Karakteristik Ruang Pembelajaran Menggunakan Kumpulan Karya Simulasi

Octavianus Cahyono Priyanto

Abstract


Mendesain ruang pembelajaran komunal adalah sebuah proses sosial-kreatif yang diyakini dapat menghasilkan desain sesuai harapan jika melibatkan calon penggunanya sebanyak mungkin, namun pada praktiknya hal ini dianggap kurang praktis. Biasanya mereka dilibatkan pada survei preferensi visual secara pasif. Namun kini perkembangan teknologi memungkinkan sejumlah besar partisipan terlibat secara aktif membuat usulan desain melalui platform lingkungan virtual secara daring. Pada penelitian ini 178 usulan ruang pembelajaran melalui platform tersebut dikumpulkan dan dipelajari lebih lanjut dengan melibatkan 5 orang pakar. Pada tahap awal didapatkan 20,79 % mendapat nilai di atas rata-rata. Selanjutnya karakteristik dari masing-masing kelompok tersebut dianalisis dengan melibatkan 53 partisipan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran tentang preferensi pengguna mengenai desain ruang pembelajaran komunal yang ideal.

Keywords


Karakteristik Ruang Pembelajaran, Lingkungan Virtual Daring, Preferensi Pengguna

Full Text:

PDF

References


Higgins, S., Hall, E., Woolner, P., & McCaughey, C. (2005). The impact of school environments: A literature review. London: Design Council.

Nagamachi, M., & Lokman, A. M. (2010). Innovations of Kansei Engineering (1st ed.). Florida: CRC Press.

Priyanto, O. C., & Peng, C. (2018). Influences of visual preferences expressed by participants on early stage of learning space design: an interactive parametric modelling study. Architectural Science Review, 454-466. https://doi.org/10.1080/00038628.2018.1483887

Richens, P., & Trinder, M. (1999). Design participation through the Internet: A case study. Architectural Research Quarterly, 361-374. https://doi.org/10.1017/S1359135500002256

Sanoff, H. (1990). Visual Research Methods in Design. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Vosinakis, S., Azariadis, P., & Sapid, N. (2007). A Virtual Reality Environment Supporting the Design and Evaluation of Interior Spaces. 4th International INTUITION Conference (hal. 43-51). Athens, Greece: Interaction Design Foundation.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v8i2.5200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

toto4d

JMTOTO

rr777

dewaslot88

linksundrechts.com

beton138

https://10x.respark.iitm.ac.in/

fyp805

luna805

juraganslot

borneo303

slot demo

Nusantara4d

pan4d

slot777

slot777

https://iahmed.buet.ac.bd/

slot gacor gampang maxwin

situs gacor

https://sidangmakmur.desa.id/sida/

ak4d

cod178

sbobet login

BOS898

BOS898

gerhanatoto

https://aditya.ac.in/

sakutoto

slot777

dayak777