|
Dublin Core |
PKP Metadata Items |
Metadata for this Document |
|
1. |
Title |
Title of document |
Produksi Kultural Film Indie Ke-“Tionghoa”-An di Indonesia* |
|
2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Umilia Rokhani; Indonesia |
|
3. |
Subject |
Discipline(s) |
|
|
3. |
Subject |
Keyword(s) |
produksi kultural; film indie;ke-“tionghoa”-an |
|
4. |
Description |
Abstract |
Produksi kultural film indie ke-“tionghoa”-an berada pada struktur ruang yang membangun relasi antarposisi dengan produksi karya lainnya. Keberadaan masyarakat Tionghoa yang senantiasa dipermasalahkan menyebabkan agen-agen sosial berupaya membuka ruang kemungkinan melalui produksi karya. Metode yang dipergunakan adalah konstruktivisme sosial yang melibatkan agen melalui production activity sehingga agen akan terlibat dalam dunianya sendiri. Dalam hal ini, upaya yang dilakukan dalam struktur ruang tersebut adalah berusaha mencapai legitimasi dalam suatu struktur kuasa. Hal tersebutdiupayakan oleh agen pemroduksi film indie ke-“tionghoa”-an yang kapital modalnya lebih rendah bila dibandingkan dengan produksi film komersial atau layar lebar. Strategi yang dipergunakan untuk memperoleh legitimasi film indie ke-“tionghoa-“an adalah dengan mengikuti festival film di luar negeri sebagai tataran legitimasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan legitimasi yang terbangun di Indonesia melalui habitus. Dengan menempatkan Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia, dominasi struktur kuasa akan mengecil. Melalui karya film indie tersebut dibangun eksistensi dan prestise melalui ekspresi karya sebagai suatu kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan masyarakat dunia mengenai ke-“tionghoa”-an di Indonesia. Cultural Production of Indie Movies With Chineseness Theme in Indonesia. Cultural production in indie movies telling story about chineseness exists within a space structure that establishes a relation between the position and the production of other movies. The existence of Chinese society that always inflicts polemic drives the social agents to try to open rooms of possibility by producing opuses. The method employed is social constructivism involving agents through production activities so that those agents will get involved in their own world. In this case, the effort carried out is struggling to gain legitimation in a power structure. It is practiced by indie movie producer agents who have lower production budget compared to the commercial movie producers. In doing this, the strategy employed is joining movie festivals abroad, considered as a higher level of legitimation, legitimation built in Indonesia via habitus. By posing Indonesian society as a part of the international society, the domination of power structure will lessen. Acknowledged through indie movies, existence and prestige are built by the expression of their works in the form of movies as an opportunity to get recognition and trust from the world society regarding the chineseness in Indonesia. |
|
5. |
Publisher |
Organizing agency, location |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
|
6. |
Contributor |
Sponsor(s) |
|
|
7. |
Date |
(YYYY-MM-DD) |
2019-08-20
|
|
8. |
Type |
Status & genre |
Peer-reviewed Article |
|
8. |
Type |
Type |
|
|
9. |
Format |
File format |
PDF |
|
10. |
Identifier |
Uniform Resource Identifier |
https://journal.isi.ac.id/index.php/rekam/article/view/1705 |
|
10. |
Identifier |
Digital Object Identifier (DOI) |
https://doi.org/10.24821/rekam.v13i1.1705 |
|
11. |
Source |
Title; vol., no. (year) |
Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi; Vol 13, No 1 (2017): April 2017 |
|
12. |
Language |
English=en |
en |
|
13. |
Relation |
Supp. Files |
|
|
14. |
Coverage |
Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) |
|
|
15. |
Rights |
Copyright and permissions |
Copyright (c) 2017 REKAM
|