Penggunaan Fruity Loops Studio dalam Pembelajaran Konsep Musik Tonal dengan Berkarya Musik Populer untuk Peserta Didik SMA
Abstract
Artikel ini membahas pembelajaran seni musik menggunakan aplikasi Fruity Loops Studio yang dapat mengolah data suara dan bunyi secara digital. Namun, keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Fruity Loops dalam pembelajaran memiliki berbagai aspek yang harus diperhatikan agar fitur-fitur membuat musik yang tersedia dalam aplikasi dapat digunakan dengan efektif. Artikel ini bertujuan untuk membahas tingkat kemajuan musikal yang dapat dicapai, mengidentifikasi kendala dalam pembelajaran, memberikan umpan balik dan informasi penting untuk perbaikan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi dengan data utama hasil karya musik peserta didik. Hasil Penelitian ini menunjukkan perlunya prasyarat ruang lingkup materi ajar dengan konsep musik Tonal yang harus dikuasai secara baik serta dapat diamatinya peningkatan kemampuan musikal melalui pengalaman auditif bagi peserta didik dalam penugasan membuat karya musik populer
ABSTRACT
The Use of Fruity Loops Studio in Learning Concept of Tonal Music With Popular Music Working for High School Students. This article discusses learning the art of music using the Fruity Loops Studio application that can process sound and sound data digitally. However, the success of learning by using the Fruity Loops application in learning has various aspects that must be considered so that the features that make music available in the application can be used effectively. This article aims to discuss the level of musical progress that can be achieved, identify obstacles in learning, provide feedback and important information for learning improvement. This research uses descriptive analysis method. Data collection is done using observation techniques, interviews, literature studies, and documentation with the main data of students' musical works. The results of this study indicate the need for prerequisites for the scope of teaching material with the concept of Tonal music that must be mastered properly and can be observed in improving musical ability through auditive experience for students in the assignment to make popular music works.
Keywords: Tonal Music; Popular Music; Fruity Loops; Musical Intelligence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Appen, R. von, & Frei-Hauenschild, M. (2014). AABA, Refrain, Chorus, Bridge, PreChorus – Songformen und ihre historische Entwicklung. In Black Box Pop. https://doi.org/10.14361/transcript.9783839418789.57
Bahri, M. R., Zakiyah, H., & Nurfarida, E. (2015). Pembelajaran Chord Gitar Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 07(01), 36–43. http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JIM/article/view/22
Colwell, R., & Davidson, L. (1996). Musical intelligence and the benefits of music education. In NASSP Bulletin. https://doi.org/10.1177/019263659608058310
Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24 tahun 2016. Jakarta.
Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies). https://doi.org/10.25139/jsk.v1i3.337
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences).
Nainggolan, O. T. P. (2019). Strategi Menghafal Penjarian Tangga Nada dalam Mata Kuliah Instrumen Dasar I. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan. https://doi.org/10.24821/resital.v20i1.3335
Raharja, B., & Sayuti, S. A. (2014). Pengembangan Konstruk Instrumen Hasil Pembelajaran Praktik Karawitan Jawa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2859
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330
Simangunsong, M. A. L. (2016). Aplikasi Pembelajaran Pembuatan Musik Menggunakan FL Studio dengan Metode Computer Bassed Instruction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(6), 90–94.
Snyder, S. (1997). Developing musical intelligence: Why and How. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/BF02353274
Sujiono, Y. N. (2009). Pengembangan Pembelajaran PAUD. In PT Indek: Jakarta.
Wicaksono. (2009). Kreativitas Dalam Pembelajaran Musik Herwin Yogo Wicaksono FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan (FBS UNIv.Negeri Yogyakarta). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.42
Wise, S. (2016). Secondary school teachers’ approaches to teaching composition using digital technology. British Journal of Music Education. https://doi.org/10.1017/S0265051716000309
Zhang, P., & Sui, X. (2017). Application of digital music technology in music pedagogy. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v12.i12.7966
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v21i1.4103
Article Metrics
Abstract view : 1273 timesPDF - 863 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.