Gosip, Hoaks, dan Perempuan: Representasi dan Resepsi Khalayak Terhadap Film Pendek “Tilik”

Putu Nur Ayomi

Abstract


Tulisan ini mengkaji bagaimana film Tilik sebagai film pendek  Indonesia yang mendapat antusiasme sangat besar dari khalayak merepresentasikan pesan-pesan utama seperti gosip, hoaks dan perempuan melalui pilihan kode-kode semiotis dalam film. Kajian ini juga secara kualitatif membahas bagaimana resepsi dari khalayak dengan menggunakan teori representasi dan resepsi dari Stuart Hall.  Selain analisis representasi yang menggunakan data dari film,  digunakan pula data resepsi khalayak  yang diperoleh dari komentar-komentar pengguna media sosial Twitter yang memiliki jumlah “suka” besar yang didapat dari hasil analisa data dari Drone Emprit, analis big data sosial media. Tulisan ini menunjukkan bahwa  representasi pada film Tilik mengenai tema-tema di atas dapat dilihat secara denotatif dan konotatif. Dari segi resepsi, film Tilik dimaknai khalayak dari tiga posisi yakni dominan, oposisional dan negosiatif. Walaupun film Tilik  dikritik sebagai film yang tidak edukatif terutama mengenai hoaks dan bias patriarkis, film ini mendapatkan pembacaan dominan sebagai film yang merepresentasikan realitas masyarakat Indonesia. 


Keywords


gossip; woman; representation; reception

Full Text:

PDF

References


Agistian, F., & Ruth Mei Ulina, M. (2018). Pornografi dalam Film: Analisis Resepsi Film “Men, Women & Children.” ProTV, 2(1), 19–35.

Amrullah, A. R. D. N. (2018). Kegalauan Identitas Tionghoa dalam Film Cinta. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Barthes, R. (1998). The Semiotics Challenge. New York: Hill and Wang.

Damarjati, T. (2020, August 22). Viral, Tradisi Tilik Naik Truk Warga Dlingo Diangkat Film. Retrieved from https://jogja.idntimes.com/hype/entertainment/tunggul-damarjati/viral-tradisi-tilik-naik-truk-warga-dlingo-diangkat-film/6

Dunbar, R. I. M. (2004). Gossip in Evolutionary Perspective. Review of General Psychology, 8(2), 100–110. https://doi.org/10.1037/1089-2680.8.2.100

Fahmi, I. (2020). Tilik (2018). https://pers.droneemprit.id/tilik-2018/, diakses pada 20 Agustus 2020

Hall, S. (1980). Encoding/decoding. In S. Hall (Ed.), Culture, Media, Language. London: Routledge.

Hall, S. (1997). The work of representation. In S. Hall (Ed.), Representation: Cultural representation and Signifying Practices (pp. 13–74). London: Sage Publication & Open University.

I. Handayani, Lukmantoro, T., & Naryoso, A. (2013). Representasi Persahabatan dalam Film 5 cm. Interaksi Online, 1(4).

Jogja, P. (2020). Dunia Hoaks di Kepala Bagus “Bacep” Sumartono, Penulis Naskah Film “Tilik.”

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam, 16(2). https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Manesah, D. (2016). Representasi Perjuangan Hidup dalam Film "Anak Sasada" Sutradara Ponty Gea. Jurnal Proporsi, 1(2), 179–189.

Meinarno, E. A., Bagaskara, S., & Rosalina, M. P. K. (2011). Apakah Gosip Bisa menjadi Kontrol Sosial. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 78–85.

Mundayat, A. (2020). Antropologi Ghibah: Mulut Bu Tejo Mulut Kita.

Parrott, S., & Hopp, T. (2020). Reasons people enjoy sexist humor and accept it as inoffensive. Atlantic Journal of Communication, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.1080/15456870.2019.1616737

Pertiwi, M., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2020). Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga dalam Film “Dua Garis Biru.” Jurnal Audiens, 1(1). https://doi.org/10.18196/ja.1101

Prasetyo, W. A. (2018). Tilik. Indonesia: Ravacana Films. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8

Suharso, P. (2019). Pemanfaatan Drone Emprit dalam Melihat Trend PerkembanganBacaan Digital melalui Akun Twitter. ANUVA, 3(4), 334–346.

Wahyuni E, T. R. (2020). Analisis pesan perdamaian pada film “Cahaya dari Timur (Beta Maluku)”: Pendekatan semiotika Roland Barthes. Rekam, 16(2), 115–124. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.4248

Widiyatmika, W., Sulistyo, E. T., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 73–79. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4910

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats