Pelatihan Pola Ritme Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembalajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Kustap Kustap, Ikhsan Lubis

Abstract


Pola ritme merupakan elemen musik utama yang berkaitan langsung dengan gerakan waktu dalam musik, di mana waktu selalu bergerak dan mengatur kestabilan rasa musikal. Pola ritme sangat mentukan ketepatan hitungan dalam permainan gitar tunggal, dan bermain anasambel gitar. Pola ritme merukan objek material penelitian sedangkan proses pelatihan pola rime dalam pembelajaran mata kuliah instrumen gitar merupakan objek formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan tindakan kelas dengan teknik pengupulan data triangulasi, sedangkan proses analisis data menggunakan model interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi latihan pola ritme yang disesuaikan dengan tanda sukat yang ada pada materi yang berupa lagu yang akan dilatih dengan instrumen gitar.

 

moving and regulating musical stability. Rhythm patterns really determine the accuracy of counts in a single guitar game, and play guitar ensembles. Rhythm patterns are research material objects while the rime training process in learning guitar instrument subjects is a formal object. The method used in this study is a qualitative method and class action with the technique of collecting triangulation data, while the data analysis process uses an interactive model. The results obtained from this study are the rhythmic pattern training strategies that are tailored to the signs of sukat that are in the material in the form of songs that will be trained with guitar instruments.

Keywords: Rhythm pattern; training; learning; guitar


Keywords


rhythm patterns; training; learning; guitar

Full Text:

PDF

References


Arnold, Jay, [1972]. Carcassi Clasical Guitar Method, California Music Press, Miami Beach, Fla.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi, [2016]. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Asara, Jakarta.

Bakan, Michael B., [2012]. World Music: Tradition And Transformations, second edition, McGraw Hill Componies.

Creswell, John W, [2014]. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, (penerjemah: Acmad Fawaid), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Dewi, Octavia Rosiana, [2013], “Konsep Minimax Slamet Abdul Sjukur dalam Musik Uwek-Uwek”, dalam Resital Jurnal of Performing Art, Volume 14 No. 2-Desember 2013.

Dorrell, Philip, [2005]. Whyat is Music, http://whatismusic.ifo/.

Gathut Bintarto T, A., [2015], “Strategi Pengelolaan Materi Musikal dan Teknis Paduan Suara (Studi Kasus Pengalaman Aktivitas, Pentas, Lomba, dan Penjurian)” dalam Promusika Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, Volume 3 No. 2, Oktober 2015: 25-38.

Griffiths, John (ed.), [1995], Guitar, AMEB, Allans Publishing Pty., Melbourne.

Indrawan, Andre, [1998]. “Upaya Peningkatan Kualitas Studi Gitar Pada Jenjang Studi D3 dan S1 Melalui Tugas Akhir Resital”, (laporan hasil penelitian) LPM ISI Yogyakarta.

Indrawan, Andre (ed), [2005]. “Bahan Praktikum Etude dan Lagu Gitar 1 KB13011”, Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta.

Indrawan, Andre (ed), [2005]. “Bahan Praktikum Etude dan Lagu Gitar 3 KB13013”, Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta.

Indrawan, Andre (ed), [2005]. “Bahan Praktikum Etude dan Lagu Gitar 5 KB13015”, Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta.

Indrawan, Andre dan Kustap, [2014], “Proses Pembelajaran Mata Kuliah Ensembel Pada Program Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi Seni Indonesia”, dalam Prosiding Seminar Nasional Festifal Kesenian Indonesia Ke-8, Spirit of The Fiture: Art for Humanizing, BP ISI Yogyakarta: 147-160.

Indrawan, Andre dan Kustap, [2015]. “Adaptasi Konserto pada Ensambel Gitar sebagai Upaya Pengayaan Bahan Ajar Matakuliah Ensambel”, dalam Jurnal Resital Vol. 16 No. 2, Agustus 2015: 95-103.

Jones, George Thaddeus, [1974]. Music Theory, Barnes and Noble Books, New York.

Kreter, Leo, [1976]. Sight & Sound: A Manual Of Aural Musicianship Vol. 1, New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

Kreter, Leo, [1976]. Sight & Sound: A Manual Of Aural Musicianship Vol. 2, New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

Machlis, Joseph, [1963]. The Enjoyment of Music, W.W. Norton and Company Inc, New York.

Prasetiyo, Ayub, dan Muh. Idham Kholid, [2016], Body Percussion Sebagai Model Pembelajaran Pada Mata Kuliah Metode Kelas Perkusi, Laporan Penelitian, ISI Yogyakarta.

Rossi, Nick and Rafferty, Sadie, [1963], Music Through The Centuries, Boston Bruce Humphries.

Scholes, Percy A., [1978]. The Concise Oxford Dictionary Of Music, Oxford University Press, London.

Sugiyono, [2011]. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, CV Alfabeta, Bandung.

Summerfield, Maurice J., [2002]. The Classical Guitar Its Evolution, Players and Personalities Since 1800, Fifth Edition, Ashley Mark Publishing Gompany.

Toussaint, Godfried T., [2013], The Geometry of Musical Rhythm, what makes a “good” rhythm good?, CRC Press, New York.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.2473

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROMUSIKA



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)