Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Ensambel Gitar pada Program Studi Sarjana Musik Melalui Aransemen Lagu Suwe Ora Jamu
Abstract
Abstrak
Materi pembelajaran ensemble gitar di perguruan tinggi seni di Indonesia hingga saat ini masih menggunakan repertoar komposer internasional dengan jumlah terbatas. Penerapan materi pembelajaran yang sama setiap semester tidak hanya membosankan bagi mahasiswa tetapi juga bagi dosen. Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya repertoar pembelajaran ensemble gitar melalui pembuatan aransemen dari konten lokal dalam hal ini adalah Suwe Ora Jamu dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian meliputi tempat penelitian, yaitu kampus Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta, dan responden, yaitu mahasiswa ansambel gitar. Kegiatannya adalah menyusun dan melatih hasil aransemen. Sedangkan subjek penelitian adalah peneliti sendiri. Tahap penelitian dimulai dengan cara menemukan dan memilih lagu daerah Indonesia untuk menyusun dan mengatur lagu, kemudian melatih mahasiswa untuk bermain aransemen, dan tampil dalam simulasi konser belajar di kelas. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototipe aransemen ensemble gitar dengan sumber lagu-lagu daerah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almqvist, C. F. (2019). Towards offering equal learning opportunities for female students in popular music ensemble education: relate, respond, and re-do. In Music Education Research (Vol. 21, Issue 4, pp. 371–386). https://doi.org/10.1080/14613808.2019.1633293
Chaiya, J., & Bowman, J. (2021). The Development of Curriculum Content for the Study of Undergraduate Applied Trumpet in Thailand. Malaysian Journal of Music, 10(1), 12–24. https://doi.org/https://doi.org/10.37134/mjm.vol10.1.2.2021
Hamacher, A. (2021). Convergent Publishing Workflow for Online Classes Teaching Materials from Meta Formats. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(11), 211–224. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.21433
Indrawan, A., & Kustap, K. (2015). Adaptasi Konserto pada Ensambel Gitar sebagai Upaya Pengayaan Bahan Ajar Matakuliah Ensambel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16(2), 95–103. https://doi.org/10.24821/resital.v16i2.1509
Jiuliang Li, & Wang, Q. (2021). Development and validation of a rating scale for summarization as an integrated task. In Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s40862-021-00113-6
Jones, G. T. (1974). Music Theory. Barnes and Noble Books.
Kohno, A., Daglui, M., Farid, N. D. N., Aziz, N. A., & Nakayama, T. (2021). Development of Early Marriage Attitude Scale_ A Multi-Dimensional Scale for Measuring the Attitudes Toward Child Marriage _ Enhanced Reader.pdf. Sage Open, July-Septe(Original Research), 1–12. https://doi.org/10.1177/215824420211037674
Kustap, Arifiandi, M. S. I., & Nugroho, B. W. (2018). Pelatihan Akor Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar Klasik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta (Laporan Pe). LPPM ISI Yogyakarta.
Kustap, K., & Lubis, I. (2019). Pelatihan Pola Ritme Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembalajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Promusika, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.2473
Liu, D., & Zhang, H. (2021). Developing a New Model for Understanding Teacher Satisfaction With Online Learning. SAGE Open, July-Septe, 1–16. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/21582440211036440?ai=2b4&mi=ehikzz&af=R&utm_source=researcher_app&utm_medium=referral&utm_campaign=RESR_MRKT_Researcher_inbound
Machimapero, W. (2021). Innovating local-related learning content of environmental education for Klong Roi Sai communities in Bandon Bay area. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42, 577–584. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09490-w
Machlis, J. (1963). The Enjoyment of Music. W.W. Norton and Company.
Miller, M. (2007). Arranging and Orchestration: a note-by-note approach to creating great-sounding arrangements. Alpha Book.
Müller, V., Sänger, J., & Lindenberger, U. (2018). Hyperbrain network properties of guitarists playing in quartet. Annals of the New York Academy of Sciences, 1423(1), 198–210. https://doi.org/10.1111/nyas.13656
Nick Rossi. (1963). Music through the centuries. Bruce Humphries.
Piston, W. (1978). Harmony (Revised an). Victor Gollancz Ltd.
Prasetiyo, A., & Kholid, Muh. I. (2016). Body Percussion Sebagai Model Pembelajaran Pada Mata Kuliah Metode Kelas Perkusi.
Prieto, M., & Rujas, J. (2020). Transitions to post-compulsory education in Madrid: The weight of political and institutional factors | [Transiciones a la educación posobligatoria en Madrid: El peso de los factores políticos e institucionales]. In Papers. Revista de Sociologia (Vol. 105, Issue 2, pp. 183–209). https://doi.org/10.5565/rev/papers.2777
Sahid, N. (2019). Panduan Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Vol. 2). LPPM ISI Yogyakarta.
Seifert, S. (2021). Is Reading Comprehension Taken for Granted? An Analysis of Austrian Textbooks in Fourth and Sixth Grade. Technology, Knowledge and Learning, 26(2), 383–405. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09490-w
Strube, G. (1928). The Theory and Use of Chords: A Text-Book of Harmony. Oliver Ditson Company.
Wöllner, C. (2020). Call and response: Musical and bodily interactions in jazz improvisation duos. In Musicae Scientiae (Vol. 24, Issue 1, pp. 44–59). https://doi.org/10.1177/1029864918772004
DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.5844
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik
P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)