Pengaruh Nyanyian Buku Ende terhadap Kualitas Bernyanyi Jemaat Gereja HKBP Yogyakarta
Abstract
ABSTRACT
The Influence of the Buku Ende Hymn on the Quality of Singing Among the Congregation of the HKBP Church in Yogyakarta. This paper talks about Ende book, a collection of worship songs for the HKBP congregation composed by European composers in the 16th and 17th centuries. Conveyed by missionaries to Batak land, these songs were later translated into Toba Batak language and some were composed to suit the rhythms of Batak indigenous music. In singing the songs, HKBP Yogyakarta congregation sing the original notation (not transfused lower) that frequently consists of high notes, causing the congregation having low vocal range to sing the song in one octave below the basic tone. The objective of the study is to examine how immense Ende Book influences the vocal quality of HKBP Yogyakarta congregation. The author implemented descriptive qualitative method by adapting the theory of 'The Power of Habit' by Charles Duhigg. Data collection techniques used by the author were observation, interview, and documentation. The results of this study reveal that habit plays a major role in the routines to achieve a satisfactory quality of singing. When singing Ende book, HKBP Yogyakarta congregation have unconsciously acquainted several elements of vocal techniques. The vocal techniques in particular are breathing, resonance, voice range, and interpretation, in which a significant impact on the quality of the singing voices of HKBP Yogyakarta congregation retain. By implementing the original range and sentence structure (phrasing) in Ende book, the learning process taken place e every Sunday worshipping has unconsciously imporoved the singing quality of HKBP Yogyakarta congregation.
ABSTRAK
Buku Ende merupakan buku yang berisi nyanyian ibadah bagi jemaat HKBP yang sebagian besar diciptakan oleh komponis Eropa pada abad ke-16 dan ke-17 Masehi. Nyanyian ini dibawa oleh para misionaris ke tanah Batak lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Batak Toba dan ada juga yang digubah untuk disesuaikan dengan irama musik Batak. Menyanyikan nyanyian buku Ende ini jemaat HKBP Yogyakarta bernyanyi dengan tangga nada aslinya (tidak ditransfus lebih rendah) sehingga ketika menyanyikan nada-nada tinggi, bagi jemaat yang mempunyai ambitus suara yang rendah sering menyanyikannya dengan nada satu oktaf dibawah nada dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauh mana pengaruh nyanyian pada Buku Ende ini terhadap kualitas bernyanyi jemaat HKBP Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memakai teori ‘The Power of Habit’ dari Charles Duhigg. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kebiasaan menjadi salah satu rutinitas untuk mencapai kualitas bernyanyi yang memuaskan. Dalam menyanyikan buku Ende ini terdapat banyak unsur-unsur teknik vokal yang tanpa disadari telah memberikan pembelajaran vokal, khususnya kepada jemaat HKBP Yogyakarta. Teknik vokal yang dimaksud, antara lain: pernapasan, resonansi, ambitus suara, dan interpretasi, berdampak besar bagi kualitas suara bernyanyi jemaat HKBP Yogyakarta. Dengan nyanyikan tangga nada asli pada buku Ende dan kebiasaan menerapkan teknik vokal yang baik dan benar, tanpa disadari proses pembelajaran berlangsung setiap Minggu. Hal ini yang menyebabkan suara jemaat gereja HKBP Yogyakarta semakin berkualitas baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardaillon, L. (2017). Synthesis and Expressive Transformation of Singing Voice. Perancis: Université Pierre et Marie Curie-Paris VI.
Caruso, E., & Tetrazzini, L. (2016). Caruso and Tetrazzini on the Art of Singing. Skotlandia: Courier Dover Publications.
Chapman, J. L., Morris, R., & Platt, J. (2006). Breathing and support. Singing and Teaching Singing: A Holistic Approach to Classical Voice. San Diego: Plural Publising.
Djohan, D., Tyasrinestu, F., & Setiawan, C. D. (2021). Stimulasi Ekspresi melalui Teknik Reinterpretasi dalam Pertunjukan Musik Seni. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 22(2), 105–116. https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/5818/2420
Duhigg, C. (2012). The Power of Habit: Why We do What We do in Life and Business. New York: Random House.
