Pengaruh Desain Interior Dalam Membangun Kepercayaan Klien di Kantor Notaris

Aditya Zaidan, Adivioe Candra, Elizabteh Phoebe, Lucretia Jessica

Abstract


Notaris merupakan seseorang yang bekerja pada bidang jasa dan bertugas untuk membuat data otentik berdasar Undang-undang. membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari klien agar mereka dapat bertahan didalam masyarakat. Kantor notaris sendiri akan menjadi tempat pertemuan seorang notaris dengan klien dan rekan kerja lainnya, yang secara tidak langsung dapat memberikan cerminan terhadap bagaimana kinerja dari jasa notaris tersebut. Teori menyebutkan bahwa kepercayaan juga dapat terbentuk dengan bantuan desain, desain yang baik pun juga dapat membentuk rasa aman dan nyaman pada diri seseorang yang berada di dalam ruangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam apakah sebuah desain interior dapat membantu meningkatkan kepercayaan klien pada notaris tersebut. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket kemudian dianalisis dan dibuat kesimpulan sebagai bahan dari penelitian. Dari penelitian dan pengumpulan teori yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa desain interior meliputi warna, tema, suasana, dan furniture yang digunakan pada sebuah kantor notaris, juga ikut berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan klien kepada notaris yang bersangkutan.

Keywords


kantor notaris, desain interior,

Full Text:

PDF

References


Berman, B., & Evans, J. R. (1995). Retail Management: A Strategic Approach (6th ed.). Englewood Cliffs NJ: Prentice-Hall Inc.

Caan, S. (2011). Rethinking Design and Interiors: Human Beings in the Built Environment. China: Laurence.

Firman Hidayat. (2019). firman-inside.com. Diambil kembali dari https://www.firman-inside.id/2017/01/pengertian-plywood-dan-pembagian-grade.html

Goleman, D, D., Boyatzis, R., & McKee, A. (2002). Primal leadership learning to lead with emotional intelligence. Boston Massachusetts: Harvard business Press.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Kotler, P. (1974). Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing, Vol 4 pp. 4865.

Kumar, R. (1999). Research Methodology. A Step-by-step Guide for Beginners. New Delhi: SAGE Publication.

Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. Cambridge UK: MIT Press.

Moeloeng, L. (2005). Metologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shabrina Alfari. (2020). arsitag.com. Diambil kembali dari https://www.arsitag.com/article/kaca-sebagai-bahan-bangunan

Sumber Gunung Kencana Cahaya Abadi. (2020). sgcka.co.id. Diambil kembali dari https://sgcka.co.id/dnews/10002/keunggulan-menggunakan-jendela-dan-pintu-dari-bahan-upvc.html

Xenikou, A., & Simosi, M. (2006). Organizational culture and transformational leadership as predictors of business unit performance. Journal of Managerial Psychology, Vol 21 No. 6: 566 -579.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v7i2.4898

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d