Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak

Fathin Hanifah Langga, Hafiz Aziz Ahmad, Alvanov Zpalanzani Mansoor

Abstract


Pendidikan Islami merupakan tuntunan dalam kehidupan umat muslim. Media film/video/animasi di YouTube dianggap sebuah media yang efektif dalam menyampaikan pendidikan Islam. Animasi Nussa merupakan serial animasi dengan konten edutainment Islami untuk orang tua dan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk membahas representasi visual keislaman dalam animasi Nussa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis visual. Representasi Islami pada animasi Nussa ini tidak hanya dapat dilihat dari segi cerita saja atau visual saja, namun juga dapat dilihat dari berbagai kombinasi seluruh konsep elemen atau atribut yang terkait didalamnya. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan warna, adegan, penampilan tokoh (kostum), dialog dan pemilihan nama tokoh. Berbagai penggunaan elemen dan atribut tersebut didominasi oleh lambang keislaman.

 

Islamic representation in “Nussa” animation as learning media for children


Abstract

Islamic education is a guide in the lives of Muslims. Films/videos/animations media on YouTube is considered an effective media in conveying Islamic education. Nussa animation is an animated series with Islamic edutainment content for parents and children. This study aims to discuss Islamic visual representation in Nussa animation. The research method used is discourse analysis based on Gillian Rose‟s visual analysis. The Islamic representation in Nussa animation can not only be seen in term of the story or visual but also can be seen from various combinations of all concepts of elements or related attributes in it. This can be seen from the selection of colours, scenes, the appearance of characters (costumes), dialogue and character name selection. Various uses of these elements and attributes are dominated by Islamic symbols.


Keywords


animasi; analisis visual; web series; representasi islami

Full Text:

PDF

References


Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu, 13(2), 161–173.

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2019). Web Series Animasi Nussa Sebagai Media Pendidikan Islami Pada Anak. 10(1).

Mudlofir, A. (2011). Pendidikan Karakter melalui Penanaman Etika Berkomunikasi dalam Al-Qur’an. 5(2), 367–382.

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. ANDI.

Rohman, A. (2016). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa, 6(1), 155–178. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.462

Syafi’i, A. G. (2017). Warna dalam Islam. An-Nida’, 41(1), 62–70.

Umar. (2014). Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(Januari-Juli), 131–144.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Article Metrics

Abstract view : 469 times
PDF - 604 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats