Film Animasi 2D Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Yamato dengan Teknik Parallax

Amelia Agustina Herlijanto, Edbert Christian Wenata

Abstract


Peristiwa perobekan bendera di hotel yamato merupakan salah satu cerita heroik yang sangat penting bagi Indonesia khususnya kota Surabaya. Dampak dari globalisasi yang begitu pesat menyebabkan cerita-cerita bersejarah seperti ini kurang diketahui dan diminati oleh kaum muda khususnya di Surabaya. Film animasi 2D ini dibuat sebagai media komunikasi yang diharapkan dapat menarik kalangan anak muda terhadap peristiwa bersejarah. Penggunaan teknik parallax dalam produksi film animasi 2D ini bertujuan untuk menciptakan ilusi sudut pandang yang artistic dan dinamis.  Style modern anime digunakan untuk menjangkau anak-anak muda sebagai penikmat filmnya. Produksi film animasi bercerita tentang  peristiwa 19 September 1945 di Hotel Yamato Surabaya di mana ada seorang pemuda Surabaya yang melawan kolonialisme Belanda. Nantinya film ini diakhiri dengan keberhasilan pemuda Surabaya untuk merobek bendera Belanda. Metode penelitian yang digunakan adalah pra produksi, produksi dan post produksi. Berdasarkan hasil dari survey mengenai minat kaum muda terhadap film animasi yang telah dipublikasikan di Youtube didapati 89.2% jumlah dari responden yang berpendapat bahwa film ini sangat menarik dan menarik.


Keywords


Animasi 2D;Anime;Parallax;Sejarah Surabaya

Full Text:

PDF

References


Nurlaila. (2022). Roro Jonggrang: Animation Of Folklore For National Cultural Education Media. Rekam, 18(1), 37–50. https://doi.org/10.24821/rekam.v18i1.6699

Dewi, J., Rondli, W. S., & Fajrie, N. (2023). Nilai-Nilai Persatuan Yang Terkandung Dalam Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo Episode Upacara Kemerdekaan Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3.

Dwiputri, C., & Aprilianty, F. (2022). The Impact of the Collaboration Between UNIQLO and Japanese Anime/Manga for its UT Collection Towards Brand Loyalty in Indonesia. Asian Journal of Research in Business and Management. https://doi.org/10.55057/ajrbm.2022.4.3.25

Ekasari, Awita Larasati. (2018), Teknik Three Act Structure, International Design School, Jakarta.

Jadidah, I. T., Alfarizi, M. R., Liza, L. L., Sapitri, W., & Khairunnisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Arus Globalisasi Terhadap Budaya Lokal (Indonesia). Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2136

Javandalasta, P. (2011). Lima Hari Mahir Bikin Film. PT. Java Pustaka Group.

Kusumawati, D. S., & Chandrawati, T. (2024). MENINGKATKAN NASIONALISME ANAK USIA 4-7 TAHUNMELALUIMETODE SOSIODRAMA PERISTIWA HOTEL YAMATO DI TK ABA 11KOTA MADIUN. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV!, 29–40.

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam, 16(2). https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Lanier, Lee. (2010), Professional Digital Compositing: Essential Tools and Techniques, SYBEX , United State of America.

Pebriyanto, P. (2024). Perancangan Animasi 2D Tentang Manfaat Sayur pada Kesehatan Pencernaan untuk Anak Usia 6 – 7 Tahun. Rekam, 20(2), 193–206. https://doi.org/10.24821/rekam.v20i2.13700

Pratama, E., & Dwijaya, I. D. A. (2020). PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR MENGENAI PAHLAWAN MOHAMMAD TOHA. E-Proceeding of Arf & Design, 82–92.

Rachmawati, D. P. (2022). MEMBANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME GENERASI MUDA BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KONGRES PEMUDA (1926 – 1928). JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(2), 100–111. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.24626

Rogers, B., & Graham, M. (1979). Motion Parallax as an Independent Cue for Depth Perception. Perception, 8(2), 125–134. https://doi.org/10.1068/p080125

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2018). POTENSI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI ANAK MUDA. Edulib, 8(1), 81. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267

Shaleha, P. U., Sumantri, P., Hutauruk, A. F., Chandra, S., & Saragih, R. G. A. (2023). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMANegeri 11 Medan. Education & Learning, 3(2), 13–19. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1034

Tandilangi, M., Mintjelungan, C., & Wowor, V. N. S. (2016). Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut Siswa SD Advent 02

Sario Manado. E-GIGI, 4(2). https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13503

Thomas, frank. (1981), The Illusion of Life: Disney Animation. Abbeville Press, United State of America.

Yuliyanti, E. (2025, January 13). Waspada Brain Rot, Ancaman Akibat Konsumsi Konten Online Kualitas Rendah secara Berlebihan. Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Cirebon.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v21i2.15125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats