Mengukur Perubahan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Modul Teori Musik

Mohamad Alfiah Akbar, Ovan Bagus Jatmika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perubahan hasil belajar mahasiswa kelas teori musik sebelum dan sesudah diterapkan modul teori musik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh antara lain hasil belajar mahasiswa, hasil observasi aktivitas belajar mahasiswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar mahasiswa, namun masih ada mahasiswa yang mendapat nilai pada kategori kurang. Selain itu, sebagian mahasiswa masih belum terbiasa dalam penggunaan modul. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II ada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang signifikan jika dibandingkankan dengan sebelum penerapan modul teori musik dan pada siklus I. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori musik

ABSTRACT

Measure changes in student learning outcomes through the use of music theory module. This study aims to measure changes in student learning outcomes in music theory classes before and after the music theory module is applied. The research method used was classroom action research (CAR), which was carried out in two cycles. The stages in this study include, the planning stage, the implementation of actions, observation, and reflection. The data obtained include student learning outcomes, observations of student learning activities obtained by observation sheets and interview results. The results of the study in the first cycle showed that there was an increase in student learning outcomes, but there were still students who scored in the poor category. In addition, some students are still unfamiliar with using modules. While the research results in the second cycle there is an increase in student learning outcomes significantly if dibandingkankan with prior application of music theory modules and the first cycle. These results indicate that the use of teaching modules to improve learning outcomes of students in the subject of music theory.

Keywords: modules; music theory; learning outcomes


Keywords


modul ajar; teori musik; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H., 2015. Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Andiasari, L., 2015. Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 15–20.

Adriani, D., Lubis, Putri K. D., & Triono, M. A. A., 2019. Pengembangan Modul Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal

Pendidikan Ekonomi, Vol.12, No.1, 27–36. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/inex.

Fanitasari, D., & Marniati., 2017. Penerapan Bahan Ajar Modul pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Tata Busana Di SMK Negeri 6 Surabaya. e-Journal. Volume 06 Nomor 01, Edisi Yudisium Periode Februari 2017, Hal 62-67.

Fatmawati, E., & Hidayati, N. S., 2018. Penerapan Modul Pengayaan Berstrategi PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. E-Journal Pensa, Volume 06 Nomor 02, 208-212.

Fischer, E., & Hänze, M., 2019. Back from “guide on the side” to Effects of teacher-guided and student-activating teaching methods on student learning in higher education. International Journal of Educational Research, 95, 26–35. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.03.001.

Hamdi, H. A., & Pontas, K., 2015. Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Mipa Fkip Unigha Sigli. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 22–34.

Hasruddin, H., Nasution, M. Y., & Rezeki, S., 2015. Inovasi pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kecakapan sosial mahasiswa pada perkuliahan strategi belajar mengajar biologi. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 47–56.

Kamal, M., 2009. Model Pengembangan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Tinggi Akuntansi Berbasis Sosiologi Kritis, Kreativitas, Dan Mentalitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis.

Khamidah, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W., 2013. Penerapan Modul Model Siklus Pembelajaran Sebagai Pancasila I Kutoarjo Jurnal Radiasi.Vol.2 No.1. 1–3.

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B., 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

McLeod, J. J., 2019. The effects on student retention by implementing contextualised, program-specific learning modules in an online student success course. A practice report. Student Success, 10(1), 141–146. https://doi.org/10.5204 ssj.v10i1.1095.

Nainggolan, O. T. P., 2017. Peranan Metode Eurhythmics Terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16(3), 117–124. https://doi.org/10.24821/resital.v16i3.167.

Nurita, T., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Vol. 03 (01), 171–187.

Puspitasari, A. D., 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.

Roberts, D. L., Griffith, J. C., Faulconer, E. K., Wood, B. L., & Acharyya, S., 2019. An investigation of the relationship between grades and learning mode in an English composition course. Journal of University Teaching and Learning Practice, 15(2).

Rochman, H., & Sutikno., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Dengan Menggunakan Modul Pada Mata Pelajaran Meknika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Kelas X TGB SMK Negeri Surabaya. Jurnal Kajian

Pendidikan Teknik Bangunan, Vol 1 Nomer 1/JKPTB/16: 211 - 216.

Rusnawati, M. D., Sindu, I G. P., & Sugihartini, N., 2017. Penerapan E Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(3), 356. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i3. 2071.

Saepudin, A., 2017. Penciptaan DaminatilaFont untuk Penotasian Kendang dan Gamelan Sunda. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(1), 53–63. https://doi.org/10.24821/resital.v18i1.171.

Samatowa, L., & Mursalin., 2018. Penerapan Modul Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 5E Materi Dinamika Partikel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Quantum #25 (2018) 2477-1511 (5pp).

Saputro, B. E., 2018. Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks Guna Peningkatan Kompetensi Membuat Model 3D. Jurnal Edukasi Sebelas April, 2(2), 90–95.

Vasil, M., Weiss, L., & Powell, B., 2019. Popular Music Pedagogies: An Approach to Teaching 21st-Century Skills. Journal of Music Teacher Education, Vol. 28(3) 85– 95.




DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v21i1.3362

Article Metrics

Abstract view : 500 times
PDF - 393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.