SISTEM TERITORIAL AREA DAGANG DI PASAR BERINGHARJO

Alifa Mifty Fala, Ismael Setiawan

Abstract


Pasar merupakan ruang publik yang didalamnya terjadi berbagai aktivitas dan interaksi
sosial di antara pelakunya. Interaksi tersebut memungkinkan terjadinya konflik di antara pelakunya
khususnya untuk mempertahankan area teritori masing-masing. Penelitian ini memfokuskan
bagaimana para pedagang di pasar Beringharjo membentuk territorial selama beraktivitas dagang.
Metode kualitatif digunakan untuk menemukan fakta-fakta di lapangan. Sampel dipilih secara acak
berdasarkan komoditi yang dijual. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem teritorial yang berlaku
di pasar Beringharjo ini sangat unik, tidak mengenal hirarki ruang tetapi lebih dipengaruhi oleh
perilaku dan sikap yang berlaku di kehidupan masyarakat khususnya budaya Jawa. Kaidah-kaidah
kerukunan, rasa hormat diterapkan untuk menciptakan keselarasan dalam mengatur sistem teritori
dagang di lingkungkan pasar Beringharjo.

Keywords


teritori, pasar, budaya Jawa

Full Text:

PDF

References


Halim, D. (2006). Psikologi Arsitektur. Jakarta: PT Gramedia Widiarsa Indonesia.

Hall, E. T. (1990). The Hidden Dimension. New York, United States: Bantam Doubleday Dell Publishing Group

I1.

Magnis Suseno, F. (1988). Etika Jawa. Jakarta: PT Gramedia Widiarsa Indonesia.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v7i1.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




toto slot


https://tebas.sambas.go.id/

slot88

ora 78

Buat yang suka cari link slot gacor hoki69 maxwin tiap hari, ini tempat yang paling sering gue datengin.

ak4d

toto slot

slot gacor

kudaliar89

slot gacor hari ini

ajo89

slot gacor hari ini gampang menang

gacor66

https://agen228.id/

slot

slot777

situs toto

rtp slot












































toto 4d

SV388

Login Modal138

jago168

slot gacor

slot88

https://lunabet78.com/

SLOT GACOR

situs toto

slot thailand