Semut Rangrang (Oecophylla Smaragdina) dan Benda-benda Berteknologi dalam Fotografi Ekspresi
Abstract
Abstrak
Fotografi ekspresi merupakan ungkapan jiwa yang mengutamakan ekspresi jati diri pribadi
seseorang yang diekspresikan dalam karya seni murni. Penulis mengekspresikan apa yang ada
dalam pikiran berupa fantasi dan kebebasan yang tidak membatasi ide penciptaan. penciptaan
ini menggunakan metode ide, referensi, dan eksplorasi. Foto ini menampilkan objek semut
rangrang (Oecophylla smaragdina) yang merespons benda-benda berteknologi seperti halnya
manusia sekarang yang hampir tidak dapat dipisahkan lagi dengan perkembangan teknologi.
Semut adalah representasi manusia karena semut memiliki makna sebagai serangga yang
tergolong serangga sosial yang kehidupannya saling bekerja sama dan saling menolong seperti
halnya manusia. Karya yang penulis ciptakan diharapkan memiliki daya ganggu yang memicu
emosional dan memunculkan berbagai interpretasi kepada khalayak ramai.
Abstract
Weaver Ants (Oecophylla Smaragdina) and High Technology Objects in Fine Art
Photography. Fine art photography is an expression of one’s soul that promotes the expression
of personal identity as expressed in a work of fine art. The author expresses what is in the mind
in the form of fantasy and freedom that does not restrict the idea of creation. The creation
itself involves ideas, references and exploration. The photos depict weaver ants (Oecophylla
Smaragdina) responding to hi-tech objects just like human who cannot be separated from
the development of technology. Ants are representations of human being because ants are
included in the group of social insects that work in groups and help each other as human being
do. The works created here are expected to have a certain interference power which could
trigger emotional feeling and raise various interpretations for the general public.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barbaum, Bruce. 2010. The Art of Photography:
An Approach to Personal Expression.
California: Rocky Nook Inc.
Breton, Andre. 1969. Manifestoes of Surrealism.
Ann Arbor: The University of Michigan
Press.
Clark, Tom. 2011. Digital Photography
Composition for Dummies. Indiana:
Wiley Publishing, Inc.
Feiniger, Andreas. 1965. The Complete
Photographer atau Unsur-Unsur
Utama Fotografi. Terjemahan R.M.
Soelarko.1999. Semarang: Dahara
Publishing.
Harlan, I. 2006. Aktivitas Pencarian Makan
dan Pemindahan Larva Semut Rangrang
Oecophylla Smaragdina (Formicidae:
Hymenoptera). Bogor: IPB.
Lutfi, Andian. 2012. Indonesia Macro
Photobook. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Soedarso Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan,
Estetika, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta:
BP ISI Yogyakarta.
Soedjono, Soeprapto. 2007. Pot-Pourri
Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.
Sontag, Susan.1973. On Photography. New
York: Rosseta Books.
Sumartono. 1992. “Orisinalitas Seni Rupa
Indonesia, Pengetahuan dan Penciptaan”.
SENI, No. II/02, BP ISI Yogyakarta.
Tedjoworo. 2001. Imaji dan Imajinasi.
Yogyakarta: Yayasan Adikarya dan The
Ford Foundation.
Tim IT Works. 2014. Trik Fotografi Makro
Kreatif. Jakarta: PT Grasindo.
Wolmen, Benjamin B. 1981. Contemporary
Theories and Systems in Psychology.
New York: N.Y.10011.
Pustaka Laman
h t t p s : / / i n d o n e s i a p r o u d . w o r d p r e s s .
com/2011/01/17/andiyan-lutfi-fotomakronya-
jadi-headline-di-rubrikdailymail-
inggris/29, diakses pada 29
Maret 2016, pukul 10:11 WIB.
DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1427
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.