Karakteristik Ruang Pembelajaran Menggunakan Kumpulan Karya Simulasi

Octavianus Cahyono Priyanto

Abstract


Mendesain ruang pembelajaran komunal adalah sebuah proses sosial-kreatif yang diyakini dapat menghasilkan desain sesuai harapan jika melibatkan calon penggunanya sebanyak mungkin, namun pada praktiknya hal ini dianggap kurang praktis. Biasanya mereka dilibatkan pada survei preferensi visual secara pasif. Namun kini perkembangan teknologi memungkinkan sejumlah besar partisipan terlibat secara aktif membuat usulan desain melalui platform lingkungan virtual secara daring. Pada penelitian ini 178 usulan ruang pembelajaran melalui platform tersebut dikumpulkan dan dipelajari lebih lanjut dengan melibatkan 5 orang pakar. Pada tahap awal didapatkan 20,79 % mendapat nilai di atas rata-rata. Selanjutnya karakteristik dari masing-masing kelompok tersebut dianalisis dengan melibatkan 53 partisipan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran tentang preferensi pengguna mengenai desain ruang pembelajaran komunal yang ideal.

Keywords


Karakteristik Ruang Pembelajaran, Lingkungan Virtual Daring, Preferensi Pengguna

Full Text:

PDF

References


Higgins, S., Hall, E., Woolner, P., & McCaughey, C. (2005). The impact of school environments: A literature review. London: Design Council.

Nagamachi, M., & Lokman, A. M. (2010). Innovations of Kansei Engineering (1st ed.). Florida: CRC Press.

Priyanto, O. C., & Peng, C. (2018). Influences of visual preferences expressed by participants on early stage of learning space design: an interactive parametric modelling study. Architectural Science Review, 454-466. https://doi.org/10.1080/00038628.2018.1483887

Richens, P., & Trinder, M. (1999). Design participation through the Internet: A case study. Architectural Research Quarterly, 361-374. https://doi.org/10.1017/S1359135500002256

Sanoff, H. (1990). Visual Research Methods in Design. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Vosinakis, S., Azariadis, P., & Sapid, N. (2007). A Virtual Reality Environment Supporting the Design and Evaluation of Interior Spaces. 4th International INTUITION Conference (hal. 43-51). Athens, Greece: Interaction Design Foundation.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v8i2.5200

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 463 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.