Roro Jonggrang: Animation of Folklore for National Cultural Education Media
Abstract
Penelitian ini berawal dari keprihatinan penulis akan tontonan anak-anak pada masa kini. Seiring berjalannya waktu mereka mengonsumsi tontonan edukasi yang semakin sedikit. Dengan ragam tontonan tersebut, anak-anak kini mulai melupakan kebudayaan mereka, dongeng. Dongeng merupakan salah satu kekayaan budaya dan historis dari bangsa Indonesia. Sebagai sebuah media hiburan, seharusnya tersematkan sebuah pesan Pendidikan moral yang dapat disampaikan kepada generasi mendatang dari negeri ini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pendidikan budaya dengan menggunakan dongeng berupa film animasi untuk menarik lebih banyak perhatian anak-anak. Penyajian dongeng melalui film animasi adalah media yang paling disukai anak-anak sehingga penyampaiannya akan lebih mudah untuk diterima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah yang menggunakan kejadian masa lampau sebagai sumber data dengan berlatar belakang Jawa pada abad ke-9. Untuk bagian desainnya, animasi yang dimaksud dalam hal ini adalah dalam bentuk film animasi 2-D dengan menggunakan Bahasa setempat, yaitu Bahasa Jawa.
This research was initiated by the author’s concern for the spectacle of children today. At times, they watch fewer educational shows. With all these spectacles, today‘s children have also begun to forget their own culture, folklore. Folklore is one of the cultural and historical treasures of the Indonesian nation. As an entertainment medium, there should be a moral education message that can be delivered to the next generation of this nation. This research aims to create a cultural education media using folklore with animated films to attract more attention from children. The form of presenting folklore through animated films is a medium favored by children so that the delivery is more readily accepted. The method used in this research is a historical approach that uses past events as a source of data by taking the background in Java in the 9th-century era. For the design, this animation is in the form of a 2D animated film using the local language, namely Javanese.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amboro, Y., & Adityayoga, A. (2020). Character Gesture Comparasion on Timun Mas Animation Made by Drs SuyadiI and Timun Mas Animation Made by Bening Studio. International Review of Humanities Studies, 5(1). https://doi.org/10.7454/irhs.v5i1.249
Anjirbag, M. A. (2018). Mulan and Moana: Embedded coloniality and the search for authenticity in Disney animated film. Social Sciences, 7(11). https://doi.org/10.3390/socsci7110230
Anwar, K. (2019). Oral Tradition (Literature): Conservation of Ecology and Promotion of Tourism Destination. Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 1(1). https://doi.org/10.25077/majis.1.1.3.2019
Bahari, A., Syafwan, H., & Maulina Azmi, S. R. (2021). Pembuatan Media Edukasi Interaktif Pembagian Harta Warisan Menurut Islam Berbasis Multimedia. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 1(1). https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1026
Bintarto, J. J., & Lestari, I. S. I. (2020). Pemanfaatan Video Animasi 3D sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage). Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 9(1). https://doi.org/10.34010/visualita.v9i1.3733
Choi, H. K., & Cho, S. H. (2014). Development of effective pre-visualization authoring tool using conversion technologies-based on film storyboard application. Cluster Computing, 17(2). https://doi.org/10.1007/s10586-013-0303-6
Gutandjala, S. M. (2020). Pengaruh Teknologi Komunikasi Digital Terhadap Pertumbuhan Karakter Generasi Net Di Indonesia. Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(2). https://doi.org/10.51689/it.v4i2.148
Handani, S. W., & Nafianti, D. R. (2017). Perancangan Film Pendek Animasi 3 Dimensi Legenda Desa Penyarang. Jurnal Infotel, 9(2), 204. https://doi.org/10.20895/infotel.v9i2.195
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yanuarti, N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan SDM Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2). https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21196
Idawati, & Verlinda, D. (2020). Peran Sastra Lisan Dalam Pengenalan Budaya Bangsa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5095
Jackson, T. (2020). Tracing a lineage: Alain Resnais’s painting films and the animated aesthetic. Film Criticism, 44(1). https://doi.org/10.3998/FC.13761232.0044.110
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–30.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Mahendra, R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2018). Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat “Batu Belah Batu Betangkup.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2). https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.483
Michael, M., Trisnadoli, A., & Suhatman, R. (2019). Buku Cerita Rakyat Riau Ketobong Keramat Berbasis Markerless Augmented Reality (AR) dengan Teknik User Defined Target. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(2). https://doi.org/10.30871/jaic.v3i2.1543
Muhdaliha, B., Ray, D., Batuaya, D., Raya, J. C., Utara, P., & Selatan, J. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak. In Jurnal Bahasa Rupa (Vol. 1, Issue 1). Online. http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa
Mulyani, N. (2019). Perancangan Proses Pra Produksi Film Animasi 3D Legenda Putri Merak Jingga. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 5(2), 183–192. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v5i2.361
Nanda, D. D., Simbolon, B., Damanik, F. A., & Sembiring, Y. B. (2021). Moral Value and Character Building Education in Folklore from Central Java “Timun Mas.” Journal of Languages and Language Teaching, 9(1). https://doi.org/10.33394/jollt.v9i1.3319
Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya di Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1).
Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308–316. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Penezic, S. (2020). Sport in The Trap of Globalization: a Media Spectalce, an Ideological Instrument and Universal Means of Communication. https://doi.org/10.46793/stec20.381p
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586
Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4752
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2). https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7493
Rodrigues, E. V., & Lavino, D. (2020). Modelling in physics teaching via stop motion production with the Raspberry Pi compute. Revista Brasileira de Ensino de Fisica, 42. https://doi.org/10.1590/1806-9126-RBEF-2019-0012
Setiawan, I. K. (2019). Adaptasi Cerita Rakyat Jayaprana dan Layonsari dalam Bentuk Animasi 2D. Jurnal Nawala Visual, 1(2). https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.30
Sukmana, H., Ana, A., & Widiaty, I. (2021). Pengembangan Media Edukasi Boneka Tangan sebagai Stimulasi Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 9–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu
Sulistiyawati, P. (2019). Analisis Komponen Visual Dasar Sinematografi dalam Film Live Action “Green Book.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 4(2). https://doi.org/10.25124/demandia.v4i2.2188
Suratinoyo, H. S., Wowor, H., Robot, J., & Karouw, S. (2013). Cerita Rakyat Daerah Minahasa : Implementasi Short Film Animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika, 2(2).
Susim, N., Kaunang, M., & Sinkoh, F. (2019). Sistem Pendidikan Berbasis Budaya Dalam Mempertahankan Identitas di Tengah Arus Globalisasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat. Jurnal Eksekutif, 3(3).
Tandilangi, M., Mintjelungan, C., & Wowor, V. N. S. (2016). Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut Siswa SD Advent 02 Sario Manado. E-GIGI, 4(2). https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13503
Thifala, A. Z., Wardhana, M. I., & Sutrisno, A. (2021). Perancangan Animasi 2D Mengenai Upaya Pencegahan Penyakit Saat Musim Hujan. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7). https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p995-1009
Widiastuti. (2013). Analisis SWOT Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).
Yulianjani, A., Martono, A., Apriyani, D., Amik, D., Informatika, R., Stmik Raharja, D., & Raharja, M. S. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang) (Vol. 5, Issue 1).
DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v18i1.6699
Article Metrics
Abstract view : 2145 timesPDF - 895 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.