KAJIAN PERAN SKETSA DALAM PROSES KREATIF DAN PENDIDIKAN DESAIN (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital)

Mahdi Nurcahyo

Abstract


Pendidikan desain sebagai model pendidikan kreativitas terapan yang di dalamnya terdapat beragam disiplin ilmu terus mengalami tantangan dan perubahan. Model pendidikan ini memiliki variasi teknik latihan yang berbeda-beda guna memantik imajinasi dan kreativitas seseorang. Pendekatan desain yang diperkenalkan selama proses merancang, yang membentuk dasar atau pondasi dalam pendidikan desain memperoleh makna melalui sketsa “freehand” sebagai alat komunikasi yang dianggap efektif untuk profesi desainer. Sketsa memiliki fungsi praktis untuk memastikan pengenalan objek kasus dan pengembangan ide solusi yang cepat, juga berfungsi sebagai media ekspresi visual. Kemajuan teknologi digital yang begitu pesat hari ini membawa kemampuan freehand pada media digital dimana publik menyebutnya dengan “manual rasa digital”. Penelitian ini bertujuan untuk membahas “proses sketsa” yang dilakukan mahasiswa desain interior di Yogyakarta dan pentingnya proses sketsa dalam pendidikan seni dan desain. Melalui kajian ini, pada hakikatnya kemampuan sketsa freehand sangat penting untuk bidang desain (komunikasi visual, produk, interior) dan itu adalah keterampilan dasar yang harus digiatkan dan ditingkatkan melalui pendidikan.


Keywords


Pendidikan Desain, Proses Sketsa, Berpikir Kreatif, Estetika Visual

Full Text:

PDF

References


Adıgüzel, D., Kutlu, R., Ormancı, S., Tosun, V. (2012a, b). Interior Architecture Project Studio Experience in the Section of Design-Application İÇMEK / Interior Architecture Education National Congress II, İstanbul, Turkey. 20 December 2012. page 65, 131.

Dodworth, S. (2012). Elements of Interior Design. AVA Book Production Pte Ltd. Edwards, B. (1979). Drawing on the Right Side of Brain. LA, JP Torcher.

Goldschmidt. (1991). Dialectics of Sketching. Creative Research Journal, 4 (2), page 123–143.

Nurcahyo, M. (2013). Karakter Formal Arsitektur Dan Desain Interior Karya Ridwan Kamil (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Nurcahyo, M. (2022). Metode Eksplorasi Anyaman Tradisional untuk Pembelajaran Desain Fabrikasi Interior. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 25(1), 85-90.

Silav, M. (2013), Sketch in Design Education, European Journal of Research on Education, Art in Education, page 40.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Yakın, B. (2012a, b). An Analytical Approach to Relationship of Visual Thinking and Visual Expression in Design Process. Hacettepe University Faculty of Fine Arts. Master Thesis.

Yi-Luen Do, Ellen. (2005). Design sketches and sketch design tools. Knowledge-Based Systems 18, page 383–405.

http://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-projectbased-learning (diakses tanggal 17 April 2022)

https://www.bostonmagazine.com/restaurants/2016/04/25/george-howell-coffee-boston (diakses tanggal 19 April 2022)

Wawancara Diskusi dengan Informan Kunci

Wawancara Mahdi Nurcahyo dengan Hendro Purwoko, M.Sn., PSDI ISI Yogyakarta, Oktober 2013.

Wawancara Mahdi Nurcahyo dengan Desainer Jaya Ibrahim, International Design Lunch, Pacific Palace Jakarta, 3 Desember 2014.

Diskusi Mahdi Nurcahyo dengan Adi Surya, S.Sn., HDII., Design Talk Ekologia ISI Yogyakarta, Desember 2021.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v10i2.7199

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d