Implementasi Materi Musik Berdasarkan Kurikulum Tematik 2013 Sekolah Dasar di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta

Ayu Tresna Yunita, Ayub Prasetiyo, Aditya Tri Anggara Astanta

Abstract


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, maka sekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas mulai memberlakukan kurikulum 2013. Kurikulum tematik  2013 untuk  Sekolah Dasar terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi dasar. Pembelajaran seni khususnya seni musik termasuk dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Penelitian tentang implementasi pelajaran seni musik berdasarkan kurikulum tematik 2013 di sekolah dasar yang berada di kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran pendidikan SBDP khususnya seni musik dan apakah hasil kompetensinya bisa tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Tujuh Sekolah Dasar diambil sebagai sampel populasi dari total duapuluh tiga Sekolah Dasar di Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Informasi informasi dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengajaran SBDP seni musik yang diajarkan oleh guru kelas, hasilnya belum sesuai dengan capaian kompetensi pada kurikulum 2013. Hal ini antara lain disebabkan karena kurang adanya pelatihan atau diklat tentang pengajaran seni musik sekolah dasar bagi guru kelas dan guru pengampu SBDP tidak memiliki latar belakang pendidikan seni khususnya seni musik. Kendala dan kesulitan bisa diatasi antara lain dengan membuat metode atau modul pengajaran music untuk sekolah dasar, mengadakan workshop, seminar dan pelatihan seni musik.

Abstract

Implementation of Music Material Teaching Based on Thematic Curriculum 2013 in Elementary School in Sewon Bantul District, Yogyakarta. Based on the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia No. 81A of 2013 concerning the Implementation of the 2013 Curriculum, schools from Elementary to Senior High level began to apply the 2013 Curriculum. The 2013 thematic curriculum for Elementary School consists of core competencies and essential competencies. Learning art, especially music, is included in Cultural Arts and Crafts (SBDP). Research on the implementation of music lessons based on the 2013 thematic curriculum in several elementary schools in the Sewon district of Bantul Yogyakarta aimed to find out how SBDP education teaching, especially the art of music, and whether the competency result by achieved. This study used quantitative research methods. Seven out of twenty-three elementary schools were chosen as population samples in Sewon District, Bantul, Yogyakarta. Information was collected using questionnaires and interviews. The results of SBDP teaching of music art taught by classroom teachers are not following the competency achievements in the 2013 curriculum. The partly due to the lack of training or education and training on teaching music art for elementary school teachers, and SBDP teachers themselves do not have an art education background, especially music. This paper suggested solutions to overcome obstacles and difficulties by making methods or modules for teaching music at the elementary school level, holding workshops, seminars, or training in the art of music

Keywords: implementation; 2013 curriculum; music

Keywords


implementasi; kurikulum 2013; seni musik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2103. PT Refika Aditama.

Ardipal. (2010). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan. Komposisi, 11. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i1.69

Desyandri, D., Zuryanty, Z., & Mansurdin, M. (2020). Pelatihan Pembelajaran Seni Musik sebagai Sarana Literasi Budaya untuk Guru Sekolah Dasar Music Arts Learning Training as a Means of Culture Literation for Elementary School Teachers. Pengabdianmu, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1022

Djohan. (2020). Psikologi Musik. PT Kanisius.

Ftriani, Y. (2014). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study: Studi Kasus di SDN Jawilan, Serang. Resital, Jurnal Seni Pertunjukan, 15. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847

Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. 106.

Hardani, & Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah

Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, No. 3. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Nainggolan, O. T. P., & Martin, V. A. (2019). Pembelajaran Musik Kreatif Dalam Sudut Pandang Pembelajaran Abad ke-21. Promusika, 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v7i2.3454

Ridwan. (2016). Pembelajaran Seni Musik Tematik Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Ritme, 2 no.2, 18–28.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.

Satriyo, & Setyani, G. A. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Musik Melalui Permainan Ansambel Musik. Perpektif Ilmu Pendidikan, 27. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.272.4

Siyoto, S., & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi edia Publishing.

Suprayitno, S., Yermiandhoko, Y., & Mulyani, M. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Seni Budaya dan Prakarya Kurikulum 2013 Bagi Guru SD di Kecamatan Wonosalam Jombang. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1). http://prosiding.lppm.unesa.ac.id/index.php/semnasppm2018/article/view/135

Widodo, T. W. (2015). Pembelajaran Aransemen Musik Berbasis Teknologi Komputer di Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 3(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1695

Witantina, A., Budyartati, S., & Tryana, S. D. (2020). Implementasi pembelajaran lagu nasional pada pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v9i1.5774

Article Metrics

Abstract view : 542 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)