Are You Sure You Have a Strategy

Muhammad Kholid Arif Rozaq

Abstract


Tujuan tulisan ini adalah untuk mendiskusikan alternatif dalam proses
formulasi strategi. Seniman dalam menghadapi era industri kreatif tentunya membutuhkan strategi tertentu. terutama konsep dasar dalam formulasi strategi pada tingkat strategi bisnis, khususnya dalam industri kreatif. Telaah literatur menitikberatkan pada pendekatan strategi, apakah menggunakan strategi darurat (emergent strategy) atau strategi yang terartikulasi (deliberate strategy), atau campuran keduanya. Tulisan menawarkan salah satu pendekatan formulasi yang dikemukakan oleh Hambrick dan Fredrickson, 2001 yang dikenal dengan istilah Strategic Diamonds. Sebuah simpulan mengindikasikan bahwa Strategic Diamonds (Hambrick, 2001) sangat berguna dalam mengindentifikasi apa sebenarnya yang menjadi inti dari sebuah strategi. Elemen-elemen dari Strategic Diamonds dapat dipertimbangkan sebagai “penghubung” atau “titik pusat” dalam merancang sebuah sistem yang komprehensif dan terintegrasi. Tulisan ini mengusulkan kepada pelaku bisnis atau seniman untuk  engartikulasikan strategi secara jelas (deliberate view), dan mengikuti Lima Elemen yang dikenal dengan Strategic Diamonds: arena, vehicles, differentiators, staging and economic logic sebagai inti dari penyusun sebuah strategi.

Keywords


formulasi strategi; emergent strategy; deliberate strategy; penyusun inti sebuah strategi; strategic diamonds



DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v0i0.368

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats