Teknik Vokal dan Pembawaan Lagu Keroncong Stambul “Tinggal Kengangan” Ciptaan Budiman BJ oleh Subarjo HS

Nadya Rany Sekar Pambajeng, Suryati Suryati, Musmal Musmal

Abstract


Artikel ini disarikan dari penelitian yang berjudul “Teknik Vokal Dan Pembawaan Lagu Keroncong Stambul “Tinggal Kenangan” Ciptaan Budiman BJ Oleh Subardjo HS”. Ada beberapa permasalahan yang menjadi alasan untuk melakukan penelitian lebih mendalam dan hasilnya dapat digunakan sebagai referensi tambahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai pendekatan dalam menggali data-data serta tahapantahapan yang harus dilalui sesuai dengan prosedur. Sumber-sumber data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam meneliti teknik vokal dan pembawaan lagu keroncong stambul “Tinggal Kenangan” ciptaan Budiman BJ, terlebih dahulu menganalisa seputar teknik vokal keroncong, bentuk dan karakter lagu stambul. Setelah melakukan analisis pada teknik vokal dan pembawaan lagu keroncong stambul “Tinggal kenangan” ciptaan Budiman BJ, selanjutnya melakukan wawancara kepada beberapa pelaku musik keroncong, meliputi pelaku yang mempunyai latar belakang akademisi serta pelaku yang memang seorang praktisi musik keroncong. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa teknik dan pembawaan lagu keroncong stambul “Tinggal Kenangan” ciptaan Budiman BJ mempunyai karakter dan ciri khas lagu yang mendayu, dan dibawakan dengan teknik dan improvisasi sesuai dengan pembawaan Subardjo HS.

 

This article is extracted from a study entitled “Vocal Technique And Stylized Keroncong Stambul Song“Tinggal Kenangan” Budiman BJ creation by Subardjo HS”. There are a number of problems that are Reasons for doing more in-depth research and the results can be used as additional references. This sudy uses qualitative descriptive research methods as an approach in exploring the data and the stages that must be passed in accordance with the procedure. Data sources were obtained through observation, interviews, and documentation. In researching vocal technique and stylized keroncong stambul song Tinggal Kenangan Budiman BJ creation, especially first analyzing the keroncong vocal technique, the form and character of the stambul song, after analyzing the vocal technique and stylized keroncong stambul song Tinggal Kenangan Budiman BJ creation, then interviewing some actors keroncong music, including actors with background behind academics and practitioners of keroncong music. From the result of the study, it can be seen that the Vocal Technique And Stylized Keroncong Stambul Song Tinggal Kenangan Budiman BJ creation has the characteristic song and presented with technique and improvisation in accordance with styled by Subardjo HS.

Keywords: vocal technique, styled, keroncong stambul


Keywords


teknik vokal; pembawaan; keroncong stambul

Full Text:

PDF

References


Becker, J. (1975). Keroncong Indonesia Popular Music. Southeast Asia: Asian Music, Volum VII, No. I.

BJ, B. (1979). Mengenal Keroncong Dari Dekat. Jakarta: Perpustakaan Akademi Musik Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta.

Ganap, V. (2011). Kerontjong Toegoe. Yogyakarta: Badan Penerbit Institut Seni Indonesia.

Harmunah. (1987). Sejarah. Gaya dan Perkembangan Musik Keroncong. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi Yogyakarta.

Kusbini. (1976). Sejarah Kehidupan Perkembangan dan Asal Usul Musik Kerontjong Indonesia. Yogyakarta: Sanggar Olah Seni Indonesia.

Lisbijanto, H. (2013). Musik Keroncong. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasution. (1988). Langkah-langkah Penelitian. Jakarta. Pramayuda. (2010). Teknik Bernyanyi. Yogyakarta: Kanisius.

Pranadjaja. (1976). Seni Menyanyi. Jakarta: C.V Baru.

Sanjaya, S. (1985). Mengenal Instrumen Flute. Yogyakarta: Sekolah Menengah Musik.

Soeharto, A. S. (1996). Serba-Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.

Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:alfabeta.

Suryati. (2017). Teknik vokalisasi Seni Baca Al-Quran Dalam Musabaqoh Tilawatil Qur'an. Yogyakarta: Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Widjajadi, R. A. (2007). Mendayung di Antara Tradisi dan Modernitas (Sebuah Penjelajahan Ekspresi Budaya Terhadap Musik Keroncong). Yogyakarta: Hanggar Kreator.

Wiranto. (1994). Diktat Ilmu Karawitan. Surakarta: Konservatori Karawaitan.

Nurbeni, Ismunandar, Diecky Kurniawan Indrapraja. 2014. Peningkatan Keterampilan Menggunakan Gitar Akustik dengan Metode Tutor Sebaya di SMP. Jurnal: Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FKIP UNTAN, Pontianak

Setyo Kurniawan Saputro. 2013. Peningkatan Kompetensi Bermain Gitar dengan Media Gambar pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi: Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suyono dan Hariyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Wijaya Kusumah dan Dedi D Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Dua. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.3166

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROMUSIKA



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)