Fitriani, Y. (2014). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study: Studi Kasus di SDN Jawilan, Serang. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 15(2), 126–138. https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/847/163
Gustina, S., Haryono, T., Simatupang, G. R. L. L., & Bramantyo, T. (2010). Gaya Bernyanyi dengan Teknik Bel Canto:(Re) Konstruksi Subjektivitas Penyanyi Perempuan dalam Pertunjukan Musik. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 11(2), 87-95. https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/503/97
Irawati, E. (2014). Makna Simbolik Pertunjukan Kelentangan dalam Upacara Belian Sentiu Suku Dayak Benuaq Desa Tanjung Isuy, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Jurnal Kajian Seni, 1(1), 60–73. https://doi.org/doi.org/10.22146/art.5876
Jayanti, S., & Hartati, S. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota Paduan Suara Dewasa Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 6(1), 55-66. https://jurnal.ugm.ac.id/ijccs/article/view/2141
Mita, R. A., & Kristiandri, D. (2021). Metode dan Teknik Vokal pada Paduan Suara Gregorius Di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 41-53. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-sendratasik/article/view/37104
Muhtar, S. W. (2022). Pelatihan Teknik Vokal pada Choral Workshop PGRI Kabupaten Bone. Sarwahita, 19(02), 301–314. https://ojs.unm.ac.id/sureq/article/view/36672
Pamungkas, S. C. (2018). Penggunaan Vokalisi Herbert-Caesari dalam Peningkatan Ambitus Suara Mahasiswa Pim 3 Vokal di Kelas B Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY. Pend. Seni Musik-S1, 7(1), 50–56. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/musik/article/view/13933
Paputungan, F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi dan Drill pada Paduan Suara Manado Independent School. Clef: Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 1 (1),11–21. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/clef/article/view/129
Perlovsky, L. (2010). Musical emotions: Functions, origins, evolution. Physics of Life Reviews, 7(1), 2–27. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S157
Purnama Dhanereza Hutagalung, S. (2020). Teknik Vokal dalam Menyanyikan Buku Ende Bagi Song Leader Di Gereja Huria Kristen Batak Protestan Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Rahmat, Sujud Puji Nur, Shabri Bin Saad, & Eli Irawati (2022). Typology Analysis of Metalhead Community Logos as Visual Communication During the Covid-19 Pandemic. JUSA: Journal of Urban Society, 9(1), 34-47. https://journal.isi.ac.id/index.php/JOUSA/article/view/7073/2891
Setiarini, A. T., Prasetyo, A., & Suryati, S. (2016). Analisis dan Interpretasi Lagu Desafinado karya Antonio Carlos Jobim. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, 4(1), 13–20. https://journal.isi.ac.id/index.php/promusika/article/view/2268
Silitonga, P. H. D. (2017). Ansambel Musik Batak Toba sebagai Pengiring dalam Peribadata Umat Kristen Etnis Batak Toba di Medan. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 1(2), 70–77. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/8565
Simangunsong, E. (n.d.). Suatu Kajian Buku Ende HKBP: Problematika Cara Menyanyikan Lagu Pujian dalam Kebaktian Minggu pada Gereja HKBP Di Medan, 20(3). 81-93. https://unsla.uns.ac.id/neounsla/index.php?p=show_detail&id=50511&keywords=
Sinaga, T. (2014). Teknik Bernyanyi dalam Paduan Suara. Generasi Kampus, 7(2). 281-293. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7395
Sinaga, T. (2018). Dasar-dasar Teknik Bernyanyi Opera. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2(2), 79–89. https://www.neliti.com/id/publications/408827/dasar-dasar-teknikbernyanyi-opera
Siringoringo, J. E., Siringoringo, V. M., & Silaban, B. B. H. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Tim Musik Song Leader Gereja di Kecamatan Medan Amplas: Indonesia. Jurnal PKM Setiadharma, 2(3), 151–159. https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/pkm/article/view/205
Sitinjak, L. (2019). Metode Pembelajaran Teknik Vibrasi pada Mata Kuliah Mayor Vokal di Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: BP ISI
Sitinjak, L., Hutagalung, S. P. D., & Widodo, T. W. (2021). Proses Pembelajaran Teknik Melismatis dalam Repertoar Messiah Karya GF Handel pada Mata Kuliah Ensambel Vokal. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 9(2), 101–108.
Suryati, S. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca Al-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, 5(1), 47–52. https://journal.isi.ac.id/index.php/promusika/article/view/2286
Tambunan, J. (2021). Berteologi melalui Nyanyian (Kajian Peran Nyanyian Buku Ende Membangun Spritual Jemaat Gereja). Clef: Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 11–18. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/clef/article/view/503
Taryadi, T., & Latif, B. (2022). Interpretasi Musik Barok pada Lagu The Trumpet Shall Shound Karya Handel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 23(1), 62–73. https://doi.org/10.24821/resital.v1i1.6758.
Tindaon, R., Simatupang, G. R. L. L., Ganap, V., & Haryono, T. (2018). Andung-Andung Mate di Ranto. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 19(1), 46–53. https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/2451
Wahid, M. (2015). Teori Interpretasi Paul Ricoeur. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.
Yusuf, M. (2017). Perubahan, Kontinuitas, Struktur Musik, dan Teks Realisasi Nyanyian Buku Ende dan Kidung Jemaat Yamuger. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 1(1), 40–48. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/7920
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v24i1.8054
Article Metrics
Abstract view : 423 timesPDF - 860 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.