Pengaruh Atmosfir Toko Fast Fashion Terhadap Ketertarikan Berbelanja Pengunjung

Arnanti Primiana Yuniati

Abstract


Interior ritel merupakan salah satu aspek pembentuk citra merek perusahaan fast fashion. Setiap interior ritel harus merepresentasikan citra merek perusahaan diberbagai lokasi di setiap negara. Interior ritel mempengaruhi pembeli untuk berkunjung dan berbelanja pada ritel. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembeli untuk berbelanja dan mengidentifikasi peran desain dalam membentuk lingkungan toko. Dengan menggunakan metode artikel review, diketahui bahwa seluruh lingkungan toko yaitu; citra toko, desain toko, pengalaman berbelanja, dan perilaku pengguna memiliki pengaruh dalam keputusan bertransaksi. Desain ritel menjadi stimulant konsumen dalam membuat evaluasi kognitif dan respon emosi, baik itu positif dan negative, yang membuat konsumen merespon produk. Respon konsumen inilah yang menentukan terjadinya transaksi. Terdapat tahap perilaku konsumen yang mempengaruhi transaksi dan membentuk kesetiaan konsumen terhadap merek. Seluruh faktor tersebut memiliki peran penting dalam membentuk keputusan membeli produk.

Keywords


Perilaku belanja, pengalaman berbelanja, lingkungan belanja, fast fashion

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. N. (2007). CASE STUDY: CUSTOMER EVALUATIONS OF INTERIOR DESIGN ELEMENTS AND MARKETING FEATURES IN AN UPSCALE WOMEN’S APPAREL BOUTIQUE. Florida: University of Florida.

Baker, J., Parasuraman, A., Grewal, D., & Voss, G. (2002). The Influence of Multiple Store Environment Cues on Perceived Merchandise Value and Patronage Intentions. Journal of Marketing, 120-141.

Barr, V., & Charles , E. (1986). Designing to Sell. New York: McGraw-Hill Book Company.

Berman, B., & Evans, J. R. (2007). Retail Management : A Strategic Approach. New York: macmillan publishing company.

F. J., V. J. (2008). Fast Fashion, Sustainability, and the Ethical Appeal of Luxury Brands. Fashion Theory, 273-296.

Howell, D. (2002). Kmart: Improve the in-store experience-give the consumer a reason to return. DSN Retailing Today, Vol 41, No. 5.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, dan Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. (1973). The Major Tasks of Marketing Management. Journal of Marketing, 42-49.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok. Jakarta: Gramedia.

Kusumowidagdo, A. (2010). Pengaruh Desain Atmosfer Toko terhadap Perilaku Belanja: Studi atas Pengaruh Gender terhadap Respon Pengunjung Toko. Integritas, 17-32.

Lamb, W. C. (2001). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Levi, & Weitz. (2001). Retailing Management. USA: McGraw-Hill.

Martineau, P. (1958). The Personality of Retail Store. Harvard Bussiness Review, 47-55.

Maslow, H. A. (1970). Motivation and Personality . New York: Harper & Row Publisher.

Moye, L. N., & Kincade, D. H. (2003). Shopping Orientation Segments: Exploring Differences in Store Patronage and Attitude toward Retail Store Environments among Female Apparel Consumers. International Journal of Consumer Studies, 278-299.

Priyanka, S., Neha, K., & Gauvar, V. (2014). Retail Shoppability: The Impact of Store Atmospherics and Store Layout On Consumer Buying Patterns. International Journal od Scientific & Technology Research, 15-23.

Sulistya, M., & Sari, S. M. (2013). Perwujudan Brand Image dalam Penataan Interior Rotelli Shoes di Galaxy Mall. Jurnal Intra., 1-6.

Turley, L. &. (2000). Atmospheric Effect on Shopping Behavior: A Review Of The Experimental Evidence. Journal of Bussiness Research, 193-211.

Turley, L. W., & Milliman, R. (2002). Atmospheric Effect on Shopping Behavior: A Review Of The Experimental Evidence. Journal of Bussiness Research, 193-211.

Wilkie, W. L. (1994). Consumer Behavior. New York: John Wiley and Son .




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v8i1.4902

Article Metrics

Abstract view : 722 times
PDF - 758 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.