Modifikasi Angklung Sunda

Dinda Satya Upaja Budi

Abstract


Artikel ini menguraikan hasil modifikasi terhadap angklung yang telah dilakukan oleh para seniman Sunda. Metode lintas disiplin dengan pendekatan organologis digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan pengamatan terhadap proses modifikasi yang telah dilakukan pada angklung. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya-upaya modifikasi yang dilakukan terhadap angklung merupakan langkah pengembangan yang meliputi tangga nada, teknik permainan, bahan, bentuk, serta ornamen atau aksesoris. Modifikasi ini merupakan upaya termutakhir yang telah berhasil dilakukan oleh para seniman Sunda sampai saat ini.

Keywords


angklung; musik bambu; musik Sunda

Full Text:

PDF

References


Budi, D. S. U., Soedarsono, R. M., Haryono, T., & Narawati, T. (2014). Angklung Dogdog Lojor pada Upacara Seren Taun. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 139–151. Retrieved from http://www.journal.isi.ac.id/index.php/ resital/article/view/848

Budi, E. M., Rochim, A. A., Dipojono, H. K., Handojo, A., & Sarwono, J. (2013). Musical gesture recognition for interactive angklung robot. Proceedings of 2013 3rd International Conference on Instrumentation, Control, and Automation, ICA 2013, 149–154. https:// doi.org/10.1109/ICA.2013.6734062

Daeanza, D. M., Nurhayati, O. D., & Eridani, D. (2017). Aplikasi Simulasi dan Main Angklung (Saung) Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(1), 37. https://doi. org/10.14710/jtsiskom.5.1.2017.37-42

Gold, L. (2016). Bali 1928, Volume 1: Gamelan Gong Kebyar Music from Belaluan, Pangkung, Busungbiu-the Oldest New Music from Bali. Asian Music, 47(2), 179–188.

Halliburton, M., & Aragon, L. V. (2012). Copyrighting Culture for the Nation? Intangible Property Nationalism and the Regional Arts of Indonesia. International Journal of Cultural Property, 19(3), 269–312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1017/ S0940739112000203

Hartanti, R. S., & Astuti, B. (2016). Analysis of Angklung Sound Intensity as an Acoustic Instrument. Natural Sciences and Mathematics Research, 2(1), 122–126.

Hopkin, B. (1993). Deagan Organ Chimes. The Experimental Musical Instruments Journal. Retrieved from http://www.harmonize.com/dapperdans/deagan_organ_chimes/deoc_ emi_article/deoc_emi_article.htm

Juandi, V. S., Andari, R., & Setiyorini, H. P. D. (2018). The Influence of Sustainable Tourism Development towards Tourists’ Satisfaction in Saung Angklung Udjo. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/ 012020

Martiana, P. (2015). Dari Tari ke Musik: Pembentukan Musik Suita Pada Era Musik Barok. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 25(4). Masunah, J. (2012). Pemuliaan Angklung melalui Model Desa Binaan Berbasis Wisata Seni dan Budaya. Panggung:Jurnal Seni Budaya, 22, 1–15.

Mayatopani, H., Fahriansyah, E., & Informatika, P. S. (n.d.). Perancangan Prototype Sistem Aplikasi Multimedia Dalam Memainkan Angklung Pada Platform Android, II(September 2017), 29–40.

Musthofa, B. M. (n.d.). Saung Angklung Udjo : Invensi Tradisi Lokal yang Mendunia, (2), 136–149.

Rahmi, M. (2016). Pengaruh Customer Experience terhadap Behavioral Intention Wisatawan di Saung Angklung Udjo (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Saung Angklung Udjo). Jurnal Manajemen Pemasaran, VI(2), 1033–1040.

Rizki, N. M., & Handoko, S. (2017). Multi-Octave Orchestra Music Application of Angklung Based on Android Using Accelerometer Sensor, 15(1), 17–25.

Sumarsono, T. (2007). Membela kehormatan angklung : sebuah biografi dan bunga rampai Daeng Soetigna / disusun oleh Tatang Sumarsono, Erna Garnasih Pirous. (E. G. Pirous 1941-, Ed.). [Bandung]: Yayasan Serambi Pirous.

Wiramihardja, O. A. R., & Setiana, A. (1975). Panduan bermain angklung. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v18i1.2445

Article Metrics

Abstract view : 2027 times
PDF - 3164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.