Revitalisasi Ruang Pameran Galeri Nasional Indonesia melalui Inovasi Teknologi, Studi Kasus: Area Pameran Gedung B
Abstract
Bangunan umum terus berkembang dan dilengkapi dengan IoT untuk memenuhi kebutuhan yang praktis dan efisien. Layaknya Galeri Nasional Indonesia (GNI) memerlukan adaptasi ulang dengan kemajuan era mendatang yang tidak lain yaitu sebuah teknologi bersama Internet of Things (IoT) yang akan meningkat pesat sekian waktu. Permasalahan yang paling menonjol yaitu bagaimana cara mewujudkan IoT dan teknologi yang baik ke dalam interior GNI. Dari semua hal tersebut, perancangan GNI untuk penelitian kali ini tertuju kepada ruang pameran gedung B. Tujuan perancangan yang utama ialah untuk mewujudkan IoT dan teknologi yang baik ke dalam interior GNI dan untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai landasan dalam penelitian. Metode perancangan desain Rosemary dan Otie Kilmer, metode desain dibagi 2 bagian dengan 8 tahapan. Untuk perancangan galeri ini berkonsep teknologi dengan IoT menggunakan aplikasi di perangkat gadget kini merubah kebutuhan masyarakat khususnya ruang aktifitas masyarakat. Pengimplementasian teknologi serta IoT ke dalam ruang pameran tetap GNI yaitu dengan video mapping blinds dan motion sensor. Ruang pameran tetap akan memberikan dampak interior galeri yang dapat meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap situasi wilayah ruang publik tersebut. Hal itu pula yang dapat mempermudah saluran informasi yang akan berguna untuk kualitas hidup masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmadi, T. (2019). REVITALISASI DESAIN INTERIOR MUSEUM KEBANGKITAN NASIONAL JAKARTA. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain Interior. https://doi.org/10.24821/lintas.v6i1.3044
Kilmer, R & Kilmer, W. O. (2014). Designing Interiors 2nd Edition (Second, Vol. 2). John Wiley & Sons, Inc.
Priyanto, O. C. (2021). Karakteristik Ruang Pembelajaran Menggunakan Kumpulan Karya Simulasi. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain Interior. https://doi.org/10.24821/lintas.v8i2.5200
Retno Sri Ambarwati, D. (2012). ANTARA DESAIN INTERIOR DAN DEKORASI INTERIOR SEBUAH KAJIAN KOMPARATIF. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior. https://doi.org/10.24821/lintas.v2i3.24
Sulistyawati, D. (2021). Tantangan Desainer Interior Pada Manusia Dan Kebutuhan Ruang Di Era Teknologi Informasi. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10698002_2A220222124637.pdf
Utama, E. N., Nayadilaga, A. R., & Mutiara, M. W. (2022). Renovasi Museum Seni Rupa dan Keramik dengan Konsep “Preserving Art in Betawi Heritage.” Mezanin, 4(2), 35–44.
Handayani, D. (2020). Galeri Nasional Indonesia : Wisata Edukasi – Kultural. Retrieved from Artikel Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat: https://sudinpusarjakpus.jakarta.go.id/?p=6527#:~:text=Sejarah%20Gedung%20Galeri%20Nasional%20Indonesia&text=Pada%20tahun%201900%20gedung%20ini,Alting%20(%201837%2D1935).
Herlly, B. (2020). Perancangan Interior Museum B.J Habibie Di Bandung. Bandung.
Matos Silva, M. (2020). Public Spaces for Water : A Design Notebook. Leiden: CRC Press/Balkema.
Rosita, A. (2018). Galeri Kerajinan di Kota Klaten dengan Pendekatan Arsitektur Neo Vernakular. Yogyakarta: UAJY.
Susanto, M. (2004). Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta: Galang Press.
Tempo, K. (2013). Galeri itu Bukan Museum. Jakarta, Indonesia: Koran Tempo.
Yudho Yudhanto, A. A. (2019). Pengantar Teknologi Internet of Things (IoT). Yogyakarta: UNS Press.
DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v11i2.9323
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 1978-0702 (media cetak) | ISSN 2580-6521 (media online)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.