartini, Nanik, Sri. (2021). “Pasihan Mataraman: Bentuk dan Struktur Gerak Tari Asmara Hastungkara”. Jorunal of Choreography and Artistic Research: CARE. 1(1): 1-8.
Devika & Elvandari, (2024). Struktur Gerak Tari Haghak Batin di Sanggar Seni Duagha Kabupaten Oku Selatan”. Jurnal Ringkang. 4(1): 94-99.
Habermen, Martin., Meisel, Tobie. (1970). Dance an Art in Academy. New York: Teacher Collerge Press.
Kartikasari, (2021) “Nilai Budaya dalam Serat Ajisaka”. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan pengajarannya DIGLOSIA. 4(2): 177-188.
Maria et al., (2021). “Tokoh Aji Saka Presepektif Ideologi dan Teologi”. Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan. Bahasa Bali. Vol. 2, No.1, 1-11.
Murgiyanto, Sal. (2002). Kritik Tari: Bekal dan Kemampuan Dasar. MSPI. Jakarta.
Ruhimat et al., (2017). “Perbandingan Teks Cerita Aji Saka dalam Tradisi Tulis Masyarakat Sunda”. Jurnal Metahumaniora. 7(1): 91-99.
Sahid, Nur. 2016. Semiotika Untuk Teater, Tari, Wayang Purwa Dan Film. Gigih Pustaka Mandiri. Semarang.
Sahid et al., (2023). The Meaning of Political Conflict in the Ketoprak “Satru IngNgepal”. Harmonia: Journal of Arts Research and Education. 23 (1), 141-153.
Sari, Femilia, Kristian, Arum., Yanuartuti, Setyo. (2017). “Kajian Struktur Pertunjukan Tari Gandhong di Desa Bangun Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Seni Budaya: GONDANG. 5(2): 71-78.
Sedyawati, Edi, dkk. (1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Soedarsono. (1972). Seni Tari: Sebuah Pengantar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian.Indonesia: STIE Indonesia.
Winanda, Citra., Desfiarni, (2023). “Struktur Pertunjukan Tari Andun dalam Upacara Perkawinan di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan: Sendratasik. 12(2): 211-219.
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v24i1.15204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats